10 Quotes Tan Malaka yang Membakar Semangat Mudamu

10 quotes tan malaka yang membakar semangat mudamu

Sebagian rekan muda yang aktif menjadi aktivis kampus, mungkin tidak asing mendengar nama Tan Malaka. Seorang tokoh penggerak kemerdekaan yang namanya sempat terlupakan dari buku sejarah kemerdekaan Indonesia. Padahal jasa-jasanya untuk Indonesia tidak bisa disepelekan begitu saja. Dialah yang pertama kali mencetuskan konsep negara Indonesia dalam bukunya yang diberi judul Naar de Republiek Indonesia (1925).

Meski Tan adalah seorang yang berideologi kiri, namun kontribusi Tan pada Indonesia tidak bisa dianggap sebelah mata, kegigihannya memperjuangkan kemerdekaan Indonesia sempat menyebabkan dirinya menjadi buronan interpol. Tidak hanya itu, Tan bahkan turut serta bertempur ketika melawan Belanda secara langsung di lapangan. Namun tragisnya, kegigihannya dalam memperjuangkan kemerdekaan harus berakhir nahas kala nyawanya jatuh di tangan tentara republik Indonesia sendiri.

Dengan segala kontribusi yang dia berikan untuk Indonesia, hingga hari ini sosoknya sangatlah pantas untuk dijadikan panutan bagi kaum millennial Indonesia. Tak hanya pemikirannya, aksi nyatanya untuk Indonesia pun bisa dijadikan inspirasi bagi banyak pemuda Indonesia. Yakni untuk tidak terlalu menuntut, melainkan memberi kontribusi yang nyata untuk tanah air ini. Untuk membakar semangatmu berkontribusi pada Indonesia, berikut rangkumkan 10 quotes Tan Malaka yang akan menamparmu untuk menjadi pemuda yang lebih baik.

1. Jadilah pemuda yang kritis dan berani menawarkan perubahan


jadilah pemuda yang kritis dan berani menawarkan perubahan

Indonesia sangat butuh anak muda yang kritis dan mampu menjadi penggerak perubahan. Idealisme seorang anak muda seringkali jadi kunci perubahan di negeri ini. Meski ditengah tekanan untuk terus berubah mengikuti sistem dan birokrasi negri ini, petuah ini masih bisa mengingatkan kita yang muda bahwa idealisme itu layak dipertahankan

2. Tujuan adanya pendidikan


tujuan adanya pendidikan

Kalimat ini begitu menyakitkan bagi mereka yang berpendidikan tinggi, namun enggan peduli dengan sekitarannya. Padahal dengan ilmu yang dimilikinya, membuat mereka memiliki kepekaan terhadap lingkungan sekitar. Dan lebih banyak berkontribusi pada lingkungan sekitar.

3. Jangan pernah jadi peniru barat


jangan pernah jadi peniru barat

Boleh saja kalau mengadopsi gaya pemikiran barat yang terbuka dan berorientasi pada kemajuan. Namun perilaku kita harus berlandaskan gaya ketimuran.

4. Belajar untuk memahami, jangan menjadi mesin foto kopi


belajar untuk memahami, jangan menjadi mesin foto kopi

Kalimat ini diperuntukkan bagi mereka yang menempuh studi untuk mengejar nilai semata. Hingga tanpa ia sadari, ilmu yang mereka pelajari tidak lagi untuk dipahami, melainkan hanya ditelan mentah-mentah begitu saja.

5. Jangan gegabah mengambil keputusan, pikirlah dengan matang


jangan gegabah mengambil keputusan, pikirlah dengan matang

Terkadang kegagalan bukan karena usaha yang kurang maksimal dilakukan, tapi lantaran kurangnya pertimbangan yang dilakukan. Maka janganlah terburu dalam bertindak. Bertaruh dengan resiko boleh-boleh saja, namun pertimbangan yang matang harus mutlak diperlukan.

6. Jangan menjadi insan yang egois


jangan menjadi insan yang egois

Manusia yang egois adalah mereka yang enggan berkontribusi untuk orang lain disekiyarnya. Untukmu millennial Indonesia sebaiknya bergeraklah untuk berkontribusi pada orang lain dan lingkungan sekitar.

7. Yang terpenting adalah proses, bukan hasilnya


yang terpenting adalah proses, bukan hasilnya

Karena saat rekan muda terlalu memedulikan sebuah hasil, rekan muda tidak akan menikmati prosesnya. Begitupun saat hasilnya tidak sesuai dengan keinginan, setidaknya rekan muda sudah mengerahkan segala daya dan upaya terbaik yang rekan muda punya.

8. Jangan mau diperbudak oleh pekerjaan


jangan mau diperbudak oleh pekerjaan

Petikan kalimat untukmu para pekerja muda yang tanpa sadar sudah diperbudak oleh pekerjaanmu sendiri.

9. Jangan pernah pesimis terhadap tanah airmu sendiri


jangan pernah pesimis terhadap tanah airmu sendiri

Indonesia punya banyak potensi untuk menjadi negara yang maju, tidak sekadar hanya berkembang. Untuk itu diharapkan kaum millennial Indonesia harus optimis mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

10. Semangat juang Tan Malaka yang sanagt menginspirasi


semangat juang tan malaka yang sanagt menginspirasi

Meski Tan Malaka berideologi kiri, nyatanya kontribusi Tan terhadap Indonesia tak bisa dipungkiri lagi. Dengan segala kontribusinya untuk kemerdekaan Indonesia saat itu, amat disayangkan jika sosoknya seolah terlupakan dari catatan sejarah Indonesia.

Semoga 10 quotes Tan Malaka di atas dapat menginspirasimu untuk berkontribusi pada Indonesia. Sebab tidak ada gunanya jika kita hanya protes menuntut perubahan, jika diri kita sendiri tak berkontribusi apa-apa untuk perubahan Indonesia. Sekecil apa pun kontribusimu untuk Indonesia sangatlah berarti, ketimbang hanya sekadar bersuara tanpa aksi yang nyata.

Posting Komentar untuk "10 Quotes Tan Malaka yang Membakar Semangat Mudamu"