-->

6 Soft Skill Ini Harus Dimiliki Pemuda iGeneration

6 soft skill yang harus dimiliki pemuda igeneration

Generasi Z atau yang dikenal dengan sebutan iGeneration, merupakan generasi yang lahir disekitaran tahun 1996-2010 atau pada tahun ini usianya antara 6-20 tahun. Di masa Generasi Z internet sudah mulai berkembang dengan sangat pesat, sehingga pada Generasi ini disebut juga sebagai iGeneration. Pada masa iGeneration mereka sudah terbiasa melihat orang lain menggunakan gadget, sehingga sangat mudah untuk Generasi Z ini beradaptasi dengan teknologi modern.

Streaming sampai aktif di sosial media merupakan hal yang lumrah dilakukan oleh Generasi Z, bahkan bisa dibilang 2 aktifitas tersebut hampir tidak untuk ditinggalkan dari keseharian.

Kedepanya dunia pekerjaan juga semakin sulit, pasti rekan muda tentu tidak ingin menjadi seseorang yang tidak istimewa dan hanya memiliki kemampuan yang biasa-biasa saja ke depannya, sebab ini akan menjadi salah satu kendala bagi masa depan rekan muda kelak. Untuk membangun masa depan dengan langkah yang lebih tepat, coba asah 6 soft skill berikut ini untuk mendukung langkah rekan muda agar lebih baik:

1. Beranilah Memulai dan Belajar Mencari Pengalaman Baru


beranilah memulai dan belajar mencari pengalaman baru

Memiliki segudang rencana dan juga aturan terkait dengan masa depan adalah hal yang sering dilakukan oleh hampir semua anak muda. Bukan hanya sekarang saja, hal seperti ini memang sudah menjadi sebuah kebiasaan yang dimiliki oleh kaum muda dan sedang berupaya untuk mencari jati dirinya.

Namun masa depan tidak bisa diraih hanya dengan mengandalkan sebuah rencana, butuh aksi yang nyata untuk bisa meraihnya. Tidak ada gunanya seribu rencana yang dimiliki di dalam hati, jika rekan muda tidak memulai dan melakukan apapun untuk mewujudkan rencana tersebut. rekan muda harus cepat beraksi dan memulai masa depan dengan segera, tentunya dengan berbekal rencana yang matang serta terukur. Mulailah saat ini juga, bukan nanti atau bukanlah di masa yang akan datang. 

2. Berproses dan Menikmati Perjalanan Karir Rekan Muda



berproses dan menikmati perjalanan karir

Ketika rekan muda sudah memulai langkah meniti karir dan masa depan, maka seseorang sering merasa tidak nyaman, kurang suka, atau bahkan tidak bisa menikmati setiap harinya lagi dengan menyenangkan. Haruskah rekan muda menyongsong masa depan dengan rasa terpaksa, tertekan, dan tidak bahagia?

Rekan muda tentu sudah pahambetul, bahwa tidaklah semua hal akan berjalan sesuai dengan keinginan diri kita sendiri, disitulah letak tantangannya. Janganlah mengeluh apalagi menyerah, sebab rekan muda masih muda dan sepatutnya memiliki semangat yang membara untuk meniti masa depan.

Pahamilah dengan baik bahwa setiap orang harus berproses dan mengalami banyak hal terlebih dahulu di dalam setiap perjalanan hidup mereka, sebelum akhirnya mereka sampai ke tujuan dan dapat bernapas dengan sangat lega sebagai seorang pemenang. 

3. Mengembangkan Potensi Diri




Ketika sampai di tujuan dan menjadi seorang pemenang, sudahkah rekan muda merasa pencapaian tersebut telah begitu maksimal? Sudah merasa puas dan hanya berada di tujuan yang itu-itu saja, tanpa mau mencari tujuan-tujuan yang baru untuk perjalanan hidup ke depannya?

Tetaplah untuk berjalan, belajar dan bahkan mendatangi sejumlah tujuan-tujuan yang baru di dalam hidup rekan muda. Hanya dengan beginilah rekan muda akan tetap hidup dan bisa berkembang menjadi pribadi yang jauh lebih baik lagi ke depannya. Jangan hanya melakukan hal-hal yang sama di dalam hidup ini, karena tidak akan membuat diri menjadi lebih baik lagi. 

4. Yakin Terhadap Kemampuan dan Jalan yang Telah Dipilih


yakin terhadap kemampuan dan jalan yang telah dipilih

Sangat penting untuk memiliki rasa percaya diri dan menghormati kemampuan serta meyakininya sebagai sebuah hal yang patut dibanggakan. Tidak berlebihan dan tidak terlalu tinggi, namun dalam batas yang wajar sehingga mampu memberikan keyakinan atas jalan yang telah dipilih untuk masa depan.

Jika memiliki keyakinan yang seperti ini, maka rekan muda tidak akan pernah tersesat dan tidak hanya menempuh setengah perjalanan saja, sebab rekan muda percaya dan yakin untuk menempuhnya hingga tujuan akhir nanti. 

5. Memiliki Penampilan yang Layak dan Mendukung


memiliki penampilan yang layak dan mendukung

Bukan berarti rekan muda harus tampan dan cantik, maksudnya layak dan mendukung ialah bersih dan rapi serta memiliki bahasa tubuh yang baik. Karena penampilan adalah hal yang rekan muda “jual” untuk pertama kalinya, apalagi jika bekerja di sejumlah bidang yang memang benar-benar membutuhkan dukungan tersebut secara maksimal. Namun ketika sibuk dalam mengejar masa depan, maka penampilanlah yang justru seringkali terabaikan.

Hindarilah hal seperti ini, dan miliki penampilan yang layak dan mendukung untuk karir dan masa depan. Hal ini sangat penting, bahkan ketika telah menjadi seorang bos besar di kemudian hari. Di masa-masa yang akan datang, rekan muda pasti tidak ingin tampil dengan seadanya dan jauh dari kata layak di tengah-tengah komunitas yang terdiri dari kalangan profesional, bukan? 

6. Rajinlah Memperkaya Diri dengan Kemampuan Maksimal


rajinlah memperkaya diri dengan kemampuan maksimal

Masa depan menjadi hal yang patut untuk direncanakan dan dikejar dengan kemampuan yang semaksimal mungkin, sehingga bisa mendapatkan hal yang terbaik. Upayakanlah untuk selalu melengkapi diri dengan skill yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, sebab hal ini akan membantu untuk bisa lebih mudah dan lebih siap dalam menata serta meraih masa depan rekan muda.

Demikianlah 6 soft skill yang harus arekan muda miliki sebagai pemuda iGeneration, namun hal diatas adalah bentuk usaha kita, yang mana harus kita imbangi dengan Do'a dan bertawakal pada Allah SWT.