Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Keistimewaan Kuliah di Luar Negeri

9 keistimewaan kuliah di luar negeri

Kuliah di luar negeri bukanlah mimpi di siang bolong lagi pada saat ini. Eropa, Amerika, Jepang, hingga negeri jiran seperti Singapura dan Malaysia kini jadi tujuan empuk untuk melanjutkan studi perkuliahan. Apalagi dengan suksesnya beberapa buku serta film seperti tetralogi Laskar Pelangi dan 99 Cahaya di Langit Eropa, semakin banyak pemuda-pemudi Indonesia yang sangat ingin melanglang buana di luar negeri demi gelar S-1 atau S-2.

Akan tetapi, apa saja manfaat yang akan rekan muda dapatkan dengan bersekolah di luar negeri? Apa saja hal yang tak bisa rekan muda rasakan jika berkuliah atau tetap tinggal di negeri sendiri? Nah, berikut 9 keistimewaan kuliah di luar negeri, agar rekan muda tidak perlu ragu lagi untuk memiliki cita-cita kuliah di luar negeri.

1. Membuatmu jadi mandiri


membuatmu jadi mandiri

Bertahan hidup sebagai mahasiswa di luar negeri jauh lebih sulit dibandingkan berkuliah di Indonesia. Ketika merantau di negeri orang, rekan muda tidak bisa mengandalkan keluarga di rumah untuk mengirim transferan tambahan saat rekan muda kehabisan tabungan uang. Karena itu janganlah heran jika mahasiswa Indonesia yang merantau ke luar negeri biasanya bergaya hidup sangat sederhana.

Uang kiriman atau beasiswa yang mereka terima harus dihemat dan diatur agar bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari. Jika butuh dana tambahan mereka harus mencari uang sendiri, misalnya saja dengan kerja part time, menjadi teaching assistant, bahkan ada yang membuka katering kecil-kecilan untuk sesama perantau asal Indonesia.

2. Akan fasih bahasa asing


akan fasih bahasa asing

Tidak ada cara yang lebih efektif untuk mempelajari suatu bahasa selain terjun langsung ke lingkungan yang memakai bahasa tersebut. Ketika merantau di luar negeri, rekan muda akan memiliki kesempatan mempraktikkan langsung bahasa asing yang selama ini sudah rekan muda pelajari.

Jika rekan muda pergi ke negera yang berbahasa Inggris atau negera yang penduduknya mengerti bahasa Inggris dengan baik (misalnya Belanda dan Skandinavia), kemampuan bahasa Inggrismulah yang akan dilatih. Sebaliknya, jika rekan muda pergi merantau ke negeri yang tidak berbahasa Inggris, misalnya saja Prancis atau Jepang, rekan muda akan belajar lebih banyak tentang bahasa asli mereka, dan lambat laun menguasai secara baik bahasa yang mereka gunakan sehari-hari.

3. Memahami budaya luar secara langsung


memahami budaya luar secara langsung

Rekan muda akan merasakan dan bisa memahami budaya masyarakat setempat seperti bagaimana kebiasaan mereka menyapa tetangga, cara berpakaian, cara makan, cara bersenda gurau, dan budaya sosial di keseharian lainnya. Tidak hanya itu, rekan muda pun akan berkesempatan untuk mencicipi hidangan khas negeri setempat yang membuatnya berbeda dengan negara lain di dunia.

4. Berkesempatan traveling ke negeri lain saat libur panjang


berkesempatan traveling ke negeri lain saat libur panjang

Salah satu alasan bagi rekan muda bersekolah di luar negeri adalah mengambil kesempatan untuk traveling ke berbagai tempat yang tak pernah ada di negerimu. Hal ini bisa rekan muda lakukan setiap minggu atau saat libur panjang tiba. Tak hanya mengelilingi negeri tempat rekan muda belajar, rekan muda juga bisa mengunjungi negeri tetangganya untuk berjalan-jalan dan menikmati aneka kebudayaan yang beraneka ragam.

5. Saling akrab dengan pelajar Indonesia lainya yang berbeda daerah


saling akrab dengan pelajar Indonesia lainya yang berbeda daerah

Di negera tempatmu studi nanti, pasti rekan muda akan bertemu sesama pelajar Indonesia lewat Persatuan Pelajar Indonesia (PPI). Mereka bukanlah mahasiswa yang sembarangan. Banyak dari mereka memiliki latar belakang berprestasi. Jangan heran bila di PPI rekan muda bertemu mantan ketua BEM, aktivis dan dosen muda, sampai wartawan, dokter, bahkan calon ahli hukum.

Mengenal mereka secara personal akan semakin membakar semangatmu untuk menjadi pribadi yang sama menginspirasinya. Tidak hanya itu, begitu rekan muda dan mereka sama-sama sudah kembali ke Indonesia, rekan muda juga bisa mencanangkan berbagai proyek bersama demi kemajuan dan kesejahteraan negeri sendiri. Bekerja sama jadi lebih nyaman dan saling percaya karena rekan muda sudah saling mengenal ketika tinggal di luar negeri.

6. Memiki teman dan koneksi di penjuru dunia


memiki teman dan koneksi di penjuru dunia

Jika bersekolah di luar negeri, rekan muda juga akan mendapat banyak teman dari berbagai negara. Tidak hanya mahasiswa dari negara setempat tapi juga dari negeri-negeri yang sama jauhnya denganmu. Rekan muda pun akan memahami berbagai tipe orang dari berbagai latar belakang budaya yang berbeda dari segala penjuru dunia.

Pertemananmu dengan merekapun bisa jadi akan sejati, karena rekan muda menjalani suka duka di negeri orang bersama-sama. Tidak ayal rekan muda akan menemukan sebuah keluarga baru yang akan selalu ada di hatimu.

7. Melakukan aktivitas baru


melakukan aktivitas baru

Keuntungan lain jika rekan muda bersekolah di luar negeri adalah rekan muda bisa menjajal berbagai aktivitas yang belum pernah rekan muda coba atau bahkan belum pernah rekan muda lihat sebelumnya. Bukan tidak mungkin rekan muda akan menyukai berbagai kegiatan seperti bermain dengan salju dan membuat snowman, bermain kayak, panjat tebing di canyon, dan kegiatan ekstrem lainnya.

8. Mudah mendapatkan kerja


mudah mendapatkan kerja

Dengan kemampuan bahasa, pengetahuan unik, kerja keras, dan disiplin yang telah terlatih selama rekan muda menempuh studi di luar negeri, rekan muda akan punya nilai jual lebih tersendiri saat rekan muda melamar kerja di Indonesia. Bukan hanya ijazah yang bisa rekan muda tawarkan, namun juga garansi bahwa rekan muda adalah orang yang kuat mental dan tahan banting, cepat beradaptasi, sertamudah bergaul.

Ini adalah kualitas sumber daya manusia yang akan dilirik banyak perusahaan dan instansi. Tidak heran jika rekan muda setelahnya bisa bekerja di berbagai bidang dan posisi yang strategis di berbagai perusahaan lokal maupun asing di negeri ini.

9. Membuatmu semakin cinta tanah air Indonesia



membuatmu semakin cinta tanah air Indonesia

Mungkin ketika disini rekan muda masih sering mengeluh tentang berbagai hal buruk di negeri ini. Rekan muda merasa kalau negeri lain lebih baik dari negeri sendiri. Tapi setelah rekan muda merasakan kehidupan di luar sana, rekan muda akan menyadari betapa Indonesia merupakan rumah bagi jiwa dan ragamu, serta tidak ada yang lebih nyaman dari rumahmu di Indonesia.

Rekan muda akan bertekad untuk berjuang menyelesaikan studimu demi untuk kembali ke Indonesia dan mengabdi pada negerimu yang telah memberi kehidupan. Tidak ada yang lebih indah dari rasa ingin berjuang untuk memajukan keluarga dan negeri tercinta nan jauh di sana.

Memperoleh studi di luar negeri akan membuat terbuka pikiranmu menjadi lebih luas, dan membuatmu mempunyai sikap toleransi yang tinggi. Jangan pula berpikir bahwa sekolah di luar negeri membutuhkan biaya yang banyak, tidak sedikit beasiswa yang menawarkan biaya sekolah gratis ke negara-negara di penjuru dunia. Rekan muda hanya perlu mencoba dan berjuang untuk mendapatkannya. Bukan tak mungkin rekan muda bersekolah gratis ditambah biaya hidup yang ditanggung oleh pihak lain. Tetap semangat mengejar cita-citamu, semangat mahasiswa semangat pemuda!

Itulah 9 keistimewaan studi di luar negeri, semoga dapat membuatmu tambah semanagat dalam bercita-cita kuliah diluar negeri.

Posting Komentar untuk "9 Keistimewaan Kuliah di Luar Negeri"