Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Jadi Pengusaha Muda Sukses

5 tips jadi pengusaha muda sukses

Sudah banyak para Tokoh pengusaha yang telah sukses di usia yang muda, dan ini bukan isapan jempol semata, bahkan ada diantaranya memperoleh omset miliyaran rupiah. Kesuksesan merupakan sebuah keadaan yang mampu memenuhi semua tujan cita-cita dan juga impian. kesuksesan yang sempurna adalah ketika diri mampu menyeimbangkan antara kesuksesan dunia dan akhiratnya.

kesuksesan didunia akan diraih jika kita berusaha untuk mencapai kebebasan finansial dan kesuksesan akhirat akan bisa ditunaikan dengan banyak berbagi kepada yang membutuhkannya, menunaikan ibadah sosial juga sudah ALLAH SWT firmankan seperti berkurban, berinfak , sedekah amal jariyah menunaikan ibadah haji, dan sebagainya.

Berwirausaha menjadi pertimbangan karena disana kita lebih leluasa dan bebas menentukan apapun pilihan. berbeda dengan seorang karyawan ataupun pegawai yang selalu terjebak dalam rutinitas.

Berikut merupakan Solusi tentang bagaimana cara memulai Karier berbisnis usaha rekan muda:

1. Tulis dan visulisasikan semua impian rekan muda


tulis dan visulisasikan semua impian rekan muda

Otak manusia memiliki keterbatasan dalam mengingat, maka tulislah semua detail impian rekan muda, selain akan membantu mengingat impian rekan muda, menulis juga mampu membantu rekan muda merencanakan impian, menulis memang membosankan tapi jangan disepelekan, banyak orang sukses dari profesi menulis, hampir disetiap aktivitasnya otak kanan membutuhkasn menulis, pencipta lagupun membutuhkan menulis saat menciptakan lagu, bahkan Ir.Soekarno membutuhkan tulisan saat mengumandangkan proklamasi indonesia.

2. Gabunglah komunitas-komunitas pengusaha


gabunglah komunitas-komunitas pengusaha

Omongan pepatah :”Jika rekan muda ingin menilai seseorang, jangan pernah melihat siapa orang itu, tetapi lihatlah siapa dan bagaimana orang yang bergaul dengannya.”

Biasanya generasi muda bergaul dengan teman-teman sepantarnya yang mempunyai Visi dan Misi yang sama terutama dalam hal bersenang-senang, cobalah menambah pergaulan kedunia pengusaha. Karena itu, rekan muda bisa ikut dalam organisasi-organisasi atau komunitas enterpreneur yang ada disekitar rekan muda.

3. Kenali dan geluti setiap detail bisnis pilihan rekan muda


kenali dan geluti setiap detail bisnis pilihan rekan muda

Sebelum rekan muda jalan lebih jauh, cobalah pilih dan geluti setiap detail bisnis yang rekan muda pilih, ciptakan pasar dan rekan muda juga bisa banyak belajar bagaimana cara memulai bisnis dengan teman-teman rekan muda dikomunitas pengusaha yang telah lama dan sukses didunia Bisnis.

4. Kuatkan niat dan siapkan diri rekan muda


kuatkan niat dan siapkan diri rekan muda

Didalam berbisnis pasti rekan muda akan mengalami kegagalan, senggol kiri atau kanan, banyak kondisi mendesak tak terduga lainya, jika rekan muda tidak kuat pasti rekan muda akan jatuh dan mungkin tidak akan mau lagi berbisnis, maka dari itu, itulah pentingnya point ke 2 diatas, pembelajaran dan pengambilan sikap dapat rekan muda pelajari didalam komunitas komunitas pengusaha, cobalah berfikir positif dan hadapi masalah dengan cerdas dan sefisien mungkin.

5. Berdoa dan ingat tujuan awal rekan muda


berdoa dan ingat tujuan awal rekan muda

Pada saat kesibukan berbisnis melanda rekan muda maka janganlah lupa beribadah serta berdoa, sebab ridho sang pencipta merupakan suatu kunci kesuksesan kita, didalam keadaan apapun disaat rekan muda terdesak berdoalah dan ingat tujan awal rekan muda membangun usaha, jangan biarkan fikiran negative menghancurkan mimpi mimpi rekan muda.

Sebuah komitmen adalah hal utama untuk kelangsungan bisnis rekan muda. tentu itu saja tidak cukup, jika rekan muda belum berani sendiri untuk memulai mebuat suatu usaha atau perusahaan adalah rekan muda harus melewati langkah ini terlebih dahulu,

yaitu :

  • Bentuklah tim kerja
  • Ciptakanlah produk yang akan menjadi core bisnis rekan muda
  • Ciptakanlah market yang mebutuhkan bisnis rekan muda

jika langkah langkah diatas sudah rekan muda lakukan, legalkan bisnis rekan muda jika ada yang terlewat dari ketiga langkah tersebut disarankan rekan muda menunda langkah keempat ini

Banyak kondisi mendetail tentang perihnya merintis suatu usaha, dikejar hutang, bangkrut, depresi, tetapi jangan takut, jangan menganggap diri rekan muda paling sial, sebab masih ada orang yang lebih menderita, tetapi mereka bisa membalik keadaan, mengapa rekan muda tidak bisa ?

Jangan takut, tegakakan kepala rekan muda dan rendahkan hati rekan muda, dabersiaplah memasuki Generasi sukses selanjutnya!

2 komentar untuk "5 Tips Jadi Pengusaha Muda Sukses"

  1. Thanks infonya. Oiya ngomongin pengusaha muda, ternyata miliarder kenamaan Michael Bloomberg punya pesan penting loh agar kaum muda bisa meraih sukses. Apa itu? Yuk cek selengkapnya di sini: Pesan Michael Bloomberg kepada generasi muda

    BalasHapus