7 Tips Tetap Sehat di Usia Muda

7 tips tetap sehat di usia muda

Rekan muda yang peduli akan kesehatan. Usia remaja adalah usia emas yang sangat menyenangkan bagi yang pernah mengalaminya. Pada usia ini Seseorang bisa lebih produktif dan melakukan berbagai hal. Bekerja setiap hari atau bepergian kemanapun tidak akan merasa cepat capek apalagi lelah. Mereka seakan sedikit sekali yang peduli tentang kesehatan tubuh mereka. Berbagai kebiasaan burukpun seakan menjadi hal yang biasa bagi para remaja pada zaman sekarang ini. Mulai sekarang pedulilah terhadap tubuh rekan muda. Lalu, apasajakah saja tips tetap sehat di usia remaja atau muda?

Sebagian besar remaja berpikiran bahwa penyakit akan datang menyerangnya, jika usia mereka sudah menginjak masa tua. Anggapan tersebutlah sebenarnya salah besar, karena ada bermacam-macam penyakit yang bisa mengancam tubuh saat usia remaja sekalipun. Tips kesehatan kali ini akan memberikan beberapa tips tetap sehat saat seseorang menginjak usia remaja atau muda. Berikut ini 7 tips tetap sehat di usia muda:

1. Stop Menjemur Tubuh di Matahari


stop menjemur tubuh di matahari

Matahari pagi memang sangat baik untuk kesehatan tulang rekan muda. Namun, jangan terlalu membiasakan diri terpapar sinar matahari saat siang hari tanpa tabir surya. Karena penyakit kanker kulit bisa menyerang tubuh rekan muda.

2. Penuhi Asupan Vitamin D dan Kalsium


penuhi supan vitamin d dan kalsium

Kedua nutrisi tersebut untuk mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosi yang bisa menyerang para remaja di usia muda. Sumber dari vitamin D yaitu sinar mentari dipagi hari serta aneka sayuran yang bewarna hijau.

3. Mengkonsumsi Asam Lemak Omega 3




Stroke maupun penyakit jantung lainnya di usia remaja bisa di cegah dengan mengkonsumsi aneka makanan yang mengandung asam lemak omega 3. Untuk sumber asam lemak omega 3 yang banyak berada pada ikan salmon, tuna maupun makarel.

4. Lakukan Aktivitas yang Menyehatkan


lakukan aktivitas yang menyehatkan

Aktivitas sehat yang dimaksud yaitu rajinlah berolahraga secara teratur serta menjauhi berbagai kebiasaan tidak menyehatkan seperti merokok dan minum minuman beralkohol. Hal ini untuk menghindarkan para remaja dari berbagai penyakit berbahaya yang bisa menyerang tubuhnya.

5. Melakukan Olahraga Otak


melakukan olahraga otak

Jenis olahraga yang baik untuk kesehatan otak yaitu dengan mengisi teka-teki silang maupun rajin membaca berbagai buku yang rekan muda sukai. Hal ini unuk mencegah penyakit alzheimer atau kepikunan dini yang melanda para remaja.

6. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal


menjaga berat badan tetap ideal

Hal ini dikarenakan, para remaja selalu mengkonsumsi berbagai makanan tanpa memperdulikan pertambahan berat badan tubunya. Obesitas atau kegemukan dapat memicu tubuh mudah terserang berbagai penyakit mematikan seperti jantung dan penyakit lainnya.

7. Mengontrol Pola Makan


mengontrol pola makan

Mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung kalori cukup tinggi di tambah kurangnya aktivitas berolahraga yang menukupi, dapat berdampak buruk bagi kualitas kesehatan tubuh muda rekan muda. Penyakit diabetes tipe 2 merupakan jenis penyakit yang bisa menyerang seorang remaja yang tidak mengontrol pola makan dan jarang berolahraga.

Itulah 7 tips untuk menjaga kesehatan tubuh muda yang rekan muda miliki, setelah membaca ini alangkah baiknya langsung rekan muda praktekan. Pemuda sehat, pemuda bermatabat!

Posting Komentar untuk "7 Tips Tetap Sehat di Usia Muda"