-->

15 Lowongan CPNS yang Sering Dibuka untuk SMA



Kilas Pemuda Pelaksanaan seleksi CPNS semakin ramai diperbincangkan. Semua lulusan ahli madya, sarjana, master, hingga doktor dari beberapa universitas negeri tak ingin ketinggalan ikut serta mengadu nasibnya di sana. Maka tak heran, sekitar 60-an kementrian/instansi pemerintah membuka lowongan untuk ribuan bibit-bibit terbaik secara serentak.

Tetapi rupanya, nggak hanya lulusan perguruan tinggi saja yang dibutuhkan dalam seleksi CPNS kali ini. Rekan muda yang hanya lulusan SMA/Sederajat juga berkesempatan untuk ikut berpartisipasi. Ada beberapa lowongan yang disediakan oleh kementrian maupun instansi pemerintah khusus lulusan SMA/Sederajat. Jika rekan muda berminat, langsung saja lihat ulasan berikut ini.

1. Menjadi pekerja sosial pemula di Kementrian Sosial Republik RI (Kemensos RI)


Jurusan Pekerjaan atau Perawatan Sosial dianggap langka ditemukan di Indonesia. Namun lulusannya sangat dibutuhkan Kemensos RI untuk ditugaskan sebagai pekerja sosial pemula. Rekan muda dituntut untuk melaksanakan berbagai upaya guna meningkatkan kemampuan orang-orang dalam melaksanakan fungsi-fungsi sosialnya melalui interaksi, supaya orang tersebut dapat menyesuaikan diri dengan situasi kehidupannya secara memuaskan.

2. Rekan muda yang punya jiwa penolong, bisa bekerja di Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP atau Basarnas)


bnpp atau basarnas

Memiliki tugas pokok pencarian, pertolongan dan penyelamatan jiwa manusia yang hilang, dikhawatirkan hilang atau tengah menghadapi bahaya dalam musibah. Bekerja menjadi rescuer ini cukup menantang, memiliki risiko bahaya yang cukup tinggi dan biasanya kerap bertugas di perairan. Sebab itu, Basarnas membutuhkan lulusan SMA sederajat yang memiliki sertifikat renang.

3. Basarnas juga membuka lowongan bidang masinis dari lulusan SMA atau sederajat plus ijazah mesin


Bertugas sebagai tim penyelamat yang juga aktif bekerja di tengah perairan, Basarnas membutuhkan Masinis kelas II dan kelas III. Rekan muda memerlukan ijazah Ahli Teknik Tingkat IV (ATT-IV) untuk menjabat sebagai Masinis II yang bertanggung jawab atas semua mesin bantu untuk kapal yang berlayar antar pulau. Sedangkan pada posisi Masinis III membutuhkan ijazah ATT-V untuk bertanggung jawab atas semua mesin pompa dalam kapal kecil antar pulau.

4. Rekan muda yang ahli berkomunikasi, juga bisa bekerja sebagai markonis di Basarnas ataupun Badan Keamanan Laut (Bakamla)


Rekan muda yang lulusan SMK Pelayaran berkesempatan untuk menjadi Markonis/Radio Officer/Spark di Basarnas yang bertugas sebagai operator radio atau komunikasi serta bertanggung jawab menjaga keselamatan kapal dari marabahaya baik yang ditimbulkan dari alam seperti badai, ada kapal tenggelam, dan berbagai ancaman lainnya. Dilain hal, lowongan markonis di Bakamla dipilih dari lulusan SMA/sederajat dengan sertifikat khusus Bahasa Inggris.

5. Bekerja sebagai juru minyak yang membantu para masinis di departemen mesin kapalnya Basarnas


 juru minyak

Lowongan di Basarnas selanjutnya bekerja sebagai juru minyak untuk lulusan SMK Pelayaran. Tugasnya ialah mencatat pemasukan atau pengeluaran bahan bakar dan minyak lumas serta melaporkan kepada masinis jaga apabila ada kelainan pada pesawat-pesawat indikator minyak. Sedangkan pada Bakamla, juru minyak yang dibutuhkan adalah dari lulusan SMA/sederajat dengan sertifikat khusus montir atau SMK jurusan mesin/otomotif.

6. Basarnas juga butuh teknisi listrik dari lulusan SMK Pelayaran


Pekerja teknisi listrik ini bertanggung jawab atas semua mesin yang menggunakan tenaga listrik dan seluruh tenaga cadangan. Posisinya sama dengan masinis dan juru minyak, yakni pada departemen mesin.

7. Bekerja sebagai serang/bosun di Basarnas atau Bakamla


Bosun atau serang (kepala kerja bawahan) dituntut untuk memahami dengan sungguh-sungguh pekerjaannya dan dapat bekerja sama dengan tim bagian lainnya. Termasuk juga ronda dengan teratur untuk memelihara semua hal yang menjadi tanggung jawabnya dan melaporka semuanya pada nahkoda. Untuk mendaftar sebagai serang/bosun di Basarnas, rekan muda perlu ijazah ANT-D dan cukup lulusan SMK Pelayaran Nautika untuk mendaftar di Bakamla.

8. Bekerja sebagai kelasi/sailor juga dibuka untukmu yang nggak berkesempatan untuk kuliah


kelasi/sailor

Di Basarnas mensyaratkan lulusan SMA dengan tambahan ijazah ANT-D, Namun di Bakamla hanya membutuhkan tambahan sertifikat khusus Bahasa Inggris. Tugasnya ialah merawat lambung kapal, membantu penanganan muatan dan melaksanakan pekerjaan-pekerjaan lain yang diperintahan kepadanya.

9. Menjadi juru mudi di Basarnas maupun di Bakamla


Siapkan ijazah ANT-D khusus buat rekan muda lulusan SMA yang ingin berkarier sebagai juru mudi di Basarnas. Sedang bagi rekan muda yang lulusan SMK pelayaran, silakan mendaftar di Bakamla. Adapun tugas dari juru mudi antara lain melaksanakan tugas jaga di anjungan, pegang kemudi dan pengintaian, serta menunaikan perintah dari perwira dek yang bertugas sewaktu perawatan kapal atau penggunaan alat-alat navigasi serta peralatan anjungan lainnya.

10. Menjadi Mualim (II dan III) di Basarnas


Rekan muda cukup penuhi persyaratan ijazah SMA dan ANT IV, adapun tugas Mualim II ialah membuat jalur peta pelayaran yang akan dilakukan dan pengatur arah navigasi. Sedangkan Mualim III bertugas sebagai pengatur, memeriksa, memelihara semua alat alat keselamatan kapal dan juga bertugas sebagai pengatur arah navigasi. Keduanya berada di bawah komando departemen dek.

11. Menjadi juru motor atau juru mesin di Bakamla


juru motor atau juru mesin di bakamla

Pekerjaannya tidak jauh-jauh dari permesinan agar kapal bisa berjalan sesuai yang direncanakan. Maka untuk memenuhi persyaratannya, rekan muda hanya perlu melengkapi berkas dengan sertifikat khusus montir.

12. Bekerja sebagai kerani di Bakamla


Tugas kerani yaitu mengurusi administrasi sederhana seperti mencatat, mengetik, menerima, dan mengirimkan surat. Yang rekan muda butuhkan selain ijazah SMA adalah sertifikat khusus komputer.

13. Bekerja sebagai jenang / koki kapal di Bakamla


Persyaratan untuk mendaftar sebagai jenang di kapal Bakamla sangat sederhana. Beruntunglah jika rekan muda merupakan lulusan SMK tata boga!

14. Bekerja sebagai pelatih hewan pelacak di Badan Narkotika Nasional (BNN)


pelatih hewan pelacak

BNN tentu sangat membutuhkan bantuan hewan untuk melacak keberadaan obat-obat terlarang. Jadi, jika rekan muda cukup familiar dengan binatang, khususnya anjing, maka rekan muda berkesempatan untuk menjadi pelatih atau pawang hewan pelacak.

15. Bekerja sebagai pengawal tahanan atau naripidana di Kejaksaan Agung RI


pengawal tahanan atau naripidana

Jabatan yang satu ini tidak main-main, salah satu persyaratannya adalah memiliki sertifikat keterampilan bela diri, berijazah komputer setidaknya pengoperasian program Microsoft dan internet, serta memiliki nilai rata-rata ijazah minimal 7,0.

Bagaimana apakah rekan muda tertarik?

Masa depan seseorang tidak bisa dinilai dari latar belakang pendidikan yang dimilikinya. Bukan berarti mereka yang telah memiliki gelar master atau doktor bakal jadi orang besar dan sukses seperti yang dibayangkan kebanyakan orang. Dan bukan berarti mereka yang hanya lulusan SMA/sederajat tidak layak menjadi orang besar. Jika rekan muda memiliki niat untuk menjadi PNS, jangan tunggu kesempatan ini lewat. Semangat!