4 Kampus Jurnalistik Terbaik di Belanda

4 kampus jurnalistik terbaik di belanda

Pada era modern seperti sekarang ini, informasi sangatlah mudah diperoleh. Oleh sebab itu, peluang bekerja di bidang jurnalistik sangat terbuka lebar. Jurnalis merupakan salah satu profesi yang paling banyak dicari belakangan ini. Tidak heran banyak sekali negara yang berusaha mengembangkan pendidikan tentang jurnalistik. Salah satunya ialah Belanda.

Belanda terkenal banyak memiliki universitas berkualitas yang menjadi sasaran para pelajar, baik dalam maupun luar negeri untuk melanjutkan studi. Jadi, bagi rekan muda yang ingin melanjutkan studi jurnalistik di Belanda, 5 universitas terbaik di Belanda berikut mungkin dapat menjadi pilihan yang tepat. Berikut ulasan selengkapnya!

1. University of Amsterdam


university of amsterdam

Universitas ini memiliki peringkat ke-58 menurut versi Times. Gelar yang dipelajari pada jurusan ini adalah Master of Arts (MA) in Journalism, Media and Globalisation (Erasmus Mundus Master’s-Joint Degree) dengan waktu studi selama dua tahun. Jurusan ini hanya diperkenankan bagi wartawan atau kalangan profesional yang sudah berpengalaman dan ingin mengembangkan kemampuan komunikasi dengan cara dan nuansa kontemporer tentang isu globalisasi terkini. Selain itu juga dikhususkan bagi pelajar internasional untuk mempunyai skor minimal IELTS 7,0.

2. University of Groningen


university of groningen

Gelar yang ditawarkan bagi para lulusan jurusan ini adalah MA in Journalism (English Taught) butuh waktu 18 bulan untuk menyelesaikan masa studi. Program ini menawarkan mahasiswanya untuk memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi jurnalis modern yang sukses. Pendaftar juga harus memiliki skor IELTS minimal 7,0 dengan TOEFL 620 (berbasis kertas) atau TOEFL 105 (berbasis internet). Beberapa pendaftar akan diminta untuk melakukan tes wawancara selama 20 menit melalui Skype maupun telepon.

3. Tilburg University


tilburg university

Jurusan ini hanya fokus mengeksplorasi data jurnalistik, yakni mengombinasikan metode sains dengan nilai dari jurnalistik. Adapun gelar yang ditawarkan ialah Master of Arts (MA) in Communication and Information Sciences (CIS)-Spelization in Data Journalism. Masa studi pada jurusan ini cuma satu tahun. Bagi mahasiswa internasional, di syaratkan masuk jurusan ini adalah memiliki gelar sarjana pada bidang komunikasi umum, linguistik, ataupun bahasa modern.

4. University of Applied Sciences


university of applied sciences

Universitas ini menjalin kerjasama dengan beberapa media sehingga mahasiswanya akan banyak menjalani praktik langsung selama menempuh studi. Adapun masa studinya adalah satu semester atau enam bulan saja. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi pendaftar yaitu menyelesaikan minimal satu tahun pendidikan universitas atau memiliki pengalaman yang profesional. Selain itu, pendaftar harus memiliki skor IELTS minimal 6,0 atau TOEFL 550.

Posting Komentar untuk "4 Kampus Jurnalistik Terbaik di Belanda"