5 Cara Cepat Menyelesaikan Kuliah

5 cara cepat menyelesaikan kuliah

Halo rekan muda! Sekarang kita akan membahas cara supaya rekan muda bisa lulus kuliah lebih cepat. Lulus lebih awal dari perguruan tinggi merupakan dambaan bagi sebagian mahasiswa. Jika kuliah S1 yang standarnya 4 tahun bisa dipersingkat menjadi 3.5 atau bahkan bisa 3 tahun, Dengan lulus kuliah lebih cepat Sobat bisa mengurangi biaya pendidikan yang mahal, dan segera membantu orang tua dengan langsung bekerja.

Akan tetapi, sebagaimana mestinya lulus dari perguruan tinggi itu memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang banyak, apalagi kalau ingin lulus lebih cepat atau tepat waktu. Kerja keras dan tak kenal lelah adalah dua poin utama yang harus dimiliki bila ingin mencapai hal itu.

Kalau rekan muda tipe mahasiswa yang ingin lulus kuliah lebih cepat selain dua poin tadi, ada sejumlah cara yang bisa Sobat ikuti untuk lulus lebih cepat. Apa sajakah? Berikut strategi jitunya:

Mengambil SKS maksimal


mengambil sks maksimal

Strategi pertama untuk lulus cepat adalah mengambil satuan kredit semester (sks) maksimal per semester. Kalau biasanya rekan muda mengambil 12-18 sks per semester, cobalah untuk mengambil yang maksimal dibolehkan kampus. Dengan begitu, rekan muda bisa mempersingkat waktu kuliah.

Tetapi, bukan berarti strategi ini tanpa risiko. Rekan muda membutuhkan komitmen dan tanggung jawab penuh atas keputusan ini. Karena, kalau rekan mudamenyerah di tengah jalan, strategi ini akan gagal dan membuat waktu kuliahmu lebih lama.

Mengikuti kelas tambahan


mengikuti kelas tambahan

Banyak kampus di Indonesia, saat liburan semester, sejumlah kelas dibuka untuk mengejar ketertinggalan semester sebelumnya. Cara ini bisa juga rekan muda ikuti. Cobalah mengambil semester pendek atau kelas malam yang dibuka. Konsekuensinya ialah rekan muda harus pandai mengatur waktu dan mengorbankan waktu istirahatmu.

Atur waktu


atur waktu

Untuk menjalani dua strategi di atas, rekan muda harus memiliki pengaturan waktu yang baik. Menyeimbangkan ilmu akademik dan kehidupan pribadi adalah suatu hal yang penting untuk menghindari stres dan perasaan jenuh berkuliah. Oleh karena itu, memanajemen waktu sangat penting bagi Sobat yang ingin lulus cepat atau tepat waktu.

Jangan terlalu memforsir


jangan terlalu memforsir

Usaha keras dan kegigihan memang dibutuhkan untuk mewujudkan impian lulus cepat. Tetapi, konsekuensi yang besar juga harus dipikirkan. Pasalnya, jika rekan muda gagal melakukan dua strategi itu, risiko terburuknya adalah gagal menyelesaikan satu semester dan mengulangnya sehingga jangka waktu kuliah bisa lebih panjang. Maka dari itu, ketahuilah batasan dirimu.

Berdoa dan Beribadah


berdoa dan beribadah

Yang terakhir tentunya rekan muda harus perbanyak berdoa dan beribadah sesuai keyakinan masing-masing, hal ini untuk menyeimbangkan jiwa kita supaya tidak mudah merasa stress.

Demikianlah 5 langkah yang bisa rekan muda lakukan supaya bisa lulus kuliah lebih cepat. Ingin terus mendapat update berita seputar pemuda? rekan muda bisa follow by email Kilas Pemuda.

Posting Komentar untuk "5 Cara Cepat Menyelesaikan Kuliah"