5 Universitas Terbaik dengan Biaya Murah di Dunia



Pendidikan merupakan hal yang sangat penting, pendidikan dapat membukakan pintu karier yang lebih baik serta lingkungan yang lebih berkualitas. Karena manfaatnya yang banyak tentu biaya pendidikan tidaklah murah, terkadang rekan muda harus membayar sangat mahal hanya untuk berkuliah di universitas berkualitas di dunia.

Namun, tidak semua universitas di dunia membebankan biaya yang besar bagi mahasiswanya. Buktinya adalah deretan universitas di bawah ini yang masuk dalam jajaran universitas dengan biaya pendidikan termurah di seluruh dunia. Bahkan ada juga yang biaya kuliahnya sampai 0 rupiah alias super gratis. Berikut uraiannya seperti yang dirilis dari Times Higher Education, Senin (11/9/2017).

1. Scuola Normale Superiore (Italia)


scuola normale superiore (italia)

Perguruan tinggi di Italia ini masuk ke dalam urutan pertama sebagai perguruan tinggi termurah di seluruh dunia. Terbayak tidak, universitas ini membandrol uang kuliah sebesar 0 poundsterling. Jangan pula khawatir soal biaya hidup di negeri pisa tersebut. Pasalnya, Scuola Normale Superiore menawarkan bantuan biaya hidup bagi mahasiswa-mahasinya. Tidak hanya murah, universitas ini juga masuk ke dalam peringkat 184 sebagai universitas terbaik di dunia.

2. Scuola Superiore Sant'Anna (Italia)


scuola superiore sant'Anna (italia)

Peringkat dua Masih berada di Italia, institusi pendidikan tinggi ini hampir menyerupai Scuola Normale Superiore, universitas negeri ini juga memasang harga 0 poundsterling alias nol biaya kuliah. Perguruan tinggi yang telah didirikan sejak 1987 ini juga menawarkan biaya hidup bagi mahasiswanya. Bukan hanya murah meriah, Scuola Superiore Sant’Anna rupanya masuk ke dalam 10 besar sebagai universitas muda yang sukses dan berada pada peringkat ke-155 besar sebagai universitas terbaik di dunia.

3. KTH Royal Institute of Technology (Swedia)


kth royal institute of technology (swedia)

Sekarang beralih ke Swedia yang notabenenya sebagai tempat mengenyam pendidikan terbaik, rupanya bukan hanya disegi kualitas pengajarannya saja. Akan tetapi juga biaya kuliahnya. Universitas di Stockholm ini juga menawarkan biaya kuliah 0 poundsterling alias nol biaya kuliah. Tetapi, tidak seperti dua universitas di atas yang menawarkan biaya hidup, di Swedia ini rekan muda harus membiayai hidupmu sendiri yang berkisar GBP4.569 atau setara dengan Rp78,5 juta.

4. TU Dresden (Jerman)


tu dresden (jerman)

Universitas negeri di Dresden Jerman ini, memang tidak memasang biaya kuliah 0 poundsterling. Namun untuk cakupan biaya pendidikan di Jerman, biaya kuliah di TU Dresden tergolong sangat murah yakni GBP346 atau sekira Rp5,9 juta. Kendati demikian, biaya hidup di Jerman harus dibiayai sendiri dan anggaran yang perlu dipersiapkan yakni mulai GBP5.101 atau setara Rp87,6 juta.

5. University of the Witwatersrand (Afrika Selatan)


university of the witwatersrand (afrika selatan)

Jika rekan muda ingin mencoba kuliah di luar Eropa dan mencoba di daratan Afrika, mungkin University of the Witwatersrand bisa menjadi pilihan. Pasalnya universitas negeri riset ini masuk ke dalam jajaran universitas termurah di dunia versi THE. Walaupun tidak semurah TU Dresden dan tak gratis seperti dua universitas di Italia, Wits University ini menawarkan biaya kuliah sebesar GBP4.392 atau setara Rp75,4 juta. Sedangkan biaya hidupnya mencapai GBP1.513 atau Rp26 juta.

Itulah 5 terbaik kampus yang berkualitas dengan biaya pendidikan termurah versi THE 2017, yang bisa rekan muda jadikan referensi dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Posting Komentar untuk "5 Universitas Terbaik dengan Biaya Murah di Dunia"