5 Kisah Inspiratif Pengusaha Muda



Ketika membuka suatu usaha, rekan muda tidak hanya bergantung dengan modal. karena kalau rekan muda ada duit semua usaha bisa rekan muda buka. Namun, usaha rekan muda bisa saja tidak jadi-jadi karena ada hal penting yang luput, apa itu?

Betul, inspirasi bagi beberapa orang sangalah penting. Bahkan mereka yang tidak punya modal bisa saja langsung bergerak bikin bisnis setelah terinspirasi sesuatu, atau oleh seseorang. Apalagi modal adalah perkara yang gampang karena bisa didapatkan dari mana saja. Pinjaman ada di mana-mana, dari bank umum sampai lembaga kredit mikro dan koperasi.

Jadi buat rekan muda yang sedang membutuhkan inspirasi, berikut ini kisah inspiratif 5 pengusaha muda usia 20 tahun yang bisa rekan muda tiru:

1. Hamzah Izzulhaq (kelahiran 1993) "Pria Mental Entrepreneur"


hamzah izzulhaq

Hamzah Izzulhaq adalah pemuda yang memang sudah kelihatan jiwa entrepreneurnya sedari dia kecil. Dia pernah berjualan kelereng bahkan sampai menjadi tukang ojek payung.

Ketika SMA, dia pernah mengikuti seminar bisnis. Dalam seminar itulah dia menangkap peluang berbisnis franchise bimbingan belajar. Sepulang daari seminar, dia langsung memberikan duit Rp 75 juta pada orang tuanya untuk membeli bisnis tersebut.

Terbukti, bisnis tersebut sukses berat. Dia pun mendapatkan beragam penghargaan. Sekarang bisnisnya masih berkembang dan dia kerap diundang ke banyak acara untuk membagikan kisah inspirasinya.

2. Hafiza Elfira Novitarini (kelahiran 1990) "Gadis Sociopreneur"


hafiza elfira novitarini

Gadis ini sukses menjadi pengusaha sekaligus bermanfaat secara sosial. Dia mendirikan Nalacity Foundation, sebuah organisasi yang bergerak dibidang pembinaan para penderita kusta. Di bawah naungan organisasi tersebut, para penderita kusta bisa diberdayakan. Mereka bahkan dilatih membuat jilbab untuk dijual. Yang menjadi pemimpin tentunya Hafiza sendiri.

Tidak disangka, proyek sosialnya itu memberikan keuntungan baik bagi Hafiza maupun para penderita kusta di organisasinya. Karena itulah kenapa dia disebut sebagai sociopreneur, seorang pengusaha yang bergerak di bidang sosial.

3. Dea Valencia (kelahiran 1994) "Pecinta Batik"


dea valencia

Dea sukses menjadi pengusaha muda setelah mengikuti passion-nya. Cintanya yang mendalam kepada batik yang menuntunnya mendirikan usaha batik tulis sebelum ia genap berusia 20 tahun. Misinya adalah membuat kalangan remaja dan pemuda tidak menganggap batik ketinggalan zaman. Oleh karena itu, dia mendesain baju batik dengan tema yang kekinian.

Dalam menjalani usahanya, ia pun mempekerjakan karyawan yang menderita tunarungu. Sebagai media pemasaran, dia menggunakan teknologi Internet, termasuk Facebook, Twitter dan media sosial lainnya.

4. Nicholas Kurniawan (kelahiran 1993) "Pengekspor Ikan Hias"


nicholas kurniawan

Memulai usaha dengan mengekspor ikan hias, pemuda ini sukses mengembangkan sayap bisnisnya sampai ke bidang properti. Berasal dari keluarga yang sederhana, Nicholas tergerak hatinya untuk membantu orang tuanya.

Dia mulai berjualan sejak kecil, dari minuman sampai baju. Sampai-sampai jualannya yang berupa ikan hias dilirik pasar mancanegara.

Tetapi bisnis itu sempat goyang lantaran rekan kerjanya membawa kabur duit usaha. Namun, upaya tidak kenal lelahnya berbuah hasil manis. Bisnisnya tidak down, malah berkembang menjadi besar hingga sekarang.

5. Valentina Meiliyana (kelahiran 1995) "Pengusaha Sepatu"


valentina meiliyana

Berawal dari hobinya yang mengutak-atik baju, akhirnya hatinya tertambat pada sepatu. Valentina suadah berbisnis sepatu custom saat masih sekolah. Lantaran bisnisnya selalu ramai, dia sampai keluar dari sekolah dan memutuskan untuk home schooling agar waktunya bisa lebih banyak digunakan untuk bisnis. Valentina tidak pernah belajar mode khusus, semuanya otodidak.

Tetapi dia terus memperdalam ilmunya dengan membaca dari majalah fashion dan media lainnya. Sekarang, lini usaha sepatunya sudah terkenal dan berulang kali ikut tampil dalam peragaan busana kelas nasional.

Lima pengusaha muda di atas hanya sebagai contoh. Masih ada pengusaha muda lain yang memiliki kisah inspiratif dalam bisnis, bahkan mungkin ada teman atau saudara rekan muda sendiri.

Jadi buat rekan muda yang masih galau mau buka usaha di usia muda, mereka diatas bisa menjadi inspirasi rekan muda. Tidak perlu jadi karyawan dulu untuk menjadi seorang pengusaha. Tinggal diri rekan muda, mau atau tidak seperti mereka.

Posting Komentar untuk "5 Kisah Inspiratif Pengusaha Muda"