6 Pekerjaan Terbaik bagi Lulusan Teknik Sipil

6 pekerjaan terbaik bagi lulusan teknik sipil

Rekan muda ada yang sedang kuliah di jurusan teknik sipil atau ingin masuk kuliah jurusan teknik sipil? Jurusan kuliah satu ini memang menjadi salah satu jurusan yang memiliki prospek kerja yang cerah bagi para lulusannya. Tidak heran, tiap tahunnya peminat jurusan kuliah teknik sipil selalu meningkat pesat.

Untuk diketahui, teknik sipil adalah salah satu pendalaman ilmu teknik yang mempelajari tentang seluk-beluk cara dalam merancang, merenovasi, serta membangun infrastruktur yang mencakup lingkungan untuk keberlangsungan hidup umat manusia agar lebih maju dan moderat.

Jurusan teknik sipil memiliki ruang lingkup yang sangat luas karena di dalam jurusan ini mempelajari ilmu matematika, kimia, fisika, biologi, geologi, lingkungan, hingga komputer.

Nah oleh sebab itu, kali ini kilaspemuda coba merangkum 6 pekerjaan terbaik bagi lulusan teknik sipil!

1. Menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil)


menjadi pegawai negeri sipil

Ada beberapa institusi pemerintahan yang sangat membutuhkan lulusan Teknik sipil seperti kementrian Pekerjaan Umum (PU) yang mengurusi berbagai hal terkait pembangunan fasilitas negara. Selain hal itu lulusan Teknik sipil juga bisa bekerja di Badan Perencanaan Nasional, Departemen ESDM (Energi Sumber Daya Mineral), Perusahaan Pertamanan kota dan masih banyak lagi.

2. Bekerja di BUMN (Badan Usaha Milik Negara)


bekerja di bumn

Prospek kerja lulusan teknik sipil berikutnya adalah bisa bekerja di BUMN misalnya di Hutama Karya (jalan dan jembatan), Waskita Karya (bangunan dan gedung), Cipta Karya (perencanaan) bahkan rekan muda bisa saja diterima di PLN.

3. Bekerja di Badan Keuangan atau Bank


bekerja di badan keuangan atau bank

Bekerja di badan keuangan bukan hanya untuk lulusan akuntansi, komuniaski, dan ekonomi saja. Lulusan teknik sipil ternyata juga dapat bekerja di badan keuangan, lulusan teknik sipil juga sangat berguna dalam menganalisa visibilitas proyek yang akan dikerjakan dengan peminjaman dana, contohnya dalam pembangunan saran dan prasarana seperti gedung.

4. Menjadi Seorang Kontraktor


menjadi seorang kontraktor

Menjadi kontraktor berbagai proyek pembangunan insfrastruktur menjadi sebuah peluang besar bagi lulusan teknik sipil. Karena pada dasarnya lulusan teknik sipil telah mempunyai ilmu yang sangat mendukung dan sangat berkaitan dengan pembangunan infrastruktur.

Seorang teknokrat -julukan alumni teknik sipil- biasanya saat dalam bangku kuliah sudah mempelajari mengenai teknologi bahan bangunan, mekanika tanah, struktur kayu, struktur beton, manajemen proyek, bahkan lulusan teknik sipil sangat mengerti bagaimana caranya membuat sebuah rancangan anggaran biaya proyek pembangunan dengan sempurna.

5. Menjadi Seorang Konsultan Proyek


menjadi seorang konsultan proyek

Konsultan proyek artinya adalah ia hanya bekerja dari sisi peninjauan keilmuan saja. Ia tidak masuk ke dalam urusan teknik di lapangan langsung. Seorang konsultan tidak harus turun ke lapangan dan meninjau proyek dari kliennya.

Konsultan proyek dapat memberikan sebuah pertimbangan kepada klien yang sedang dikerjakan mengenai banyak hal. Contohnya, pemilihan bahan konstruksi yang efisien, pertimbangan dampak lingkungan dari bahan bangunan yang digunakan, dan bentuk bangunannya atau terkait dengan aspek keselamatan para tenaga kerjanya.

6. Menjadi Dosen atau Ilmuwan


menjadi dosen atau ilmuwan

Seorang lulusan teknik sipil bisa menjadi seorang dosen atau ilmuwan di universitas atau perguruan tinggi yang memiliki jurusan teknik sipil. Peluang ini sangatlah terbuka lebar, karena di Indonesia masih jarang sekali seorang ahli di bidang ini.

Itulah peluang pekerjaan yang bisa rekan muda jadikan pilihan dalam meniti karir ketika lulus dari jurusan teknik sipil. Namun, bukan hanya pekerjaan itu saja yang bisa rekan muda lakukan, masih banyak pekerjaan yang bisa dilakukan seorang civil engineer. Semangat!

Posting Komentar untuk "6 Pekerjaan Terbaik bagi Lulusan Teknik Sipil"