10 Manfaat Punya Pekerjaan Sampingan

10 manfaat punya pekerjaan sampingan

Mungkin pekerjaan rekan muda memang tidak menawarkan gaji yang tinggi. Namun kenyamanan dan fasilitasnya yang lengkap buat rekan muda mampu bertahan sampai sekarang. Sehingga rekan muda menjalani pekerjaan sambilan selepas menyelesaikan kerjaan utama di kantor. Jualan online, jadi guru les hingga freelance, menjadi beberapa pekerjaan dari banyak pilihan yang pernah rekan muda jalani.

Terkadang rekan muda merasa lelah sekali dan ingin berhenti, tapi apa daya rekan muda masih membutuhkan tambahan pemasukan demi tegaknya tiang keuangan. Apalagi rekan muda masih punya tanggungan cicilan kredit motor, KPR rumah sampai tabungan untuk mempersiapkan pernikahan. Tidak perlu malu jika rekan muda punya pekerjaan sambilan. Karena tanpa disadari, rekan muda telah memiliki 10 keistimewaan berikut ini!

1. Menjadi ahli dalam mengatur waktu


menjadi ahli dalam mengatur waktu

Mencari tambahan penghasilan memang menjadi tujuan utama rekan muda dalam mengambil side job atau pekerjaan sambilan ini. Meskipun nominalnya mungkin lebih kecil dari gaji utama rekan muda, namun rekan muda tetap dengan senang hati melakoninya.

Saat melakukan dua pekerjaan sekaligus dalam satu hari ini, rasanya 24 jam itu tidak cukup untuk rekan muda. Ingin sekali rasanya meminta tambahan waktu agar dua pekerjaan ini bisa selesai dalam satu hari saja. Keterbatasan waktu ini yang membuat rekan muda lebih jeli mengatur waktu. Awalnya memang keteteran, tapi setelah dijalani, rekan muda mulai menemukan ritme pekerjaan sendiri.

2. Belajar hidup hemat


belajar hidup hemat

Jika sebelumnya tiap malam minggu rekan muda bisa bersenang-senang dengan teman-teman, kini semua tak bisa lagi dilakukan. Demi stabilnya perekonomian rekan muda memilih untuk mengurangi intensitas bersenang-senang itu.

Tapi rekan muda tidak perlu bersedih, sebab ada hikmah yang bisa diambil dari sana. rekan muda bisa lebih berhemat, menyisihkan pengeluaran dari hangout itu untuk keperluan yang lain. Meski hanya puluhan ribu, tapi jika rutin rekan muda kumpulkan tiap minggu, hasilnya sudah bisa untuk bantu bayar cicilan rekan muda.

3. Memiliki tanggung jawab dan semangat kerja yang tidak diragukan lagi


memiliki tanggung jawab dan semangat kerja yang tidak diragukan lagi

Pagi hari rekan muda kerja di kantor sebagai pegawai biasa. Begitu sudah jam lima, rekan muda buru-buru pulang demi mengejar kereta untuk menuju tempat kerja yang selanjutnya. Meski terkadang rekan muda merasa lelah sekali dan ingin berhenti, tapi niat untuk terus berjuang membuat rekan muda mampu bertahan sampai saat ini. Dari menjalani dua pekerjaan sekaligus dalam satu hari ini rekan muda bisa mendapatkan sebuah apreasiasi tersendiri.

Sisi tanggung jawab dan kemandirian rekan muda pelan-pelan terlatih dari dua pekerjaan itu. Dua hal itu jelas sudah mengakar kuat di dalam hidup rekan muda. Mereka yang menjadi partner dalam bekerja pun tidak meragukan kemampuan rekan muda lagi dalam menyelesaikan pekerjaan yang menjadi job desk rekan muda.

4. Membuat fisik dan mental lebih jauh kuat


membuat fisik dan mental lebih jauh kuat

Di saat orang lain lagi nyamannya beristirahat, rekan muda justru masih berkutat dengan pekerjaan. Jika dilihat sekilas, rekan muda pernah merasa hidup ini tidak adil. Namun keluhan itu hanya sesekali saja mampir. Sebab kini rekan muda paham benar, bahwa fase yang melelahkan ini hanyalah bagian dari proses menjadi manusia yang lebih baik.

Proses di mana fisik dan mental rekan muda ditempa dan menjadi lebih kuat daripada yang lainnya. Ke depannya, saat yang lain udah galau dan baper akibat revisi dari klien, rekan muda justru selow aja. Karena sudah terbiasa menjalani berbagai pekerjaan dari masa ke masa.

5. Menjadi lebih cekatan


menjadi lebih cekatan

Pergi ke salon untuk melakukan perawatan, ngopi-ngopi sambil menghabiskan malam, atau keluar masuk pusat perbelanjaan mungkin jarang rekan muda lakukan. Sampai orang-orang bilang bahwa masa muda rekan muda itu membosankan. Akhirnya rekan muda pun turut mengiyakan bahwa masa muda tidak seseru anak muda yang lainnya, karena hanya dihabiskan dengan kerja dan kerja.

Namun rekan muda bersyukur dengan perubahan positif yang menyertai rekan muda. rekan muda jadi lebih cekatan dan pribadi yang bisa multitasking dengan hasil yang memuaskan. Hal itu jadi nilai tersendiri untuk rekan muda, di saat anak muda yang lainnya sibuk menghamburkan apa yang mereka punya.

6. Terampil dalam menjalani hidup


terampil dalam menjalani hidup

Tidak jarang rekan muda mengambil pekerjaan sampingan yang jauh dari bidang Rekan Muda. Seperti misalnya rekan muda yang pegawai kantoran, memiliki sampingan usaha jualan pakaian secara online. Atau rekan muda yang seorang pegawai bank, punya sampingan sebagai penulis lepas di koran. Meskipun jauh dari bidang utama rekan muda, pekerjaan sampingan yang rekan muda lakukan itu justru menjadi tambahan pengalaman baru bagi rekan muda. Keterampilan sebagai anak muda jelas bisa meningkat. Kelak rekan muda akan lebih siap menghadapi tantangan hidup yang seringnya jauh lebih berat.

7. Menjadi lebih dewasa


menjadi lebih dewasa

Menjalani dua pekerjaan dalam sehari membuat rekan muda juga menghadapi dua kali tantangan yang ada. Apalagi ketika dua-duanya memiliki deadline yang berdekatan. Kepala rekan muda seakan bisa beruap karena hampir tidak kuat. Namun pada akhirnya rekan muda tetap bersyukur karena telah diberi kepercayaan menjalani dua pekerjaan ini. Sebab rekan muda bisa belajar makna dari kedewasaan. Kalau dulu rekan muda tinggal meminta pada orangtua saat butuh sesuatu, kini rekan muda harus berjuang dulu. Rekan muda paham benar bahwa perjuangan mutlak dilakukan demi mendapatkan sesuatu yang diinginkan.

8. Ahli dalam mengatur keuangan


ahli dalam mengatur keuangan

Tanpa sadar rekan muda menjadi orang yang pandai dalam mengatur pemasukan dan pengeluaran, disebabkan rekan muda merasa sangat memiliki dengan uang atau gaji yang rekan muda dapatkan dari kerja keras rekan muda sendiri.

9. Lebih dermawan


lebih dermawan

Kebanyakan dari rekan muda yang memiliki penghasilan dari kerja sendiri, apalagi dengan memiliki pekerjaan sampingan. Membuat rekan muda tahu betul lelahnya dalam bekerja, sehingga tidak segan-segan rekan muda yang memiliki pemasukan diatas rata-rata sering membantu orang lain disekitarnya.

10. Disegani dan dikagumi orang sekitar


disegani dan dikagumi orang sekitar

Ini adalah bonus dimana ketika kerja keras rekan muda diketahui oleh orang sekitar, sehingga membuat mereka kagum bahkan segan dengan usaha rekan muda. Apalagi jika rekan muda adalah seorang pria, tentunya banyak wanita yang sangat tergila-gila dengan pria yang sangan rajin dalaam bekerja.

Jika saat ini rekan muda tengah berada pada fase yang melelahkan ini, bersabarlah. Tetap semangat dan selalu ingat, bahwa di akhir setiap perjuangan yang tulus yang dilakukan, akan ada sebuah hasil yang tidak akan mengecewakan rekan muda.

Posting Komentar untuk "10 Manfaat Punya Pekerjaan Sampingan"