5 Cara Simpel yang Buat Sukses di Usia Muda

5 cara simpel yang buat sukses di usia muda

Untuk rekan muda yang tentunya masih muda, tetaplah bersyukur karena mereka yang sudah berusia tua tidak akan mampu berbuat banyak dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam karir dan berkarya. Tetapi, justru kebanyakan anak muda malah membuang waktunya dan menghabiskan masa mudanya hanya untuk sekedar bersenang-senang saja.

Jika rekan muda tipe orang seperti itu, sangat disarankan segera mengoreksi diri pribadi untuk menjadi lebih baik lagi. Karena orang yang sudah tua tidak akan bisa berbuat banyak. Jadi, janganlah sia-siakan masa mudamu untuk hal-hal yang tidak berguna, boleh bersenang-senang, hanya saja rekan muda juga harus memikirkan masa depan rekan muda nantinya. Sama seperti impian semua orang, banyak yang berharap agar senang di masa tua. Jika rekan muda ingin impian itu tercapai, tentu saja rekan muda harus memanfaatkan masa muda untuk mencapainya.

Pada artikel kali ini, saya ingin mengajak rekan muda semua untuk tahu lebih dalam bagaimana sih cara sukses di usia muda? apa yang harus rekan muda lakukan? Berikut ulasanya!

1. Pikir kembali, apa cita-citamu sebenarnya?


pikir kembali

Kebanyakan anak muda ketika ditanya, apa cita-cita rekan muda? sebagian besar mereka hanya memberi jawaban yang tidak pasti, ada yang ingin jadi orang sukses, ingin jadi pengusaha, dan lain sebagainya.

Namun, mereka tidak bisa menjawab, nanti mau jadi apa? kerja apa? atau jika bercita-cita ingin jadi pengusaha, terus pengusaha apa? pengusaha kan banyak jenisnya? Maka dari sinilah rekan muda harus benar-benar mulai menata mengenai apa cita cita yang sebenarnya, tekunilah hal-hal yang berkaitan dengan cita cita besar rekan muda nantinya.

Jika ingin menjadi pengusaha fashion misalnya, paling tidak rekan muda sudah mendalami masalah fashion pada usia muda mulai dari desain, produksi, penjualan dan lain sebagainya meski masih usaha kecil-kecilan. Yakinlah bahwa sedikit demi sedikit akan menjadi bukit, karena itu nyata adanya.

2. Pilihlah pendidikan dan minat yang benar-benar disukai


pilihlah pendidikan dan minat yang benar-benar disukai

Jumlah masyarakat di Indonesia yang terus bertambah pesat setiap harinya tentu akan membuat semua hal menjadi tinggi persaingannya, salah satunya adalah pendidikan. Jika rekan muda masih SMA pasti belum tahu betul akan hal ini, namun saya yakin jika rekan muda sudah di masa-masa kuliah dan kerja, rekan muda akan tahu betul bahwa menekuni pendidikan yang memang disukai adalah sesuatu yang wajib.

Karena tidak jarang banyak orang yang kuliah dan masuk SMK ke jurusan yang sama sekali tidak diminati, bahkan sangat dibenci. Tentu hal ini disebabkan karena hal tadi, yakni persaingan yang cukup tinggi untuk bisa masuk ke bidang pendidikan tersebut.

3. Perbanyaklah menabung


perbanyaklah menabung

Ini juga merupakan poin yang cukup penting, untuk rekan muda yang sudah punya penghasilan tetap, cobalah untuk menabung. Buat target, dalam setahun misalnya rekan muda punya berapa banyak tabungan. Hal ini saya yakini bisa membuat rekan muda nantinya menjadi orang sukses karena rekan muda sudah menyiapkan tabungan dari awal, kalau bisa buatlah hitung-hitungan yang pasti, berapa yang harus rekan muda tabung setiap bulan atau bahkan setiap harinya.

4. Berwirausaha dan berani mengambil resiko


berwirausaha dan berani mengambil resiko

Semakin sempitnya lapangan pekerjaan yang ada di Indonesia, saya yakin membuat banyak orang yang mulai berpikir bahwa solusi terbaik dari masalah ini idalah menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Tentu caranya adalah dengan berwirausaha, tidak ada alasan bagi seorang anak muda bingung mau usaha apa, bingung karena tidak punya modal apalagi sampai tidak memulai usaha karena malu. Percayalah bahwa di luar sana pengusaha yang sukses dan menjadi konglomerat saat ini. Dulunya bukanlah siapa-siapa, mereka dulunya miskin, tetapi dengan ketekunannya, mereka mampu menjadi sukses dan membesarkan usahanya.

5. Perbanyak teman


perbanyak teman 

Banyak orang yang gagal sukses karena tidak punya teman apalagi sahabat, mereka tidak punya orang yang bisa dijadikan sebagai motivasi, inspirasi, dan lain sebagainya. Maka dari itu untuk rekan muda yang masih di usia muda, perbanyaklah bergaul dengan banyak orang, hal ini akan membuka peluang rekan muda untuk lebih mengenal sesuatu hal yang baru dan rekan muda dapat belajar dari teman tersebut.

Itulah 5 kiat sukses di masa muda, tetap optimis menata masa depan dan sembari usaha rajinlah berdoa, karena setiap usaha yang kita lakukan, hasilnya adalah dari Allah datangnya. Semangat!

Posting Komentar untuk "5 Cara Simpel yang Buat Sukses di Usia Muda"