7 Peluang Usaha bagi Pelajar dan Mahasiswa

7 peluang usaha bagi pelajar dan mahasiswa

Tidak sedikit para pelajar atau mahasiswa yang mencari penghasilan tambahan namun tetap melanjutkan pendidikannya. Ada yang bekerja paruh waktu dan ada pula yang membuka usaha sampingan. Berikut ini ada 7 peluang usaha bagi pelajar dan mahasiswa yang bisa dicoba.

1. Menjadi Pembimbing Belajar


menjadi pembimbing belajar

Sebagai pelajar atau mahasiswa, rekan muda pasti bisa berbagi pengetahuan atau keahlian di bidang yang rekan muda kuasai dengan cara mengajar siswa lain. Rekan muda juga bisa mengajak beberapa teman rekan muda yang memiliki minat yang sama untuk memulai bisnis les privat atau bimbingan belajar. Bahkan rekan muda dapat menawarkan sesi di malam hari atau hari libur saat usai sekolah atau kuliah.

2. Jualan Makanan atau Minuman


jualan makanan atau minuman

Jika rekan muda menyukai dunia kuliner atau senang bereksperimen di dapur, maka rekan muda layak mencoba bisnis kedai makanan atau minuman. Tentunya menu yang disuguhkan adalah sajain yang rekan muda kuasai. Selain itu, rekan muda juga bisa menjual makanan kemasan dari perusahaan makanan lain, sehingga rekan muda tidak perlu membuatnya sendiri.

3. Jualan Pakaian atau Aksesoris


jualan pakaian atau aksesoris

Saat ini berjualan barang melalaui sosial media sudah dilakukan banyak kalangan orang. Rekan muda selaku pelajar atau mahasiswa bisa memilih menjual produk yang disukai kaum muda seperti pakaian atau aksesoris lainnya seperti tas, sepatu atau jam tangan.

4. Membuka Jasa Desain dan Pengembangan Web


membuka jasa desain dan pengembangan web

Rekan muda bisa meraih penghasilan yang cukup menjanjikan dengan memulai bisnis desain dan pengembangan web. Rekan muda bisa memulai dari proyek sederhana seperti mendesain logo, atau mendesain situs web.

5. Menjadi Pembersih Rumah dan Apartemen


menjadi pembersih rumah dan apartemen

Layanan pembersihan rumah dan apartemen termasuk jasa yang banyak dicari orang saat ini. Rekan muda bisa mulai menawarkan jasa pembersihan rumah atau apartemen ke kerabat atau teman rekan muda. Sebagai awalan, rekan muda bisa mengajak 1-2 teman rekan muda untuk menjadi bagian dari tim rekan muda.

6. Bekerja Ojek Online dan Delivery


bekerja ojek online dan delivery

Jika rekan muda memiliki motor atau mobil lebih dari satu atau rekan muda bersama beberapa teman rekan muda yang memiliki kendaraan bisa mendirikan bisnis transportasi online. Rekan muda bisa menawarkan jasa antar barang atau penumpang.

7. Penjaga Pustaka Kampus


penjaga pustaka kampus

Ada sebagian kampus baik dalam negeri maupun luar negeri mempekerjakan pekerjaan tambahan dari kalangan mahasiswa. Biasanya mereka dipekerjakan untuk membantu pekerjaan yang tidak sempat dilakukan oleh pegawai tetap. Seperti menyusun kembali buku setiap minggunya dan lainyaa sesuai kebutuhan pustaka kampus tersebut. Jadi rekan muda bisa mencobanya, selain karena upah yang luman rekan muda juga bisa bergelut dengan buka setiap minggunya, yang mana dapat menambah pengetahuan rekan muda sendiri.

Seperti kata pepatah, sambil menyelam minum air. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "7 Peluang Usaha bagi Pelajar dan Mahasiswa"