-->

10 Cara Menambah Karisma Agar Terlihat Berwibawa

10 cara menambah karisma agar terlihat berwibawa

Rekan muda pasti tahu apa itu karisma? Kalau menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, karisma merupakan keadaan atau bakat yang dihubungkan dengan kemampuan yang luar biasa dalam kepemimpinan.

Seorang yang memiliki karisma dapat dengan mudah membangkitkan rasa kagum dan juga pemujaan dari masyarakat sekitar kepada dirinya. Nah, orang yang memiliki karisma pastilah punya andil yang cukup besar di dalam masyarakat. Dia memiliki daya tarik tersendiri yang membuatnya menjadi panutan.

Kalau rekan muda berfikir meningkatkan karisma itu sulit, mungkin rekan muda belum pernah mencobanya. Pada dasarnya, meningkatkan karisma itu lebih mudah dari yang rekan muda bayangkan.

Well, jangan berkecil hati jika rekan muda masih belum berkarisma, masih ada harapan, bahkan, menurut seorang profesor sekaligus psikolog dari Inggris bernama Richard Wiseman, karisma itu 50% bawaan dari lahir dan 50% lagi hasil dari latihan sendiri. 

Jadi, kalau rekan muda masih ingin menjadi orang yang berkarisma, cobalah cara-cara di bawah ini, dan pastikan rekan muda membaca sampai akhir.

1. Menjabat tangan dengan kuat


menjabat tangan dengan kuat

Ketika bertemu dengan orang, keseluruhan orang Indonesia pastilah mengulurkan tangannya untuk bersalaman. Saat momen inilah rekan muda lancarkan serangan. Jabat tangan orang yang rekan muda temui itu dengan kuat, tapi jangan kebablasan, pakai perasaan dan cukup tegas saja.

Berikan pula senyuman kecil kepada orang yang rekan muda temui. Kalau bisa keluarkan kata-kata positif saat sedang berjabat tangan. Ajak kawan bersalaman itu menjadi orang paling bahagia karena bertemu dengan rekan muda.

2. Buka postur tubuh


buka postur tubuh

Ketika rekan muda berbicara dengan seseorang, usahakan jangan sampai menutupi wajah dengan tangan atau benda lain. Pastikan bahwa lawan bicara bisa melihat gerakan bibir rekan muda.

3. Jahui contekan


jahui contekan

Waktu berbicara di depan publik, cobalah jangan membawa contekan. Kalaupun terpaksa membawa contekan, buatlah catatan kecil yang berisi poin-poin apa yang ingin rekan muda sampaikan.

Jika rekan muda membawa catatan, orang yang diajak bicara akan menjadi bosan. rekan muda pasti akan fokus pada catatan dan mengabaikan lawan bicara.

4. Mengingat nama orang


mengingat nama orang

Nama merupakan sebuah identitas dari seseorang. Biar terlihat sepele, tapi mengingat nama ini sangatlah penting. Jika rekan muda mengingat nama seseorang, itu akan membuatnya terasa lebih dihargai.

Kalau rekan muda punya masalah dalam mengingat nama, cobalah untuk menyebut nama lawan bicara setiap kali berbicara dengannya. Gantilah kata kau dengan nama lawan bicara, hal itu tentu akan membuat rekan muda menjadi lebih mudah dalam mengingat nama.

5. Menatap mata lawan bicara


menatap mata lawan bicara

Banyak orang mengatakan, cinta itu dari mata lalu turun ke hati. Jadi kalau karisma, dari mata turun ke pancaran diri. Jika rekan muda menatap mata orang yang diajak bicara, maka akan tampak pancaran karisma kepadanya.

Orang yang berkomunikasi dengan menatap mata lawan bicaranya pastilah akan mempunyai sensasi yang berbeda. rekan muda perlu menatap dengan tatapan yang tajam. Buatlah seolah-olah dengan tatapan itu, mata berbicara, menyiratkan karisma yang ada pada diri rekan muda.

6. Suka memberi pujian


suka memberi pujian

Memberikan pujian kepada lawan bicara itu sangatlah penting. Namuni ingat, pujian yang rekan muda berikan jangan sampai mengada-ada. Berikan pujian yang tulus, pujian yang berasal dari dalam hati.

7. Penekanan dalam berbicara


penekanan dalam berbicara

Berbicara juga akan memengaruhi karisma dalam diri rekan muda. Janganlah berbicara terus tanpa jeda, berikan jeda ketika berbicara. Mainkan intonasi saat rekan muda berbicara dengan seseorang.

Pastikan rekan muda selalu melatih kemampuan berbicara karena hal ini akan sangat memengaruhi apakah rekan muda terlihat berwibawa dan berkarisma atau tidak.

8. Perhatikan penampilan


perhatikan penampilan

Penampilan tentu saja sangat berpengaruh terhadap karisma rekan muda. Pertama kali yang orang lihat tentu saja penampilan rekan muda. Maka buatlah diri serapi dan sekeren mungkin, jangan sampai lawan bicara menjadi ilfeel karena melihat penampilan rekan muda yang berantakan.

9. Menjaga tingkah laku


menjaga tingkah laku

Berilah kesan pertama dengan tingkah laku yang tetap tenang dan penuh kesederhanaan. jangan sampai orang yang baru bertemu dengan rekan muda langsung bisa menebak bagaimana sikap asli rekan muda. Dengan sikap yang misterius ini orang makin penasaran untuk berteman dengan rekan muda.

10. Seringlah tersenyum


seringlah tersenyum

Ini merupakan senjata rahasia yang dapat rekan muda gunakan jika sudah mempraktekkan semua cara di atas. Senyuman akan sangat memengaruhi orang yang rekan muda ajak bicara. Dengan senyuman, suasana yang semula tegang bisa menjadi cair dan lebih mengalir dan melebur dalam suasana.