-->

5 Cara Agar Tidak Mudah Diremehkan

5 cara agar tidak mudah diremehkan

Diremehkan orang lain atau teman tentu sangat menjengkelkan. Terutama jika orang-orang meremehkan padahal belum melihat bagaimana usaha rekan muda dalam berjuang. Apapun yang rekan muda lakukan, rasanya selalu membuat mereka gatal untuk mengomentari karena tak sesuai dengan apa yang mereka harapkan.

Namun bisa saja penyebab rekan muda diremehkan justru karena perilaku sehari-hari yang tidak disadari. Maksud hati ingin buat orang lain senang, tapi yang ada justru malah rekan muda yang diremehkan. Yuk dipahami lagi apa aja perilaku yang justru buat rekan muda sering diremehkan ini. Biar rekan muda tidak terus-terusan dipandang sebelah mata.

1. Jangan cepat marah, tapi jujur saja kalau tidak suka dengan apa yang mereka lakukan


jangan cepat marah

Beda orang tentu beda pula apa yang dipikiran. rekan muda tidak harus selalu memaksakan diri untuk menyukai apa yang mereka sukai. Kalau memang rekan muda benar-benar tidak suka, tunjukkan bahwa tidak suka. Tidak harus marah, tapi bisa menunjukkan dengan ucapan atau sikap dalam keseharian. Mengatakan bahwa rekan muda “tidak suka” itu bukanlah sebuah dosa. Tapi sebaliknya, memaksakan diri buat asal menyukai apa yang disukai orang hanya akan membuat rekan muda merugi. Jadi sesekali kumpulkan keberanian untuk menunjukkan bahwa rekan muda memang tidak suka. Daripada terus-menerus diremehkan.

2. Perbanyak membaca, supaya punya pendirian yang kuat


perbanyak membaca

Kebanyakan alasan orang meremehkan karena kita memang terlihat kurang meyakinkan. Mau berargumen, tapi rekan muda sendiri ragu-ragu dengan pendapat sendiri. Failed jadinya. Maka, Di tengah kesibukan yang melelahkan, sempatkan sedikit waktu untuk menambah pengetahuan dengan membaca. Tidak harus ke perpustakaan untuk membaca buku-buku tebal, rekan muda bisa membaca dari banyak media. Mulai dari koran, novel, sampai berita kekinian. Selain menambah pengetahuan, orang yang sering terlihat sedang membaca juga punya aura yang keren. Jadi saat didebat orang, rekan muda tida ling-lung karena pengetahuan luas.

3. Kuatkan kepercayaan diri, Introspeksi dan perbaiki apa yang kurang


kuatkan kepercayaan diri

Setiap manusia pasti memiliki kekurangan masing-masing. Jangan biarkan kekurangan tersebut membuat rekan muda jadi tidak percaya diri. Karena bila saja tidak mempercayai diri sendiri, jangan harap orang lain bisa percaya. Menumbuhkan rasa percaya diri memang sedikit susah. Tapi rekan muda hanya perlu berusaha. Salah satunya adalah dengan melihat ke dalam diri dan mencari tahu yang bisa diperbuat dengan kekurangan tersebut. Kalau pun kekurangan rekan muda memang sudah tidak bisa diapa-apakan lagi, ya sudah diterima dengan lapang dada.

4. Mencari tahu sendiri terlebih dahulu, sebelum bertanya pada orang lain


mencari tahu sendiri terlebih dahulu

Jika kalimat di atas menjadi andalan rekan muda sehari-sehari, jangan heran kalau rekan muda selalu diremehkan sekali. Banyak bertanya memang bagus untuk dilakukan. Tetapi, kalau keseringan menanyakan hal-hal yang sebenarnya bisa dicari tahu sendiri, ya jelas saja orang lain kesal. Jatuhnya mereka akan meremehkan rekan muda. Karena itu membiasakan untuk mencari tahu sendiri perlu rekan muda lakukan mulai dari sekarang. Apalagi sekarang zamannya sudah serba mudah dengan segala kecanggihan teknologi yang ada. Tinggal ketik dan Ship-ship, semua informasi bisa rekan muda dapatkan dalam genggaman. Baru kalau sudah memang mentok tidak bisa dicari sendiri, mulailah mencari bantuan teman sekitar.

5. Gunakan kata maaf pada tempatnya, jangan keseringan minta maaf apabila tidak ada sebabnya


gunakan kata maaf pada tempatnya

Percaya maupun tidak, rekan muda tidak akan bisa menyenangkan hati semua orang. Sebab setiap orang memiliki perbedaan selera dan jalan pikiran masing-masing. Mungkin rekan muda cuma tidak ingin membuat orang lain sakit hati, namun terus-terusan minta maaf padahal tidak salah, hal itu hanya akan membuat rekan muda selalu diremehkan. Dari sekarang, kebiasaan yang satu ini perlu dikurangi. Sedikit-sedikit saja dulu, seperti mengurangi kalimat minta maaf dari yang panjang, menjadi pendek, sampai akhirnya sama sekali tidak ada kata maaf ketika benar-benar yakin bukan rekan muda yang melakukan kesalahan.

Diremehkan dan tidak dihargai orang lain memang bikin kesal. Tapi sebelum meminta orang lain untuk menghargai kita, coba kita juga perlu tahu caranya menghargai diri kita sendiri.