-->

Anak Kos, Ini 5 Cara Tidak Kelaparan di Akhir Bulan



Saat ini kata “tak bisa hidup tanpa uang” terasa menjadi hal yang nyata, dari makan sampai buang hajat saja kita butuh uang. Apalagi masyarakat yang hidup di kota, yang mana sosial masyarakatnya jauh berbeda dengan di desa. Uang merupakan sumber utama katanya? Memang tidak salah juga, asalkan didapat dengan cara yang halal. Makanya akhir bulan sekarang ini menjadi momok menakutkan bagi yang sudah bekeluarga maupun kalangan pemuda.

Nah, begitu juga dengan anak rantau yang hidup di kota. Malahan harus berfikir dua kali lipat apabila akhir bulan tiba, karena kebanyakan anak rantau dari kalangan mahasiswa masih menerima kiriman uang dari orang tua di desa. Walaupun ada yang bekerja sampingan dan juga menerima beasiswa, namun tidak bisa dipungkiri masih banyak mahasiswa rantau yang kelaparan diakhir bulan. Maka dari itu berikut tips supaya rekan muda tidak kelaparan diakhir bulan.

1. Belajar memenej keuangan rekan muda dengan baik


belajar memenej keuangan rekan muda dengan baik

Waktu senang-senangnya anak kos biasanya adalah pada awal – awal bulan, biasa dimulai dari tanggal 3 hingga tanggal 10. Karena pada masa – masa itu anak kos kosan kebanykan ditransferin duit dari kampung oleh orangtuanya.

Tapi masa kejayaan itu begitu cepat hancur, hal ini mungkin dikarenakan gaya hidup boros anak kos kosan. Tidak salah boros apalagi tidak tiap hari, namun akhirnya kan sakit sendiri kalo sudah memasuki pertengahan hingga akhir bulan, bisa-bisa puasa 7 hari 7 malam kalo tidak ada teman yang mau bantu pinjaman.

Supaya kejayaan rekan muda tetap awet hingga bulan berikutnya, belajrlah untuk memenej dengan baik keuangan rekan muda. Sisihkan sedikit uang untuk jajan, untuk makan, untuk operasional sekolah atau kuliah, untuk beli buku dan untuk hangout. Setelah rekan muda tetapin diawal, jangan coba–coba mengambil uang yang sudah disisihkan untuk keperluan lainnya. Bisa-bisa hancur strategi rekan muda.

Keuntungan rekan muda dalam mempraktekan jurus ini dengan baik dan konsisten, secara tidak sadar rekan muda akan punya tabungan sendiri. Karena bisa jadi tidak semua uang yang udah rekan muda sisihkan terpakai.

2. List dan beli stok bahan baku dapur yang dibutuhkan selama sebulan, setelah terima uang transferan


list dan beli stok bahan baku dapur

Kalo rekan muda tidak pinter memenej keuangan, tips ini bisa dipake supaya diakhir bulan hidup rekan muda bisa terselamatkan tanpa hutang. Yaitu dengan cara men-stok bahan baku makanan selama sebulan.

Kalau tidak punya dapur itu bukan masalah, tapi usahakan rekan muda punya rice cooker ya, yaitu pemasak/pemanas nasi. Alat ini memiliki multi fungsi, selain masak nasi, juga bisa digunakan untuk memasak sayur, merebus telur, bikin bubur hingga menggoreng. Jadi, bahan apa aja yang harus rekan muda stok? Yang pasti bahan yang awet dan tahan lama. Seperti minyak makan, beras, telur atau mie instan.

3. Jangan malu dalam bernegosiasi


jangan malu dalam bernegosiasi

Kemampuan bernegosiasi memang bisa menyelamatkan rekan muda dari kelaparan. Ini sudah terbukti hasilnya. Dengan kemampuan rekan muda dalam bernegosiasi, rekan muda bisa saja makan di warung tanpa bayar.

Bagaimana caranya? apakah menghipnotis tukang warung? salah! Caranya ialah Ngutang.

Tidak semua warung bisa begitu saja memberi rekan muda kebebasan untuk melakukan bon alias ngutang. Butuh sebuah kepercayaan dari si pemilik warung. Dan hal ini membutuhkan skill yang mumpuni dan jam terbang yang tinggi dalam hal bernegosiasi.

Keistimewaan lain kalo rekan muda lihai dengan yang satu ini, rekan muda bisa mendapatkan pinjaman modal hidup dari siapapun yang rekan muda mau. NamunI, kalau sudah minjam atau ngutang, jangan lupalah untuk dibalikin atau dilunasin. Kesatria sejati itu ialah mereka yang mau lunasin hutang.

4. Mengirit pengeluaran, bukan berarti pelit


mengirit pengeluaran, bukan berarti pelit

Menghemat pengeluaran perlu sekali rekan muda lakukan sejak dini, apalagi buat anak kos-kosan yang kiriman bulananya cuma cukup untuk makan setengah bulan saja.

Kurangilah kegiatan–kegiatan yang tidak penting dan mengeluarkan modal banyak. Kalaulah bisa ke sekolah naik sepeda, jangan naik motor. Keuntungan lain dengan bersepeda badan rekan muda lebih sehat, dan kantong rekan muda tetap terawat.

Bagi seorang anak kos-kosan sejati, makan itu untuk bertahan hidup, bukan hidup untuk makan sepuasnya. Jadi, makanan yang dikonsumsi juga perlu rekan muda perhatikan, bukan hanya nilai gizinya, namun nilai ekonomisnya. Dan yang paling utama adalah kesehatan makanan itu sendiri.

5. Membuka bisnis tipe anak kos-kosan


membuka bisnis tipe anak kos-kosan

Sudah tidak zaman lagi hanya berharap duit orangtua saja untuk menopang kehidupan rekan muda selaku anak kos-kosan. Cobalah kurangi beban mereka, paling tidak dengan rekan muda punya penghasilan walaupun cuma sedikit, hal itu akan membuat senyum mereka makin lebar, karena melihat anaknya punya mental pejuang sejati.

Bisnis anak kos-kosan banyak sekali yang dapat dicoba, rekan muda bisa menjalankan salah satu dari sekian banyak model bisnis ala anak kos-kosan. rekan muda tidak perlu takut gagal, karena banyak model bisnis yang tidak butuhin modal, syaratnya cukup kemauan saja.

Cobalah rekan muda baca artikel Peluang Usaha bagi Pelajar dan Mahasiswa ini, mungkin bisa menginspirasi untuk memulai usaha. Selamat mencoba!