Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Pekerjaan Kreatif yang Makin Populer Tahun 2021

6 pekerjaan kreatif yang makin populer tahun 2020

Tahun 2021 sudah didepan mata, dan rekan muda masih galau tentang pekerjaan. Sudah banyak melakukan lamaran kerja baik di pemerintahan maupun swasta, namun hasilnya tetap nihil.

Jagan khawatir rekan muda, banyak pekrjaan yang bisa dicoba selain menjadi pegawai. Bahkan ada pekerjaan yang membuat rekan muda bebas dalam berekspresi tanpa harus diperintah.

Ya, pekerjaan kreatif memang sedang populer saat ini. Dan berkemungkinan masih tetap eksis di tahun 2021, bahkan ada yang berpeluang menanjak derastis ditahun 2021 mendatang.

Apa saja pekerjaan tersebut?

1. Pendesain visual alias Desainer grafis


pendesain visual alias Desainer grafis

Warna-warni gambar selalu mampu memikat dan mendorong keingintahuan dari mereka yang melihatnya. Apalagi daya tangkap manusia cenderung lebih cepat mencerna materi-materi visual.

Agar menghasilkan materi yang mempesoana, pekerjaan ini pun membutuhkan sentuhan keahlian yang spesial untuk memberikan nyawa terhadap sebuah gambar.

Dengan begitu berkreasi sebagai desainer grafis masih menjadi pekerjaan kreatif yang banyak dicari hingga saat ini.

2. Menjadi Youtuber


menjadi youtuber

Sepuluh tahun yang lalu tidak ada yang menduga bahwa platform YouTube bisa menghasilkan keuntungan yang luar biasa bagi penggunanya.

Namun lihatlah sekarang, bersamaan dengan meningkatnya akses internet melalui media ponsel, bermunculan jutaan kreator-kreator konten YouTube.

Mencontoh cara kerja populer dari bloger, konten-konten ulasan dari YouTuber semakin banyak dibutuhkan untuk menciptakan branding sebuah perusahaan.

3. Mengembangkan Apps developer


mengembangkan apps developer

Dengan perkembangan teknologi, banyak bisnis hadir dalam tampilan mobile-friendly. Bukan hanya pelaku bisnis lama, beberapa startup tidak kalah kreatif dalam memaksimalkan aplikasi berbasis ponsel untuk menunjang perilaku konsumen mereka.

Seorang pekerja apps developer akan sangat dibutuhkan jasanya karena sistem operasi smartphone dan komputer juga selalu berkembang tiap tahunya.

4. Penulis (Artikel, Buku, Dll)


penulis

Untuk melengkapi komposisi kerja kreatif zaman modern, seorang penulis artikel mendapatkan posisi sebagai “messenger” dalam situs maupun kanal media sosial suatu perusahaan.

Berpikir dengan terbuka, cermat memahami arahan, dan berpedoman pada ejaan resmi merupakan keunggulan terlatih yang membuat kerja penulis artikel maupun buku tidak bisa dianggap sebelah mata.

5. Menjadi Fotografer


menjadi fotografer

Semua bisnis yang dijalankan membutuhkan pekerjaan yang satu ini. Meskipun kemampuan menghasilkan foto bisa dipelajari semua kalangan, akan tetapi penentuan angle, pengaturan exposure, bahkan prediksi gerakan dan ekspresi objek, hanya bisa ditemukan pada fotografer yang profesional dan banyak pengalaman.

6. Seorang Komikus


seorang komikus

Proses kreatif bidang komik sempat dianggap remeh ketika berbagai bisnis beralih ke ranah online. Namun pada perkembangannya ternyata dampak peralihan tersebut tidak melemahkan kreativitas para komikus.

Terbantu kepopuleran LINE Web Toon, berbagai media lain berbondong-bondong bekerjasama dengan komikus modern, sehingga membuat profesi ini akan tetap dicari oleh segmen industri hiburan.

Bekerja tidak melulu tentang menjadi pegawai, kita juga bisa menjadikan hobi kita sebagai pekerjaan. Bahkan banyak orang sukses dibidang tertentu karena hobi mereka memang disitu.

Luar biasa kali bukan? kalau kita bisa bekerja dengan apa yang kita sukai. Selamat mencoba ya!

Posting Komentar untuk "6 Pekerjaan Kreatif yang Makin Populer Tahun 2021"