7 Cara Ampuh Lolos Pertukaran Pemuda

7 cara ampuh lolos pertukaran pemuda

Punya mimpi supaya bisa jalan-jalan ke luar negeri dengan fasilitas oke dan predikat kece untuk mewakili kampus atau negara? Berarti Rekan Muda wajib mencoba peruntunganmu dengan mengikuti seleksi pertukaran mahasiswa atau pemuda ke luar negeri. Memang sedikit berbeda dengan program beasiswa reguler, program pertukaran biasanya durasinya relatif singkat dan sangat menekankan soal pengalaman ‘bertukar’ budaya dan informasi dengan negara yang akan dituju, misalnya pertukaran budaya pemuda Indonesia ke Jepang.

Kebanyakan hampir setiap semester universitas-universitas punya program pertukaran menarik yang bisa Rekan Muda coba. Pemerintah Indonesia juga punya program pertukaran pemuda setiap tahunnya, tentunya dengan beragam pilihan negara yang bisa Rekan Muda pilih. Berikut tips untuk mempersiapkan diri Rekan Muda dalam mengikuti beasiswa tersebut.

1. Jeli melihat peluang dan rajin mengumpulkan informasi


jeli melihat peluang dan rajin mengumpulkan informasi

Banyak sekali mahasiswa atau pemuda yang mengeluh sulitnya mereka menemukan informasi pertukaran mahasiswa atau pemuda ke luar negeri. Padahal Rekan Muda yang harusnya lebih aktif dan jeli menggali informasi, karena biasanya infonya tidak terlalu heboh. Makanya rajin-rajinlah mengecek papan pengumuman kampus atau fakultas Rekan Muda. Atau kalau mau dapat info pertukaran pemuda Indonesia, wajib rajin-rajin mengecek informasi di situs atau kantor Dinas Pemuda dan Olahraga di Provinsi masing-masing.

2. Gali potensi lain yang tersembunyi dalam diri


gali potensi lain yang tersembunyi dalam diri

Orang berpikiran bahwa orang-orang yang terpilih seleksi pertukaran pemuda atau mahasiswa itu adalah orang yang sangat pintar (IPK-nya hampir 4) atau bisa dibilang jenius. Padahal tidak juga. Memang latar belakang studi juga akan jadi bahan pertimbangan, tapi itu bukan poin utama dalam penilaian. Jadi penting buat Rekan Muda punya kemampuan lain yang bisa keliatan beda dari peserta seleksi lain. Misalnya pandai berpuisi, lihai berpidato, ahli gitar akustik atau menari dan lainya.

3. Banyak ikut organisasi atau kegiatan sosial


banyak ikut organisasi atau kegiatan sosial

Saat Rekan Muda telusuri siapa aja orang-orang yang sukses terpilih sebagai peserta pertukaran sebelumnya, Rekan Muda pasti akan sadar bahwa rata-rata mereka punya latar belakang berorganisasi yang cukup kuat. Bahkan mungkin mereka merupakan penggagas utama sebuah kegiatan sosial di daerah mereka tempati. Itulah sebabnya mengapa penting buat Rekan Muda untuk punya kepekaan sosial yang tinggi dan bergabung dalam kegiatan-kegiatan sosial, dijamin itu akan membuat Rekan Muda semakin dilirik saat seleksi pertukaran.

4. Tingkatkan berbahasa asing, cobalah bahasa baru selain bahasa Inggris


tingkatkan berbahasa asing, cobalah bahasa baru selain bahasa Inggris

Merasa ragu untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris Rekan Muda? Please, jangan lakukan itu! Bahasa Inggris penting banget buat Rekan Muda kuasai sebagai modal utama. Jauh-jauh hari persiapkan juga seritifikat bahasa yang mendukung, misal sertifikast IELTS atau TOEFL yang resmi. Kalau bisa, kuasai juga bahasa asing lainnya, misal bahasa Mandarin, Jepang atau Korea. Yang pasti, kemampuan bahasa Indonesia juga tetap wajib diutamakan, oke!

5. Rajin mengikuti isu-isu sosial yang sedang hits


rajin mengikuti isu-isu sosial yang sedang hits

Sebagai seorang calon pertukaran pemuda yang akan mewakili kampus atau negara, mengikuti isu-isu sosial yang sedang hangat di Indonesia dan dunia luar akan jadi poin plus buat Rekan Muda. Selain bisa keliatan penuh persiapan, juga akan keliatan cerdas dan punya banyak topik obrolan menarik.

6. Perbanyak bergaul atau bersosialisasi yang positif


perbanyak bergaul atau bersosialisasi yang positif

Mengapa attitude atau tingkah laku yang baik sangat penting untuk diperhatikan dalam seleksi pertukaran mahasiswa atau pemuda? Iya, Karena saat pertukaran, besar kemungkinan Rekan Muda akan berhadapan dengan banyak pihak dengan ragam latar belakang. Ramah, supel dan pintar menempatkan diri adalah syarat penting yang harus Rekan Muda miliki, di samping memiliki otak yang cerdas tentunya. Banyak sekali kandidat kuat gugur hanya gara-gara alasan ‘attitude‘ yang terlihat sepele ini.

7. Lakukan yang terbaik saat saat sesi wawancara


lakukan yang terbaik saat saat sesi wawancara

Banyak yang tidak tahu kalau tahap wawancara terkadang merupakan tahap yang paling krusial karena disinilah tim penilai dapat melihat kemampuan berkomunikasi Rekan Muda, wawasan dan motivasi. Intinya adalah bersikap tenang, bersahaja, rendah hati dan punya motivasi yang kuat untuk meningkatkan kualitas diri. Penting juga untuk menunjukan loyalitas Rekan Muda pada kampus atau negara, karena hanya Universitas dan Negara Rekan Muda yang nantinya akan diwakilkan. Siapkan diri baik-baik untuk tahapan ini, oke.

Terakhir, ingat bahwa lolos atau tidaknya Rekan Muda nanti adalah hak prerogatif dari tim penilai, jadi apapun keputusannya harus tetap semangat, oke. Sejak awal siapkan diri untuk apapun keputusan akhir dan jangan ragu untuk terus mencoba pantang mundur program-program pertukaran yang Rekan Muda incar. Persiapkan diri sedini dan semaksimal mungkin tanpa banyak berharap karena kalau rejeki pasti nggak akan kemana, yakan. Semangat dan semoga sukses oke!

Posting Komentar untuk "7 Cara Ampuh Lolos Pertukaran Pemuda"