Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Memulai Usaha Bisnis dari Nol

7 tips memulai usaha bisnis dari nol

Membuka suatu usaha yang baru dan memulainya dari nol, tidaklah semudah seperti yang kita bayangkan. Banyak hal yang harus kita ketahui dan rencanakan sebelum melakukan hal tersebut. Berikut tips yang dapat rekan muda coba.

1. Menentukan Jenis Usaha


menentukan jenis usaha

Sebelum memutuskan membuka usaha sendiri, sangat penting bagi rekan muda untuk menentukan jenis usaha dan melihat peluang bisnis saat ini yang memiliki prospek cerah kedepan.

Sebaiknya jenis usaha tersebut harus sesuai dengan minat dan keahlian rekan muda. Karena sia-sia menjalankan usaha tapi rekan muda tidak menyukainya. Nantinya rekan muda akan setengah hati menjalankan usaha tersebut. Bahkan lebih parah, rekan muda bisa menyerah ditengah jalan ketika merasa bisnis tidak sesuai yang diharapkan.

Dengan merintis jenis usaha yang sesuai dengan minat dan keahlian rekan muda. Saya yakin, rekan muda pasti akan senang dalam menjalankan usaha tersebut.

2. Melakukan Survei


melakukan survei

Langkah kedua ialah melakukan survei langsung dilapangan. Hal ini sangat perlu bagi rekan muda untuk mengetahui seberapa besar peluang usaha tersebut.

Berikut survei yang harus rekan muda lakukan:

Lihat jumlah persaingan

Lihatlah tingkat persaingan usaha yang sejenis dengan usaha rekan muda.Berapa banyak orang yang telah menjalani usaha yang sama. rekan muda juga harus mencari informasi mengenai kualitas dan ciri khas produk, prosedur pelayanan dan harga yang mereka tawarkan. Sehingga, rekan muda akan memiliki strategi untuk bersaing dengan para pengusaha yang sejenis.

Cari lokasi yang strategis

Survei tempat atau lokasi juga perlu rekan muda lakukan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui dimana kira-kira lokasi yang sesuai dengan bisnis rekan muda.

Perilaku Konsumen

Perilaku konsumen sangat perlu rekan muda perhatikan. Kalau bisa buka jenis usaha yang memiliki banyak peminat dan daya beli tinggi dari konsumen. Karena sebagus apapun usaha yang rekan muda jalankan, jika daya beli konsumen rendah akan berpengaruh terhadap bisnis tersebut.

3. Siapkan Modal


siapkan modal

Memulai usaha dari nol bukan berarti tidak perlu modal sama sekali. Rekan muda tetap membutuhkan modal untuk mengawali usaha. Modal yang rekan muda butuhkan tergantung usaha yang ingin rekan muda buka.

4. Buat perencanaan yang matang


buat perencanaan yang matang

Membuka usaha sendiri dengan modal kecil bukan berarti bisa asal-asalan. rekan muda butuh persiapan dan perencanaan yang matang dalam memulai usaha tersebut. Hal ini untuk mengurangi penyebab terjadinya kegagalan dalam sebuah usaha.

5. Lakukan promosi produk


lakukan promosi produk

Satu hal yang perlu rekan muda ketahui, Sebagus apapun produk yang rekan muda sajikan, tidak lantas membuat banyak konsumen berdatangan untuk membeli produk rekan muda. Maka sebab itu, lakukanlah promosi untuk memperkenalkan produk rekan muda. Banyak sekali media saat ini yang dapat rekan muda manfaatkan sebagai tempat promosi.

6. Perbanyak jaringan "Networking"


perbanyak jaringan

Networking adalah jaringan pertemanan dengan orang lain agar saling menguntungkan. Membangun jaringan dengan sesama rekan tidaklah membuat saingan rekan muda bertambah. Justru mereka dapat membantu dalam meningkatkan promosi usaha rekan muda.

7. Kuatkan mental


kuatkan mental

Kunci sebuah keberhasilan dalam merintis usaha sendiri dari nol ialah mental yang kuat dan sikap militan yang pantang menyerah. Rekan muda harus mampu melewati masa-masa sulit selama menjalankan usaha tersebut. Berikut ada 11 Tips Jitu Menguatkan Mental yang patut rekan muda coba.

Menjadi wiraswasta tidaklah mudah, tetapi bukan tidak mungkin untuk bisa kita lakukan. Banyak orang sukses karena berwiraswasta. Tanamkan niat yang kuat bahwa rekan muda bisa, dan dapat membantu orang banyak dikemudian hari dengan membuka lapangan kerja yang baru.

Selamat Mencoba!

Posting Komentar untuk "7 Tips Memulai Usaha Bisnis dari Nol"