-->

5 Cara Sederhana Keringkan Cucian di Musim Hujan

5 cara sederhana keringkan cucian di musim hujan

Hujan merupakan berkah dari Allah, dan kita patut mensyukurinya sebagai hamba. Namun apa jadinya jika hujan tidak kunjung reda berhari-hari seperti pada musim penghujan, tentu banyak pekerjaan kita yang terganggu.

Salah satunya cucian kita yang tidak kunjung kering, tapi tidak lantas kita bisa mengeluh dengan keaadaan tersebut. Alangkah bijaknya, sebagai manusia yang diberikan keistimewaan akal, kita memikirkan cara untuk mengakali hal tersebut.

Nah, berikut ada bebrapa tips untuk mengeringkan cucian di musim hujan ala anak kos-kosan.

1. Buat Jemuran Baru di Tempat Strategis


buat jemuran baru di tempat strategis

Jika rekan muda sudah kehabisan lahan buat jemur cucian, rekan muda harus berani buat kawat jemuran baru di tempat yang lebih strategis seperti teras di lantai dua, emperan rumah, loteng, bahkan atap genteng. Gunakan kreativitas dan daya cipta rekan muda untuk membuat tempat jemuran baru yang strategis dan mudah agan akses. Dengan begini teman kos rekan muda juga terbantu dengan adanya tempat jemuran baru buatan rekan muda.

2. Gunakan Kipas Angingunakan kipas angin


Masa kini, hampir semua anak kos memiliki kipas angin. Sebab itu, manfaatkanlah kipas angin buat ngebantu pengeringan cucian rekan muda. Jika kipas sudah siap, letakkan cucian di depan kipas. Dalam waktu semalaman, cucian rekan muda setidaknya sudah jauh lebih kering. Tetapi, cara ini hanya bisa digunakan untuk cucian dalam skala kecil. Jika cuciannya banyak, tentu hasilnya tidak akan optimal.

3. Pakai jurus “GERCEP” (Cerah Jemur, Mendung Angkat)


pakai jurus gercep

Pada musim penghujan, intensitas sinar matahari yang sampai ke permukaan bumi relatif berkurang karena sering terhalang awan mendung. Oleh sebab itu, rekan muda harus pinter-pinter manfaatin kesempatan. Setiap terlihat cuaca cerah, rekan muda harus segera menjemur cucian. Tapi rekan muda juga harus siap siaga ketika awan pekat sudah bergelayut di atas kos-kosan. Rekan muda harus segera ber-gerak cepat (GERCEP) buat angkat jemuran ke tempat yang lebih aman.

4. Lakukan Hanger Games


lakukan hanger games

Jika stok hanger rekan muda terbatas, rekan muda harus pinter-pinter manfaatin hanger buat jemur beberapa pakaian sekaligus. Cara ini juga bisa digunakan ketika menghadapi lahan jemuran yang sempit, apakah karena kurangnya kawat jemuran atau karena emang lagi banyak anak kos yang jemur baju. Dengan menggunakan 1 hanger untuk beberapa pakaian sekaligus rekan muda bisa menjemur lebih efektif dan efisien di tengah dinginnya musim hujan dan ketatnya perebutan lahan jemuran dengan penghuni kos yang lain.

5. Gunakan jasa Laundry/Cuci Kering (jalan terakhir)


gunakan jasa laundry

Tidaj perlu diragukan, laundry adalah jalan terakhir yang bisa rekan muda tempuh jika lagi kepepet harus nyuci secepatnya. Apalagi saat ini banyak jasa laundry yang terbilang aman untuk kantong anak kos. Akan tetapi, untuk menghadapi kondisi kepepet, ada baiknya rekan muda mulai menyisihkan uang buat cadangan ongkos ke laundry.