Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Menjadi Mahasiswa Kura-Kura

5 manfaat menjadi mahasiswa kura-kura

Rekan muda pasti pernah melihat banyak sekali tipe mahasiswa di kampus. Salah satunya mahasiswa kura kura (kuliah rapat - kuliah rapat). Tidak hanya aktif di organisasi kemahasiswaan, mahasiswa kura kura juga sering tergabung dalam kepanitiaan berbagai even di kampus.

Nah, apasih keuntungan kuliah sambil aktif berorganisasi? Berikut keuntungan menjadi mahasiswa kura-kura!

1. Memperoleh modal kerja


memperoleh modal kerja

Efeknya memang tidak langsung, namun akan rekan muda rasakan setelah lulus dan melamar kerja. Mayoritas perusahaan memberikan nilai plus buat pelamar yang punya pengalaman aktif dalam berorganisasi. Karena perusahaan percaya jika kandidat yang aktif berorganisasi akan lebih terbiasa dengan kesibukan dan sudah sering menjalankan tanggung jawab.

2. Terlihat eksis


terlihat eksis

Anggota organisasi banyak terdiri dari mahasiswa berbagai angkatan. Tidak cuma teman-teman sekelas atau seangkatan, rekan muda juga bisa kenal sama kakak dan adik kelas. Percayalah semakin banyak kenal sama orang akan memberikan lebih banyak manfaat positif buat rekan muda di kemudian hari. Rekan muda juga bisa bertanya sama kakak kelas tempat membeli buku murah, mata kuliah apa yang cocok buat diambil, tips menghadapi dosen tertentu, dan masih banyak hal lainya.

3. Mengasah dan menambah softskill


mengasah dan menambah softskill

Prestasi akademik memang sangat penting. Tapi softskill juga tidak kalah penting buat rekan muda asah. Dengan aktif di organisasi, rekan muda terbiasa berinteraksi dengan berbagai macam karakter, bisa mengatur waktu, gampang bekerjasama dalam tim, dan sederet keuntungan lain. Buat rekan muda yang pada dasarnya pemalu dan susah buat bergaul sama orang baru alias introvert, aktif di organisasi juga bisa dijadikan sebagai tempat berlatih buat jadi lebih fleksibel. Berikut softskill yang akan rekan muda dapatkan dalam berorganisasi:
  • Communication skill
  • Teamwork capability
  • Self-management
  • Time management
  • Negotiating skill

4. Menjadi lebih aktif dan kritis


menjadi lebih aktif dan kritis

Terasahnya softskill dengan baik akan menjadikan rekan muda pribadi yang aktif nan kritis terhadap berbagai macam hal yang ada disekitar lingkungan rekan muda. Salah satu tanda bahwa rekan muda mulai menjadi pribadi yang aktif adalah timbulnya kecenderungan untuk menanggapi berbagai macam hal dari sudut pandang yang lebih berbeda.

5. Banyak relasi dan tempat bertanya


banyak relasi dan tempat bertanya

Tidak cuma dari segi pergaulan, gabung di organisasi bakal buat rekan muda lebih dikenal sama dosen dan staf kampus. Contohnya seperti waktu mengajukan proposal atau buat surat izin. Kenal dengan dosen dan staf kampus bikin rekan muda gampang jika mau bertanya mengenai segala hal yang berhubungan sama perkuliahan. Dan tentunya punya pengaruh waktu kita mau buat skripsi juga untuk kedepanya.

Posting Komentar untuk "5 Manfaat Menjadi Mahasiswa Kura-Kura"