-->

7 Cara Menjadi Pribadi yang Fokus dan Konsisten

7 cara menjadi pribadi yang fokus dan konsisten

Orang beranggapan memulai sesuatu itu sangat sulit, kenyataanya ada yang lebih sulit daripada memulai sesuatu. Tepat, dua kata itu adalah “Fokus dan Konsisten” menjadi momok yang sangat menakutkan bagi siapa saja pelaku bisnis maupun profesi yang lainnya.

Ada beberapa tips yang dapat rekan muda terapkan, agar bisa fokus dan konsisten dalam menjalankan sesuatu, terutama bagi rekan muda para pebisnis.

1. Ubahlah cara berpikir atau mindset


ubahlah cara berpikir atau mindset

Dalam menjalankan suatu bisnis atau pekerjaan apapun, agar rekan muda tetap bisa fokus dan konsisten, pelan-pelan mulailah rubah cara berpikir rekan muda. Yaitu cara berpikir yang menganggap bahwa hal yang rekan muda lakukan ini terasa berat. Ubahlah sudut pandang seperti itu, pelan-pelan saja sambil nikmati step by step progress perjalan bisnis atau pekerjaan rekan muda.

2. Gubahlah cara berpikir atau mindset


gubahlah cara berpikir atau mindset

Jangan langsung menyerah ketika rekan muda belum berhasil, berilah waktu beberapa saat untuk menenangkan pikiran rekan muda, istirahatlah sebentar untuk menyegarkan tubuh dan otak kita, jangan menghancurkan begitu saja hal yang rekan muda mulai dari awal.

3. Utamakan prioritas


utamakan prioritas

Penulis buku laris "The 7 Habits of Highly Effective People" Stephen Covey, menyatakan bahwa inilah rahasia terbesar dari konsistensi. Bila rekan muda ingin melakukan sesuatu secara konsisten, rekan muda harus membangun kehidupan di sekitarnya, bukan menjejalkannya di sela-sela kegiatan lain. Rekan muda perlu menjadwalkan prioritas, bukan menyelipkan prioritas ke dalam jadwal. Perbedaan kecil, tapi signifikan.

4. Selesaikan hal yang tertinggal


selesaikan hal yang tertinggal

Jangan anggap bahwa rekan muda lupa dalam sehari saja, artinya rekan muda gagal total. Seperti menunggang kuda, jatuh sesekali itu tidak mengapa, dan kemungkinan besar rekan muda akan mengalaminya. Semua orang akan mengalaminya. Tapi jika rekan muda menghabiskan waktu untuk menyalahkan diri sendiri, kudanya akan pergi jauh dan rekan muda tidak akan bisa menungganginya lagi.

5. Jangan bawa perasaan (BAPER)


jangan bawa perasaan

Pasti ada hari di mana rekan muda merasa tidak ingin bekerja dan ingin malas-malasan, terlepas dari betapa cintanya rekan muda akan pekerjaan ini. Jangankan untuk bekerja, rekan muda bahkan merasa tidak ingin melakukan apa pun. Tapi cobalah melatih diri untuk mengabaikan kata-kata di kepala rekan muda itu, karena rekan muda akan sadar tentang kekuatan dan pentingnya perilaku konsisten.

6. Pilihlah hal yang urgent untuk diperjuangkan




Lebih baik rekan muda memilih satu hal saja dan fokus pada hal tersebut. Kenapa ya? Karena selaku manusia, kita memiliki kapasitas kekuatan tekad dan kedisiplinan yang terbatas. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bila rekan muda berusaha untuk, contohnya ingin berhenti merokok sambil diet bersamaan, rekan muda justru akan gagal di keduanya.

7. Berpegangang pada tujuan utama


berpegangang pada tujuan utama

Agar rekan muda bisa konsisten menjalankan sesuatu dalam jangka panjang, rekan muda harus punya visi jelas tentang apa yang ingin Rekan Muda capai, dan tahu mengapa rekan muda menginginkannya. Sebagai contoh, rekan muda akan lebih mudah menabung bila tabungan itu akan rekan muda gunakan untuk sesuatu yang penting, misalnya pembelian rumah atau liburan sekali seumur hidup.

Fokus daan konsisten memang merupakan hal yaang sangat sulit untuk diterapkan tanpa ada kemauan yang tinggi dari kita sendiri. Tapi dua hal tersebutlah yang menjadi saksi utama kesuksesan kita. So, just do it!