7 Hal Wajib Dicoba Mahasiswa Saat Libur Semester

7 hal wajib dicoba mahasiswa saat libur semester

Memang tidak tanggung-tanggung biasanya liburan semester bisa berdurasi hingga satu bulan lebih. Faktanya dengan berdiam diri di rumah lebih dari seminggu saja bisa buat rekan muda mati gaya. Maka dari itu, ada baiknya rekan muda perlu mengetahui beberapa hal yang bisa rekan muda lakukan saat libur panjang semester. Selain bisa menyenangkan, pastinya kegiatan-kegiatan berikut ini bisa membuat rekan muda melakukan sesuatu kegiatan yang bermanfaat untuk semester selanjutnya:

1. Sibukan Diri dengan Mencari Beasiswa


sibukan diri dengan mencari beasiswa

Ketika memasuki semester baru, biasanya akan banyak perusahaan yang membuka kesempatan pemberian beasiswa kepada mahasiswa dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Tugas rekan muda adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya dan memenuhi semua persyaratan yang diajukan. Rekan muda bisa mencarinya via internet, ataupun dengan follow media sosial perusahaan-perusahaan yang biasanya memberikan beasiswa supaya rekan muda selalu update dengan hal baru. Dan sudah pasti jika dana beasiswa bisa meringankan beban rekan muda.

2. Siapkan Barang untuk keperluan Semester Selanjutnya


siapkan barang untuk keperluan semester selanjutnya

Pertama-tama yang perlu rekan muda buat ialah daftar barangnya terlebih dahulu untuk persiapan kuliah. Bukan hanya benda dan alat yang berhubungan dengan kegiatan belajar saja, tapi juga kebutuhan hidup apabila rekan muda indekos, seperti barang-barang perawatan kebersihan, dll. Jika sudah dipersiapkan dengan matang sejak lama, pasti akan lebih terorganisir.

3. Kepoin Buku yang Diperlukan pada Semester Depan


kepoin buku yang diperlukan pada semester depan

Cara ini bisa rekan muda tanyakan pada senior yang sudah pernah melewati mata kuliah yang akan rekan muda hadapi di semester selanjutnya. Dengan mencari tahu jenis buku yang diperlukan kedepannya, rekan muda bisa memperkirakan budget yang dibutuhkan untuk membeli buku-buku tersebut, terlebih jika buku yang rekan muda perlukan adalah textbook yang biasanya relatif mahal. Dan rekan muda juga akan untung jika cepat meminjam sebuah buku yang terbatas di kampus rekan muda.

4. Bersihkan dan tertibkan Akun Social Media Rekan Muda


bersihkan dan tertibkan akun social media

Semakin tinggi tingkat semester rekan muda, maka sebaiknya rekan muda makin bersikap profesional dan dewasa karena akan semakin mendekati dunia kerja yang sesungguhnya. Oleh karenanya tidak salah jika rekan muda sudah mulai mengatur social media yang rekan muda mainkan, contohnya menghapus konten-konten lalu yang kurang baik, dan mulai aktif untuk memperhatikan akun LinkedIn untuk memperluas jaringan rekan muda.

5. Mengulang Hobi Lama atau Mengenal Skill Baru


mengulang hobi lama atau mengenal skill baru

Memiliki hobi yang lama saat zaman-zaman sekolah yang justru sudah jarang dilakukan karena padatnya aktivitas kuliah? Liburan kali ini saatnya lakukan hobi tersebut. Rekan muda juga bisa menemukan skill-skill baru yang mungkin belum disadari, contohnya rekan muda meningkatkan kemampuan desain dengan belajar Photoshop, atau mempelajari Microsoft Office lebih dalam lagi. Saat sudah lulus kuliah hal-hal tersebut pasti sangatlah berguna.

6. Liburan dengan Optimal (jangan berlebihan)


liburan dengan optimal

Kita tahu bahwa tugas-tugas kuliah bisa sangat membuat kita sibuk. Jangankan ingin berlibur saat sudah masuk kuliah, ketika sedang banyak tugas jara kurang tidur, itulah hal yang sering terjadi. Maka dari itu, jangan abaikan kesempatan waktu liburan ini untuk berlibur bersama teman-teman atau mungkin keluarga rekan muda.

7. Mengikuti atau Mengadakan Kegiatan yang Bisa Memperkaya Isi CV


mengikuti atau mengadakan kegiatan yang bisa memperkaya isi cv

ketika masa liburan seperti ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan hal-hal yang bisa membuat CV-rekan muda makin menarik dengan pengalaman-pengalaman. Contohnya dengan melakukan magang, menjadi volunteer, atau bahkan mengikuti pelatihan-pelatihan khusus yang sedang dilaksanakan. Apalagi untuk rekan muda mahasiswa tingkat akhir yang sebentar lagi akan berhadapan dengan dunia kerja sesungguhnya, tentu hal itu sanagt membant.

Liburan memang bukan berarti tidak melakukan apa-apa, buang sifat Mager dan terus bergerak. Seperti melakukan beberapa hal di atas, denagn demikan rekan muda bisa membuat liburan jadi lebih bermanfaat. Selamat Mencoba!

Posting Komentar untuk "7 Hal Wajib Dicoba Mahasiswa Saat Libur Semester"