-->

5 Tips Anak Muda Tetap Istiqamah

5 tips bagi anak muda agar tetap istiqamah

Rekan muda, dalam melakukan perubahan sebenarnya tidaklah terlalu susah, selama ini banyak diantara kita terlalu sibuk untuk mencari bahkan cenderung takut untuk berubah dalam hal baik. Sebenarnya yang paling rumit dalam menjalankan perubahan pada diri kita adalah kesetiaan terhadap perubahan tersebut atau sering disebut dengan kata Istiqamah.

Nah, dalam ke-istiqamahan sangat diperlukan bagi pribadi kita dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam berbuat kebajikan, namun tidak bisa dipungkiri hal tersebut sangat sulit untuk kita jalankan.

Jadi, berikut ada beberpa tips untuk Rekan muda tetap Istiqamah dalam melakukan kebaikan:

1. Niat Ikhlas


niat ikhlas

Ini merupakan pintu utama dalam melakukan sesuatu kebaikan, yaitu pintu yang dapat mengantarkan seseorang supaya tetap istiqamah dalam hidupnya sehingga ia dapat berjumpa dengan Allah dalam keadaan bahagia kelak.

2. Berdo’a untuk Diberikan Keistiqamahan


berdo’a untuk diberikan keistiqamahan

Rekan muda, semua manusia membutuhkan tempat untuk meminta dan mengadu, tempat yang paling sempurna ialah memita langsung kepada Sang-Pencipta kita Allah SWT. Do’a merupakan senjata seorang muslim yang sangat ampuh. Maka dari itu hendaklah sebagai muslim banyak berdo’a kepada Allah agar diberikan keistiqamahan dalam hati kita.

3. Yakin Akan Manfaat yang Didapatkan ketika Istiqamah


yakin akan manfaat yang didapatkan ketika istiqamah

Istiqamah merupakan perkara yang membutuhkan perjuangan yang sangat besar, tentunya orang yang dapat berada dalam istiqamah akan mendapatkan manfaat dan imbalan yang besar sebagai balasan atas usaha yang telah dilakukan.

4. Pilihlah Teman yang Baik


pilihlah teman yang baik

Rekan muda pasti sudah sering mendengar hadits yang masyhur dari Rasulullah SAW, tentang bagaimana gambaran teman yang baik dan teman yang disebut buruk, dimana Beliau mengumpamakan teman yang baik sebagai penjual parfum dan teman yang buruk sebagai tukang bengkel atau pandai besi.

Dimana jika kita dekat sama penjual parfum, maka wanginya akan mengenai kita juga. Dan jika kita dekat pebenbgkel, maka kita juga bisa kecipratan oli yang menbuat kita kotor. Itu cuman perumpamaan, bukan berarti kita tidak boleh berteman dengan tukang bengkel. Namun kita berteman dengan melihat sifat atau akhlaknya yang baik.

5. Perbanyak Membaca Kisah Nabi-nabi dan Orang-orang yang Shalih


perbanyak membaca kisah nabi-nabi dan orang-orang yang shalih

Berdasarkan fakta, seseorang akan banyak terpengaruh oleh perkara-perkara yang sering dilihat dan didengar dan dibacanya. Dengan memperbanyak membaca sejarah-sejarah para Nabi dan orang-orang bijak, maka secara tidak langsung kita mulai mengikuti perkara-perkara kebaikan yang ada didalamnya.

Sekian lima tips yang bisa rekan muda coba terapkan untuk tetap Istiqamah dalam kebaikan. Selamat Mencoba!