Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 3 Pandangan Al-Quran Tentang Pemuda

inilah 3 pandangan al-quran tentang pemuda

Assalamu'alaikum rekan muda, gimana kabarnya? Semoga sehat-sehat aja ya! Nah, dalam rangka menyambut Isra Mi'raj kali ini kita akan membahas sedikit pandangan Al-quran tentang seorang pemuda.

Menurut definisi yang terdapat dalam Alquran. Dalam ilmu kaidah bahasa Qurani pemuda yang juga disebut sebagai “asy-syabab” dijelaskan memiliki sifat serta sikap seperti:

1. Memiliki Keberanian


memiliki keberanian

Berani disini adalah pemuda diharapkan bisa merombak dan juga bertindak revolusioner terhadap sebuah tatanan sistem yang sedang rusak.

Seperti halnya kisah seorang pemuda pemuda sekaligus Rasul Allah, Nabi Ibrahim AS. “Mereka berkata: ‘Siapakah yang (berani) melakukan perbuatan seperti ini terhadap para tuhan-tuhan kami? Sesungguhnya dia adalah termasuk orang orang yang zalim, Mereka berkata: ‘Kami mendengar ada seorang pemuda yang (berani) mencela para berhala-berhala ini yang bernama Ibrahim.” (QS.Al-Anbiya, 21:59-60).

2. Mempunyai Standar


mempunyai standar

Seorang pemuda mempunyai sebuah standar terutama disektor moralitas (iman), memiliki wawasan, mempunyai rasa bersatu dan optimis serta teguh dalam pendirian juga konsisten dengan segala perkataan.

Seperti halnya yang tergambar dalam kisah Ash-habul Kahfi (para pemuda penghuni gua). ”Kami ceritakan kisah mereka kepadamu (Muhammad) dengan sebenar-benarnya. Sesungguhnya mereka itu adalah para pemuda, pemuda yang selalu beriman kepada Tuhan mereka dan Kami berikan kepada mereka petunjuk; dan Kami telah meneguhkan hati mereka di waktu mereka berdiri, lalu mereka mengucapkan: “Tuhan kami ialah Tuhan langit dan juga bumi; kami sekali-kali tidak akan menyeru Tuhan selain Dia, sesungguhnya kami jika demikian telah mengucapkan perkataan yang sungguh amat jauh dari kebenaran” (QS.18: 13-14).

3. Memiliki Semangat


memiliki semangat

Pemuda tidak suka berputus-asa, juga mereka pantang mundur sebelum cita-citanya terpenuhi. Seperti halnya yang dikisahkan pada pribadi seorang pemuda (Nabi) Musa AS.

"Dan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada para muridnya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai di kepertemuan dua buah lautan; atau aku akan tetap berjalan sampai bertahun-tahun” (QS. Al-Kahfi,18 : 60).

Well, seorang pemuda memang sangatlah identik sebagai sosok individu yang berusia sangat produktif dan juga mempunyai karakter khas yang begitu spesifik seperti revolusioner, optimis, berpikiran maju kedepan, mempunyai moralitas, dan lainya.

Kelemahan yang sering terlihat mencolok dari seorang pemuda ialah kontrol diri, maksudnya ialah mudah emosional, sedangkan kelebihan pemuda yang paling sering terlihat menonjol ialah mau menghadapi segala bentuk perubahan, baik itu perubahan sosial maupun kultural dengan menjadi seorang pelopor perubahan itu sendiri.

Salam Pemuda!

Posting Komentar untuk "Inilah 3 Pandangan Al-Quran Tentang Pemuda"