-->

4 Cara Hemat di Bulan Ramadhan

4 cara hemat di bulan ramadhan

Banyak yang mengira jika dalam bulan Ramadhan pengeluaran uang kita tidak banyak dikarenakan kita sedang melaksanakan ibadah puasa. Tapi faktanya justru ketika Ramadhan keuangan kita habis dengan tidak terkontrol dikarenakan belanja yang berlebihan ketika berbuka puasa.

Memang tidak ada salahnya jika kita membeli sesuatu yang lezat untuk berbuka, apalagi jika berbelanja banyak untuk berbuka puasa bersama dan membagi-bagikanya. Tapi alangkah baiknya jika rekan muda mengontrol pengeluaran, yang mana selebihnya uang rekan muda bisa digunakan untuk bersedekah selama puasa dan juga bisa digunakan untuk keperluan di hari raya nantinya.

Jadi, untuk mengontrol keuangan rekan muda selama Ramadhan, berikut ada beberapa tips yang patut dicoba.

1. Cek Sisa Kas/Tabungan


cek tabungan

Ini memang langkah awal yang harus dilakukan supaya rekan muda bisa merencanakan anggaran biaya pengeluaran selama Ramadhan. Rekan muda harus melihat berapa sisa uang yang ada di kantong dan juga buku tabungan jika ada.

Dengan mengetahui jumlah keuangan rekan muda bisa membaginya dengan mudah, jika sisanya sedikit maka pengeluaran perhari sedikit, dan sebaliknya jika sisanya banyak.

2. Buat Planning Belanja Harian


buat planning belanja harian

Setelah rekan muda mengetahui keadaan keuangan yang dimiliki, rekan muda harus membuat plan harian yaitu pengeluaran uang setiap harinya. Misalnya rekan muda menetapkan pengeluaran setiap harinya maximal menghabiskan uang 10 ribu atau hanya 5 ribu saja.

Dengan adanya perencanaan rekan muda lebih hati-hati dan teratur dalam menggunakan sisa keuangan rekan muda, jadi ngak usah khawatir dengan kehabisan uang mendadak.

3. Belanja Secukupnya


belanja secukupnya

Setelah rekan muda mengetahui sisa tabungan dan telah merencanakan pengeluaran, rekan muda tinggal belanja sesuai dengan yang sudah ditetapkan.

Namun harus diingat, walaupun sudah menetapkan satu hari misalnya menghabislan 10 ribu, bukan berarti rekan muda harus menghabiskan semuanya, kalau bisa pakailah lebih sedikit dari itu alias memakai secukupnya.

Intinya rekan muda menetapkan pengeluaran maksimal namun menetapkan pengeluaran minimal 0 rupiah alias tidak memakainya sama sekali.

4. Buka Bersama di Masjid


buka bersama di masjid

Jika rekan muda merupakan anak kos, ini merupakan pilihan terakhir yang sangat efektif yaitu buka puasa bersama di Masjid. Sekarang hampir setiap Masjid mengadakan buka puasa bersama walaupun hidanganya sangat sederhana namun itu sudah cukup dan sesuai dengan sunnah karena tidak berlebihan.

Rekan muda juga bisa mengakali menu buka bersama di masjid dengan cara berbuka di masjid yang berbeda setiap harinya. Selain mendapat takjil gratis, secara tidak langsung rekan muda juga akan shalat magrib sampai tarawih berjamaah. Enak kan?

Itulah beberapa tips yang bisa dipraktekan oleh rekan muda, sebagai tambahan nomor 1-3 itu bisa diterapkan walaupun bukan di bulan Ramadhan, namun nomor 4 hanya bisa dicoba dibulan Ramadhan, walaupun ada beberapa masjid melaksanakan buka bersama puasa senin kamis.

Semangat Puasa!