Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seru! Inilah 6 Kegiatan Positif Saat Ngabuburit

6 kegiatan positif saat ngabuburit

Di Bulan Ramadhan, seluruh umat muslim di dunia wajib melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh. Begitu juga Indonesia yang merupakan negara mayoritas muslim, dan kita tahu Indonesia memiliki kebiasaan unik selama Ramadhan menjelang berbuka puasa. Tepat, itulah ngabuburit!

Ketika ngabuburit, hal apa saja yang sering rekan muda lakukan? Ternyata banyak sekali hal-hal seru yang bisa rekan muda isi saat ngabuburit. Pastinya, kegiatan tersebut tidak hanya mengalihkan rasa haus dan lapar, tetapi rekan muda juga bisa mendapatkan pahala dari kegiatan tersebut.

Langsung saja berikut 6 kegiatan positif ngabuburit yang pastinya seru:

1. Istirahat atau Tidur


istirahat atau tidur

Tidur ketika puasa memang ibadah, tapi tidur yang beribadah itu ialah tidur yang rekan muda lakukan ketika sedang istirahat untuk menjaga energi dalam melakukan amalan ibadah yang lainnya. Tidurlah ketika rekan muda benar-benar lelah, agar rekan muda memiliki banyak energi dalam melakukan shalat tarawih dan amal ibadah yang lainnya.

2. Berolahraga


berolahraga

Banyak yang beranggapan olahraga ketika berpuasa bisa membuat haus dan lelah mendadak. Faktanya berolahraga ketika puasa memiliki banyak manfaat jika rekan muda melakukannya dengan cara dan porsi yang tepat. Cobalah berolahraga 1 jam atau 30 menit sebelum buka puasa. Tidak perlu olahraga yang berat, yang penting tubuh rekan muda bisa bergerak dan juga berkeringat.

3. Tadarus Al-Quran atau Baca Buku


tadarus al-quran atau baca buku

Membaca merupakan hal yang paling berguna dan juga ampuh buat ngabuburit. Apalagi jika rekan muda memang hobi membaca. Bacalah buku apa saja yang rekan muda suka, apakah itu buku cerita seperti novel atau buku motivasi. Selain baca buku, rekan muda juga bisa menggunakan waktu ngabuburit dengan tadarusan al Qur’an, yang ini sangat direkomendasikan.

4. Melakukan Kegiatan Sosial


melakukan kegiatan sosial

Selanjutnya rekan muda bisa mengikuti kegiatan-kegiatan sosial selama ngabuburit, seperti misalnya berbagi buka puasa bersama adik-adik panti asuhan, atau rekan muda juga bisa berbagi takjil buka puasa dengan orang yang membutuhkannya. Kalau rekan muda aktif di organisasi sekolah maupun kampus atau bahkan komunitas, jangan lupa untuk mengadakan kegiatan yang positif ini ya.

5. Berdagang


berdagang

Ngabuburit sambil berdagang merupakan hal yang paling produktif dan juga bisa menambah uang jajan rekan muda selama Ramadhan. Rekan muda bisa mengajak saudara atau teman untuk berjualan menu buka puasa, seperti misalnya kolak, es buah, cendol atau apapun yang pasti halal. Jangan takut rugi atau tidak laku, percayalah rezeki tidak akan kemana, dan anggap sebagai penambah pengalaman sedangkan uang hasil jualan adalah bonus buat rekan muda.

6. Bersihkah Rumah


bersihkah rumah

Rekan muda lagi mager untuk keluar rumah? ngak usah khawatir, rekan muda juga bisa ngabuburit dengan bersih-bersih rumah atau kamar. Tidak salahnya rekan muda bersih-bersih selain bisa mengisi waktu ngabuburit, kedepan rekan muda juga tidak akan terlalu capek untuk membersihkan rumah menjelang hari raya.

Well, itulah beberapa kegiatan ngabuburit yang seru namun sangatlah positif untuk kita lakukan. Selamat mencoba ya!

Posting Komentar untuk "Seru! Inilah 6 Kegiatan Positif Saat Ngabuburit"