Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Negara Tak Maju? Buang Jauh-Jauh 6 Perilaku Ini

6 sikap yang membuat negara tak maju

Rekan muda mungkin bisa melihat negara lain yang bisa begitu sukses dibandingkan dengan Indonesia? Padahal Indonesia sendiri memiliki berbagai hal yang unggul seperti pariwisata dan sumber alam serta manusia yang melimpah. Akan tetapi sangat disayangkan walaupun Indonesia termasuk negara yang kaya namun tetap saja kita masih harus berbenah diri dari setiap sektor supaya bisa maju seperti negara lainya.

Indonesia memang masih harus berbenah diri supaya bisa menjadi negara yang unggul nan maju. Beberapa langkah yang mungkin bisa diambil ialah dengan memperbaiki kebiasaan dan perilaku sehari-hari yang buruk.Seperti beberpa tingkah laku berikut yang sangat sering dilakukan pemuda dan masyarakat kita, sebaiknya rekan muda bisa membuang jau-jauh 8 sikap dibawah ini.

1. Jiwa Korupsi


jiwa korupsi

Perilaku pertama yang harus dibuang dari sikap kita adalah mental korupsi. Dari data yang diperoleh Transparency International, Indonesia berada pada peringkat ke 107 dunia, dengan tingkat korupsi yang paling tinggi mulai dari level atas sampai level terendah. Peringkat itu tentu bukan sebuah prestasi yang harus dibanggakan, jadi dari pada itu rekan muda harus belajar untuk meninggalkan kebiasaan buruk yang sudah mendarah daging ini.

2. Sikap Tidak Disiplin


sikap tidak disiplin

Kebiasaan ini sudah mulai mendominasi masyarakat Indonesia, banyak dari pemuda Indonesia yang tidak lagi menghargai waktu. Padahal disiplin terhadap waktu itu merupakan hal yang penting, bila rekan muda ingin sukses jadilah pemuda Indonesia yang selalu on time alias tepat waktu.

Sikap tidak disiplin lainya ialah banyak pemuda dan masyarakat kita yang suka menerobos rambu lalu lintas dan juga tidak sbaran dalam hal mengantri. Sikap ini juga harus rekan muda buang jauh-jauh.

3. Perilaku Kotor (Buang Sampah Sembarangan)


perilaku kotor

Tetangga kita Singapura memiliki peraturan yang cukup ketat dalam hal pengelolaan sampah, bahkan sampai hal terkecil pun seperti puntung rokok meludah juga diatur. Namun di Indonesia belum ada peraturan yang mengatur sampai sedetail itu. Sebagai pemuda Indonesia ada baiknya rekan muda mulai membiasakan diri agar membuang sampah pada tempatnya.

4. Suka Merusak Fasilitas Umum


suka merusak fasilitas umum

Rekan muda pasti pernah datang ke sebuah objek wisata, kemudian terlihat coretan-coretan di sekeliling objek wisata tersebut bahkan ada yang rusak akibat ulah kita sendiri. Sebagai pemuda Indonesia rekan muda harus menghilangkan mental buruk seperti ini. Hindarilah merusak fasilitas umum dengan berbagai alasan apa pun.

5. Sikap Malas


sikap malas

Kebanyakan dari pemuda Indonesia memilih tidur dan hanya bermalas-malasan di waktu luang yang mereka miliki. Saat ada tugas atau pekerjaan kebiasaan dari pemuda Indonesia menunda waktu pekerjaan mereka, sampai mendekati waktudeadline. Kebiasaan yang cukup buruk ini harus dihilangkan sedikit demi sedikit.

6. Semua Ingin Serba Instan


semua ingin serba instan

Dalam menggapai suatu tujuan yang besar dibutuhkan pula proses yang panjang, akan tapi tidak sedikit dari pemuda Indonesia yang ingin menempuh dengan cara yang cepat nan instan. Misalnya saja membeli sebuah ijazah palsu karena sangat ingin instan dalam mencapai jenjang pendidikan tinggi.

Nah, itulah 6 perilaku buruk yang sudah terbiasa terjadi dalam masyarakat kita, namun sebagai pemuda kita memiliki peran besar untuk mengubah budaya yang seperti itu, mari kita ubah sedikit demi sedikit mulai dari diri kita sendiri.

Semangat!

Posting Komentar untuk "Negara Tak Maju? Buang Jauh-Jauh 6 Perilaku Ini"