Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Hal yang Wajib Dilakukan Menjelang Lebaran

4 hal yang wajib dilakukan menjelang lebaran

Wuih, InsyaAllah satu atau dua hari lagi kita akan meninggalkan bulan suci Ramadhan yang otomatis kita akan merayakan hari raya Idul Fitri 1439 H. Ajang silaturahmi saat lebaran tentu akan membuat rekan muda harus mengeluarkan banyak waktu dan uang serta tenaga.

Maka, tentu tidak ada salahnya jika rekan muda memahami beberapa cara berikut ini agar rekan muda bisa mengatur keuangan dan waktu secara maksimal tanpa harus bingung saat lebaran tiba.

1. Mengontrol Budget


mengontrol budget

Sudah menjadi sebuah tradisi dan budaya masyarakat Indonesia saat memasuki bulan Ramadhan akan banyak anggaran yang akan keluar. Bahkan pengeluaran menjelang lebaran bisa menjadi lebih besar. Jadi, Alangkah bijaknya jika rekan muda mengantisipasi dengan cara membuat rencana anggaran yang tertulis.

Tulislah secara detail semua pengeluaran saat menjelang lebaran. Jangan lupa untuk memberi simpanan kalkulasi sebesar 10 persen.

2. Bersikap Selektif


bersikap selektif

Sebenarnya tidak sulit untuk mengatur pengeluaran lebaran. Rekan muda cukup pandai-pandai dalam memilih barang yang memang perlu untuk dibeli dan yang tidak terlalu penting untuk dibeli saat ini.

Contohnya, rekan muda tidak harus membeli baju baru untuk lebaran jika memang keuangan rekan muda tidak cukup bahkan untuk membayar zakat fitrah. Jikapun memakai baju baru saat lebaran adalah kewajiban bagirekan muda, maka cobalah untuk untuk membelinya sesuai kebutuhan saja.

3. Mengoptimalkan Waktu


mengoptimalkan waktu

Dalam mengisi waktu luang, Rekan bisa mengerjakan beberapa pekerjaan sampingan. Contohnya rekan muda membuka jasa pembuatan parsel. Rekan mudajuga bisa membuat kue khas lebaran atau bahkan menjadi resellernya.

4. Berpikir Kreatif


berpikir kreatif

Belanjaan Relan Muda sudah hemat, Mengatur waktu sesuai jadwal juga sudah mantap, yang terakhir yang rekan muda butuhkan adalah Kreativitas. Tepat, misalnya rekan muda memaksimalkan pengeluaran menu makanan lebaran dengan membuat hidangan penuh variasi baru.

Atau mungkin rekan muda bisa menyusun daftar lokasi wisata yang tidak begitu mahal untuk dikunjungi atau kalau bisa cari yang lagi promo saat libur lebaran.

Jika tips diatas rekan muda terapkan InsyaAllah akan membuat lebaran rekan muda tahun ini terasa berbeda dan tentunya bisa membuat rekan muda terbiasa dalam mengontrol waktu sekaligus keuangan rekan muda.

Selamat Mencoba Ya!

Posting Komentar untuk "4 Hal yang Wajib Dilakukan Menjelang Lebaran"