-->

Sukses SBMPTN Tanpa Hambatan, Lakukan 7 Hal Ini

7 tip sukses sbmptn
Masuk perguruan tinggi baik swasta maupun negeri pasti akan melalui serangkaian tes untuk para calon mahasiswanya. Dalam perguruan tinggi negeri sendiri ada namanya SNMPTN untuk jalur undangan dan SBMPTN untuk jalur tes tulis.

Nah, bagi mahasiswa yang tidak lulus jalur SNMPTN otomatis akan mengikuti jalur SBMPTN disinilah mulai banyak yang pusing, sampai-sampai mengikuti bimbel, membeli buku panduan soal, dan lainnya untuk menghadapi tes ujian tulis SBMPTN.

Maka untuk mengurangi rasa stres Rekan Muda yang ditakutkan bisa merusak konsentrasi dan semangat saat tes SBMPTN, berikut ada beberapa cara untuk mengimbangi hal tersebut.

1. Belajarlah dengan Teman yang Memilih Prodi Sama


Cobalah mengajak beberapa teman Rekan Muda yang mendaftar SBMPTN untuk saling mengerjakan soal latihan dan berbagi pendapat akan jawaban. Tes SBMPTN hanya dibagi dalam dua bidang, yaitu Saintek dan Soshum. Maka, Rekan Muda tidak perlu khawatir dalam mencari teman dengan prodi yang sama tentunya.

2. Kuasailah Materi Sebanyak-banyaknya


Rekan Muda jangan terlalu berpatokan pada latihan soal yang telah dikerjakan. Walaupun format yang dipakai sering sama, namun mulai tahun 2018 ada pembobotan skor yang berbeda untuk soal yang memiliki tingkat kesulitan berbeda. Jadi kerjakanlah soal latihan dengan sebanyak-sebanyaknya.

3. Siapkan Semua Berkas dan ATK Ujian


Persiapan ini memang tidak ada kaitannya dengan nilai yang akan didapatkan dalam ujian. Tetapi jika perlengkapan dalam mengikuti ujian tidak Rekan Muda persiapkan, maka siap-siaplah, karena mungkin bukan hanya skor yang tidak di dapatkan, tapi Rekan Muda bisa saja dilarang mengikuti ujian.

4. Mensurvei Lokasi Ujian


Jika Rekan Muda memiliki waktu luang lakukanlah survei lapangan dengan mencari ruang dan bangku ujian bersama kawan-kawan Rekan Muda lainnya. Hal ini akan membuat mudah Rekan Muda dalam memperkirakan lama waktu perjalanan dan tidak mebuat bingung dalam mencari ruangan di hari pelaksanaan ujian.

5. Selesaikanlah Soal yang Mudah Terlebih Dulu


Kebiasaan orang Indonesia dalam mengerjakan ujian adalah terlalu lama dalam memikirkan soal yang sulit sehingga membuat waktu habis untuk menyelesai soal yang itu saja, padahal jika menyelesaikan soal yang mudah terlebih dulu mungkin saja bisa menyelesaikan lebih banyak dari pada satu.

Maka cobalah untuk mengerjakan soal yang sulit terlebih dulu, kalau masih ada waktu, maka cobalah untuk menjawan soal yang sulit tersebut. Rekan Muda tidak perlu ragu dalam menjawab soal, karena SBMPTN 2018 tidak memiliki sistem pengurangan nilai dalam menjawab soal yang salah.

6. Menjaga Kesehatan dan Mental


Habis-habisan dalam belajar menjelang SBMPTN memang bagus, namun Rekan Muda harus ingat akan kondisi fisik dan juga mental. Jagalah waktu makan, perbanyak konsumsi air putih, tidurlah secukupnya minimal 8 jam setiap malam. Jika Rekan Muda terkapar di hari pelaksanaan maka sia-sia semua usaha yang telah dilakukan.

7. Terakhir dan Terutama, Berdoalah


Semua usaha telah Rekan Muda lakukan, tinggal mengikuti ujian di hari-H, maka jangan lupa satu hal terpenting lagi yaitu berdoa kepada yang maha kuasa sesuai dengan keyakinan Rekan Muda masing-masing, jika Rekan Muda seorang Muslim tidak salahnya bernazar supaya dimudahkan dalam mengikuti ujian.

Well, itulah tips yang patut Rekan Muda coba untuk mempermudah dalam mengikuti ujian SBMPTN, dan cara ini tentu juga bisa diterapkan dalam ujian masuk perguruan tinggi lainya, karena sistemnya tentu tidak jauh berbeda.

Selamat Mencoba Ya!