Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Boring Saat Lebaran, Lakukan 6 Hal Ini!

6 kegiatan saat lebaran agar tak boring

Pada saat lebaran, baik itu hari raya Idul Fitri maupun Idul Adha silaturahmi merupakan hal wajib yang dilakukan oleh setiap orang baik muda maupun tua.

Namun masih banyak diantara kita yang salah dalam melaksanakan silaturahmi tersebut, baik dari sisi yang tidak beraturan sampai ada juga yang memang bingung sehingga tidak mau melakukan silaturahmi dengan orang-orang terdekat di hari yang fitrah ini.

So, berikut beberapa tahap silaturahmi yang harus rekan muda coba:

1. Silaturahmi dengan Ortu


silaturahmi dengan ortu

Yang pertama dan yang paling utama, rekan muda tentu harus meminta maaf dan mengunjungi orang tua rekan muda. Bahkan jika rekan muda masih satu rumah, alangkah baiknya meminta maaf sebelum berangkat shalat hari raya di Masjid.

2. Silaturahmi dengan Keluarga dan Saudara


Setelah melaksanakan shalat hari raya, rekan muda berkumpul dulu dengan keluarga atau mengunjungi saudara rekan muda satu persatu, dari kakek, nenek, paman, bunda, tante, sepupu, dan saudara lainya.

3. Silaturahmi dengan Tetangga


silaturahmi dengan tetangga

Orang yang selalu membantu dan saling berbagi dengan kita dan selalu bisa melihat keadaan kita adalah tetangga, maka sungguh tidak elok bagi kita jika tidak saling maaf-memaafkan dengan tetangga kita.

4. Silaturahmi dengan Ustadz dan Guru


Silaturahmi dengan guru merupakan salah satu agenda yang jangan sampai lupa untuk rekan muda lakukan di hari raya, mengunjungi sang guru membuat beliau senang sehingga membuat ilmu yang sudah diberikan kepada kita semakin berkah.

5. Silaturahmi dengan Sahabat


silaturahmi dengan sahabat

Teman dan sahabat adalah orang yang mungkin akan kita jumpai sebelum silaturahmi ke rumah guru, karena banyak dari kita berkumpul dulu dengan teman-teman dan kemudian sama-sama mengunjungi guru.

6. Silaturahmi dengan Ziarah Kubur


Walaupun ziarah kubur tertulis di tahap keenam, namun berzirah bisa rekan muda langsung lakukan setelah pulang dari shalat hari raya atau bisa pergi bersama-sama keluarga lainya.

Well, itulah tahap-tahap silaturahmi yang teratur saat hari raya sesuai dengan etika dan adat yang baik untuk rekan muda lakukan.

Memang terlihat sedikit kaku, jadi bisa saja rekan muda membuatnya sedikit lebih fleksibel, namun tetap lakukanlah silaturahmi dengan 6 bagian orang diatas.

Happy Eid Mubarak ya rekan muda! Minal Aidin Walfaidzin, Taqobalallah Minna Waminkum.

Posting Komentar untuk "Boring Saat Lebaran, Lakukan 6 Hal Ini!"