Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Bahagia di Usia 30an? Capai Dulu 5 Hal Ini

5 cara agar bahagia di usia 30an

Orang bilang usia diantara 20 dan 30 tahun adalah saat yang paling tepat untuk menuju ke pelaminan. Namun faktanya, banyak yang harus menelan nasib pahit karena harapan tersebut tidak tercapai. Sebenarnya umur 20 sampai 30 bukan kita gunakan hanya untuk memikirkan menikah saja. Ada hal yang lebih layak kita dapatkan untuk membuat hidup menjadi lebih sukses dan akhirnya memudahkan kita menuju ke pelaminan juga.

Jadi, apa saja hal yang wajib rekan muda perjuangkan sebelum umur 30-an? Berikut informasinya:

1. Kejar Karir Sesuai Impian


kejar karir sesuai impian

Jika rekan muda seorang mahasiswa, maka setelah lulus kuliah mencari kerja adalah tuntutan pertama yang harus dilakukan. Walaupun ada sebagian orang yang punya rencana tersendiri dengan lanjut sekolah yang lebih tinggi lagi. Namun apapun rencana yang dipilih, punya manfaat tersendiri bagi karir rekan muda.

2. Bebas Finansial (Memiliki Gaji Sendiri)


bebas finansial

Bagi rekan muda yang belum bekerja dan berumah tangga memang masih bisa bergantung pada orang tua. Namun di usia kepala dua, sudah sepatutnya setiap anak mulai memikirkan keuangan sendiri. Walaupun belum bisa sepenuhnya memenuhi kebutuhan finansial diri, tapi setidaknya bisa meringankan beban orangtua rekan muda.

Namun jika sudah lulus kuliah dan berkarir, salah satu pencapaian yang wajib dipikirkan di usia seperempat abad ini adalah tentang kebebebasan finasial diri sendiri. Apalgi jika penghasilanmu tidak hanya mencukupi kebutuhan rekan muda saja, namun bisa disisihkan untuk diberi kepada orangtua, adik atau bahkan bersedekah.

3. Buat Diri Benar-benar Bermanfaat bagi Orang lain


buat diri benar-benar bermanfaat bagi orang lain

Kita tahu tujuan hidup bukan hanya lulus kuliah dan kerja terus menikah lalu selesai. Sebenarnya tugas pertama kita sebagai makhluk sosial sangat jelas, yaitu harus bisa bermanfaat bagi orang lain yang memang benar-benar membutuhkan uluran bantuan dari rekan muda.

Maka banyak sekali cara untuk melakukan hal tersebut, seperti mencoba jadi relawan. Baik relawan untuk korban bencana alam, relawan untuk mengajar di daerah terpencil, relawan untuk lingkungan hidup, apapun itu meski sangat kecil dan sederhana, yang penting bisa bermanfaat bagi orang lain dan pribadi rekan muda sendiri.

4. Perbaiki Diri


perbaiki diri

Umur 20-an keatas adalah saat yang sangat tepat untuk membenahi diri rekan muda yang masih kurang dalam beberapa hal kebaikan, karena di usia inilah banyak orang yang sangat egois dan menganggap dirinya yang paling benar ketimbang orang lain.

Emosi yang masih labil, susah berbagi, dan diam-diam iri dengan kehidupan orang lain. Bukankah itu semua sikap dan sifat buruk dalam diri yang harus segera dibuang jauh-jauh. Jika hal ini kita lakukan dengan benar, bukan hanya rezeki bahkan jodoh akan datang dengan sendirinya.

5. Membahagiakan Orangtua


membahagiakan orangtua

Ayah dan Ibu kita memang tidakpernah meminta upah dari hasil kasih sayang dalam merawat kita sampai dewasa. Namun bagi seorang anak, apapun agamanya, apapun sukunya apapun negaranya, tetap saja membahagiakn orangtua adalah kewajiban seorang anak.

Apalagi Mengingat perjuangan orangtua terhadapmu sangatlah besar, sampai rekan muda sendiri pun tidak akan bisa membalas semua jasanya. Maka sudah jelas bapak dan ibu jadi prioritas dirimu dulu, sebelum akhirnya rekan muda siap membangun keluarga kecil sendiri.

Wahai rekan muda, hidup di usia muda bukan hanya untuk lulus kuliah, kerja dan menikah saja. Namun ada kewajiban lain yang harus rekan muda pertimbangankan, sebelum akhirnya menikah dan sibuk mengurus istri dan anak saja.

Posting Komentar untuk "Ingin Bahagia di Usia 30an? Capai Dulu 5 Hal Ini"