Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Sukseskan Resolusi di Tahun Baru

6 cara sukseskan resolusi di tahun baru

Rekan muda sudah membuat daftar resolusi 2021? Tahun akan segera berganti. Biasanya di awal-awal masih semangat mencapai resolusi. Namun, beberapa minggu kemudian perlahan-lahan kehilangan motivasi dan resolusi hanya tinggal rencana yang tidak terwujud hingga akhir tahun.

Hampir semua orang gagal dalam mencapai resoulsinya di tahun sebelumnya. Namun, jika rekan muda sudah bertekad untuk berpegang pada resolusi tahun ini, berikut ada beberapa strategi yang bisa rekan muda terapkan dibawah ini:

1. Seleksi Resolusi yang Realistis


seleksi resolusi yang realistis

Buatlah resolusi yang realistis, bukan yang terlalu jauh dari kendali rekan muda, karena hal itu berpotensi membuat rekan muda gagal mencapainya. Rekan muda bisa memulai merencanakan mengubah hidup dengan lebih sehat.

Contohnya adalah jika tujuan besar rekan muda menjadi lebih sehat, mungkin tujuan harian kecil rekan muda adalah melakukan jalan kaki 20 menit setiap pagi. Buatlah resolusi rekan muda seakurat mungkin.

2. Rancanglah Resolusi dengan Detail


rancanglah resolusi dengan detail

Mulailah memikirkan rancangan resolusi, jangan tunggu sampai malam Tahun Baru. Walaupun orang sudah menetapkan resolusinya dengan niat baik, mereka tidak bisa menghabiskan cukup waktu untuk mempersiapkan dan memikirkan bagaimana akan menerapkannya.

Contohnya jika rekan muda ingin lebih sering gym. Buat rencana dengan rinci kapan akan pergi, bagaimana cara sampai di sana, latihan apa yang akan dilakukan, seberapa sering harus mencuci pakaian gym, dan bagaimana sesi gym akan memengaruhi semuanya.

3. Evaluasi Kemajuan Resolusi


evaluasi kemajuan resolusi

Buatlah evaluasi dan jadikan bukti visual tentang kemajuan rekan muda, seperti kalender dengan tanda X setiap hari rekan muda melakukan sesuatu untuk menyelesaikan resolusi tersebut. Karena hal itu akan membantu rekan muda untuk tetap termotivasi.

4. Lakukan Eksperimen


lakukan eksperimen

Agar mencapai resolusi janganlah terlalu kaku. Sedikit fleksibilitas dapat membantu rekan muda mencapai resolusi yang dituju. Prinsip ini berlaku untuk semua resolusi, tidak hanya tentang kebugaran saja.

5. Jangan Harapkan hasil Instan


jangan harapkan hasil instan

Rekan muda harus ingat bahwa perubahan tidak terjadi dalam semalam. Orang yang mentalnya kuat pasti paham dengan prinsip tersebut. Maka bersebarlah dan tetap lanjutkan Resolusi sesuai rencana awal.

6. Motivasi Diri Sendiri


motivasi diri sendiri

Ingatlah bahwa menghina diri karena salah tidak akan membantu rekan muda menegakkan resolusi yang ingin dicapai. Cerialah dan jangan sering menyalahkan diri sendiri saat rekan muda membuat kesalahan.

Jadi, yang perlu diingat adalah rekan muda harus kuatkan Niat dan juga Mental dalam mendapatkan hasil dari sebuah Resolusi. Selamat mencoba dan Selamat Tahun Baru 2021!

Posting Komentar untuk "6 Cara Sukseskan Resolusi di Tahun Baru"