-->

Kaya Tanpa Sadar, Ini 3 Cara Super dalam Menabung!

3 cara super dalam menabung

Seringnya harga kebutuhan pokok yang naik turun bahkan cenderung naik bisa membuat rekan muda makin kesulitan dalam menabung.

Dalam situasi inilah rekan muda harus lebih pintar lagi menyimpan uang, kalau bisa tanpa sadar bisa menabung secara otomatis.

Nah, berikut ada secuil tips yang bisa rekan muda coba mulai sekarang juga!

1. Amankan Uang Sisa


amankan uang sisa

Masih ingatkah waktu rekan muda belajar menabung dari uang receh jaman masih kelam dulu? Tidak ada salahnya agar mengulang kembali kebiasaan tersebut. Mulailah dengan mengosongkan uang receh di dompet rekan muda setiap akhir minggu, simpanlah di tempat yang sudah disiapkan.

Apabila rekan muda melakukan hal ini secara rutin, bukan tidak mungkin dalam satu tahun nilainya bisa menembus jutaan tanpa disadari. Dengan begitu, rekan muda juga akan lebih menghargai uang recehan dibandingkan sebelumnya.

2. Alihkan Kebiasaan Kredit


alihkan kebiasaan kredit

Jika akhirnya rekan muda sudah selesai membayar cicilan motor yang butuh waktu bertahun-tahun, jangan mulai cari kredit lain, namun tetap sisihkan uang yang sama untuk masuk langsung ke tabungan rekan muda. Kebiasaaan kredit bisa diubah menjadi kebiasaan menabung.

Bahkan, rekan muda bisa memasukan kredit ini ke tabungan otomatis yang sudah diminta kepada bank, seperti sudah disinggung pada poin awal tadi. Bayangkan rekan muda masih punya utang untuk melunasi mobil, sehingga uang tersebut akan tersimpan dengan baik tanpa rekan muda sadari.

3. Jaga Baik Uang Kejutan


jaga baik uang kejutan

Rekan muda pasti pernah menemukan uang di lokasi atau benda yang kadang kita lupa. Seperti menemukan uang 50 ribu di saku jaket lama, atau bahkan di ransel yang dulu dipakai untuk liburan.

Alangkah bijaknya jika jangan langsung rekan muda habiskan kejutan seperti ini, sebaiknya rekan muda simpan baik-baik di dalam tabungan. Anggaplah sebagai dana kejutan untuk tambahan tabungan.

Sebagai penutup saya teringat pepatah kuno "HEMAT PANGKAL KAYA" !