Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Karakter Pemuda yang Membuat Indonesia Maju

9 karakter pemuda yang membuat indonesia maju

Pemuda yang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki salah satu makna yakni harapan bangsa, dan hal itu betul adanya jika milirik sejarah jauh sebelum Indonesia merdeka. Karena semangat dan rasa ingin tahu yang tinggi membuat seorang pemuda takkan pernah tersiksa mengalami segala bentuk kegagalan dalam hidup.

Dan saat ini pemuda tidak diwajibkan mengangkat senjata untuk membela negara, namun para pemuda diharapkan mampu menjaga persatuan dan memiliki pemikiran kreatif serta tindakan yang proaktif dalam membangun bangsa ini kedepannya.

Bukan hanya Indonesia, hampir semua bangsa di dunia ini sangat memerlukan peran dari seorang pemuda untuk masa depan bangsanya. Dari hal tersebut tentunya rekan muda bisa berkaca, karakter apa saja yang diperlukan pemuda NKRI saat ini dalam memajukan Indonesia. Berikut ulasannya:

1. Berani Berkarakter


berani berkarakter

Pemuda yang punya karakter biasanya merupakan pemuda yang mempunyai sosok yang diteladani dalam membentuk sikap diri. Jika rekan muda seorang muslim maka sangat layak menjadikan Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam sebagai figur yang diidolakan dan rujukan dalam segala hal, sehingga rekan muda tidak hanya memiliki karakter yang "kosong" tapi juga terisi dengan bentuk rabbani yang berakhlak mulia.

2. Membisakan Berfikir


membisakan berfikir

Seorang pemuda sangatlah penting menguasai ilmu yang didapat melalui belajar. Sebab, berbekal ilmu yang bermanfaat akan membentuk sikap pemuda yang kreatif, inovatif, amanah yang akan melahirkan kebajikan-kebajikan yang membawa negara kepada kemajuan. Menghindari dari pemikiran – pemikiran yang justru malah membuat kekacauan pada negara.

3. Boleh Beropini Tapi Dilanjutkan Aksi


boleh beropini tapi dilanjutkan aksi

Sebuah argumen yang tidak dilanjuti dengan kerja nyata rasanya akan membuat masalah tak terselesaikan. Karakter yang memadukan opini dan aksi sangat diperlukan dalam segala sisi kehidupan saat ini. Sebagai pemuda generasi modern yang dituntut harus siap dengan segala sesuatu yang serba cepat berubah. Rekan muda diharapkan jangan hanya pandai merangkai kata lewat argumen-argumen "mentah" tapi mampu merealisasikan aksi nyata demi kemajuan Indonesia.

4. Seringlah Membaca


seringlah membaca

Banyak yang mengatakan bahwa level kecintaan literasi di Indonesia yang sangatlah rendah. Maka, mulai sekarang ada baiknya rekan muda mencoba untuk lebih sering membaca. Banyak sisi positif dari sifat suka membaca, salah satunya yaitu pikiraan rekan muda tidak monoton dan tentunya akan lebih membuka wawasan rekan muda.

5. Tingkatkan Bakat dengan Mengolah Kreativitas


tingkatkan bakat dengan mengolah kreativitas

Sikap eorang pemuda yang kreatif dan mempunyai bakat sebenarnya cukup banyak. Jikapun rekan muda saat ini seorang mahasiswa, anak SMA ataupun bekerja, rekan muda sebenarnya bisa berkreasi serta meningkatkan bakat yang ada dalam diri rekan muda.

6. Punya Sifat Mandiri, Pekerja Keras dan Disiplin


punya sifat mandiri, pekerja keras dan disiplin

Rekan muda yang tidak bergantung pada orang lain, mampu mencari dan memaksimalkan potensi yang ada dalam diri rekan muda. Oleh sebab itu untuk mencapai hal tersebut perlu adanya pendidikan dan pelatihan sejak dini.

Tumbuhkan sebuah sifat pekerja keras dan disiplin jika rekan muda ingin menjadi pemuda yang berperan dalam kemajuan bangsa. Kerja keras serta disiplin tentu memberi nilai lebih terhadap diri rekan muda. Jika hal ini diterapkan oleh semua pemuda Indonesia. Maka yakinlah bangsa ini punya masa depan yang sangat indah.

7. Matikan Sikap Malas


matikan sikap malas

Sifat malas merupakan kelemahan yang berbahaya bagi rekan muda di tengah era globalisasi saat ini. Matikanlah sifat malas rekan muda, mencoba lebih produktif dengan mengikuti kegiatan seperti olahraga dan kegiatan bermanfaat lainnya.

8. Miliki Jiwa Sosial


miliki jiwa sosial

Peduli terhadap lingkungan rekan muda sangatlah penting untuk dikembangkan dalam diri rekan muda. Tidak harus dengan hal-hal besar, cobalah hal-hal kecil seperti ikut gotong royong di tempat rekan muda tinggal dan bertegur sapa dengan tetangga rekan muda merupakan hal yang bisa meningkatkan level sosial rekan muda meningkat.

9. Berguna bagi Sesama


berguna bagi sesama

Menperkaya diri dengan akhlak mulia, keluasan ilmu, sikap sosial dan terbiasa menyediakan diri rekan muda untuk melayani kepentingan umum sehingga keberadaan rekan muda mempunyai arti yang penting bagi orang lain.

Dengan konsistensi dalam melakukan hal-hal di atas, maka rekan muda akan membentuk karakter diri yang mampu membuat perubahan di masa depan dimulai dari sekarang.

Posting Komentar untuk "9 Karakter Pemuda yang Membuat Indonesia Maju"