-->

12 Saran Menjadi Pemimpin yang Lebih Baik

12 saran menjadi pemimpin yang lebih baik

Bukan sebuah masalah bila rekan muda mau menjalankan bisnis, mengelola sebuah tim, atau mengajar di kelas, namun keterampilan kepemimpinan sangat penting dalam menjalankan hal tersebut. Beberapa orang memang terlihat seperti dilahirkan dengan mengetahui apa yang harus dilakukan untuk menginspirasi dan memimpin orang, tapi bagi kebanyakan dari kita itu tidak terjadi secara alami.

Rekan muda sungguh beruntung, karena kepemimpinan bukanlah sebuah hadiah yang mustahil untuk didapatkan, karena rekan muda bisa meraih keterampilan kepemimpinan dengan rutin berlatih. Walau mungkin ini terasa mudah hanya bagi sebagian orang, namun nyatanya itu bisa dijangkau oleh kita semua. Rekan muda hanya harus punya keinginan kuat, mau bekerja dan berani mengambil risiko. Di mana pun rekan muda berada, apa pun yang rekan muda lakukan, berikut ada 12 cara bagi rekan mida untuk bisa mulai menjadi pemimpin yang lebih baik mulai hari ini:

#1 Kelola emosi rekan muda. Emosi akan memberi rekan muda energi. Jika rendah, energi rekan muda juga rendah. Jika mereka berjalan tinggi, rekan muda akan merasa positif dan optimis. Untuk menjadi pemimpin yang terbaik, saat rekan muda kelola emosi rekan muda maka secara otomatis akan mengelola energi rekan muda.

#2 Kembangkan keterampilan rekan muda. Jika rekan muda tidak punya keterampilan untuk memimpin, tidak ada gelar atau posisi yang akan membuat rekan muda menjadi pemimpin yang diinginkan. Hanya ada satu cara untuk rekan muda menjadi pemimpin yang lebih baik, dan itu berlaku pada keterampilan kepemimpinan rekan muda, mengembangkan keahlian di bidang rekan muda, dan menemukan inti dari apa yang dimaksud kepemimpinan bagi rekan muda.

#3 Menjadi komunikator yang hebat.
Disiplinkan diri rekan muda untuk memahami apa yang terjadi di sekitar rekan muda dengan mengamati dan mendengarkan. Seorang pemimpin yang hebat selalu merupakan komunikator yang terampil, tidak hanya sebagai pembicara namun sebagai pendengar, seseorang yang tetap fokus dan menyesuaikan diri dengan nuansa percakapan.

#4 Akui bila rekan muda salah. Dibutuhkan orang yang kuat dan percaya diri untuk mengatakan bahwa mereka salah. Terkadang orang berpikir bahwa mengakui diri salah adalah tanda kelemahan, tetapi kenyataannya justru sebaliknya, semakin jujur ​​dan terbuka rekan muda, semakin banyak orang akan menghargai rekan muda sebagai pemimpin.

#5 Pelajari cara mengenali bakat. Unsur terbesar kepemimpinan yang hebat adalah mengetahui bagaimana terhubung dengan orang-orang yang tepat, mereka yang dapat memajukan visi rekan muda dan mengembangkan strategi yang sukses. Namun mempekerjakan individu yang hebat hanya setengah dari permainan, sama pentingnya untuk memahami bagaimana orang-orang dari berbagai latar belakang dan kemampuan dapat bekerja sama dengan baik.

#6 Menjadi bagian dari tim. Ada akronim yang menyebutkan "tim" berarti Bersama Semua Orang untuk Mencapai Lebih, dan kepemimpinan yang hebat datang dari mereka yang melihat diri mereka sebagai bagian dari tim, yang bersedia menyingsingkan lengan baju mereka dan melakukan apa yang diperlukan untuk mendukung, membantu, membimbing dan mengajarkan.

#7 Jadilah seorang mentor, bukan seorang penceramah. Orang-orang akan tertarik pada pertumbuhan dan perkembangan, mereka ingin tahu bagaimana mereka dapat melakukan yang lebih baik dan menemukan jalan mereka sendiri. Sebagai seorang pemimpin, tugas rekan muda adalah membimbing mereka, membimbing mereka dan mendukung mereka - bukan untuk memerintah mereka atau berkhotbah kepada mereka.

#8 Berikan kebebasan dan jadilah fleksibel. Selama orang tahu bagaimana menyelesaikan pekerjaan dengan benar, rekan muda tak perlu datang untuk terlalu mengajarinya. Seorang pemimpin yang menumbuhkan kebebasan dan fleksibilitas memberi orang ruang untuk bekerja dengan cara apa pun yang terbaik bagi mereka.

#9 Cepat memuji. Seringlah memuji seseorang secara terbuka. Orang akan merasa dirinya berharga saat dipuji dengan tulus oleh rekan muda. Namun, rekan muda juga harus memastikan pujian tersebut tidak berlebihan karena bisa saja membuat orang merasa risih dengan pujian yang tidak benar.

#10 Berikan kepercayaan untuk mendapatkan kepercayaan. Saat rekan muda memiliki dan memberi kepercayaan pada orang lain. Maka akan ada gilirannya, saat mereka datang untuk mempercayai rekan muda. Rekan muda bisa menyimak 5 Cara Jitu Mendapatkan Kepercayaan Orang Lain berikut ini.

#11 Perlihatkan kasih sayang dan juga perhatian. Belas kasih membantu menjembatani kesenjangan antara apa yang dibutuhkan orang, apa yang diinginkan orang-orang terhadap rekan muda, dan apa yang dapat rekan muda berikan. Dan para pemimpinlah yang bisa menunjukkan belas kasihan yang paling dikagumi banyak orang.

# 12 Pimpinlah dengan penuh cinta.
Cintailah orang-orang disekitar rekan muda, cintai orang-orang yang melayani dan yang rekan muda layani, maka rekan muda akan menemukan rahasia kepemimpinan yang luar biasa.

Itulah 12 saran menjadi pemimpin yang lebih baik, terima kasih sudah mengunjungi blog saya. Jika rekan muda punya saran lain tentang menjadi pemimpin yang lebih baik, bisa tulis di kolom komentar ya!