-->

10 Cara untuk Jadi YouTuber Pemula Sukses

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, hai rekaan muda! Sudah lama rasanya kita tidak bersua ya, karena berbagai macam hal admin kemarin memang vakum sebentar dari dunia blogger. Tapi kini admin kembali lagi dan Insyaallah akan setia kembali membagikan motivasi, inspirasi, serta tips yang tetunya semoga bisa berguna bagi rekan muda sekalian.

Namun kali ini admin akan membagikan artikel yang sedikit berbeda, yaitu tentang cara menjadi YouTuber pemula yang sukses. Mengapa saya ingin menulis tentang ini? Itu dikarenakan trend minat pemuda Indonesia untuk menjadi YouTuber semakin meningkat.



Namun sayangnya, tidak semua yang terjun ke dunia YouTube bisa sukses begitu saja, perlu kerja keras serta doa agar bisa sukses menjadi YouTuber pemula, ditambah lagi persaingan yang cukup ketat dengan para YouTuber senior.

Daripada berlama-lama, berikut admin bagikan beberapa tips agar rekan muda bisa sukses jadi YouTuber pemula.

Pertama, Siapkan Akun Google


Ya, ini hal paling utama dan memang harus rekan muda siapkan guna menjadi YouTuber. Karena akun Google diperlukan untuk mendaftarkan akun YouTube rekan muda nantinya. Contohnya Gmail, yakni layanan pesan milik Google. Rekan muda hanya perlu membuka situs Gmail dan ikuti panduan langkah-langkah untuk mendaftarnya. Dan saya yakin rekan muda sudah punya akun Google saat ini.

Kedua, Daftar dan Buat Channel YouTube


Langkah kedua adalah memilih nama YouTube Channel rekan muda sesuai keinginan. Rekan muda bisa menggunakan nama pribadi atau nama yang mewakili isi dari konten-konten yang akan rekan muda buat nantinya. Namun yang pasti, pilih nama akun YouTube yang mudah diingat agar mudah dikenal orang lain.

Selanjutnya adalah buatlah konten pada channel YouTube rekan muda. Nah, di sini rekan muda bisa merekam sebuah video dan diunggah (upload) di akun YouTube milik rekan muda.

Ketiga, Matangkan Konsep Konten


Setelah rekan muda membuat channel YouTube, pikirkan konsep konten video dengan matang. YouTube sendiri memang memiliki banyak niche dan konsep yang bisa rekan muda ikuti misalnya YouTuber yang kontennya tentang gaming, kecantikan atau topik apa pun sesuai keinginan rekan muda.



Setelah mendapatkan konsep yang sesuai, coba pikirkan tema apa saja yang ingin rekan muda tampilkan. Jika misalnya rekan muda gamer, apa video rekan muda sebagian besar akan berisi review atau walkthrough.

Keempat, Menyediakan Peralatan


Karena masih pemula dan tidak punya modal, rekan muda bisa menggunakan kamera ponsel atau webcam laptop untuk merekam video rekan muda. Di tahap awal ini yang paling penting adalah memiliki rasa percaya diri ketika berbicara di depan kamera.

Pastikan video rekan muda memiliki pencahayaan yang bagus, walau hanya mengandalkan sinar matahari. Setelah channel rekan muda mulai berkembang, coba investasi ke peralatan yang lebih profesional lagi.

Kelima, Melakukan Editing


Video yang diunggah di YouTube tentunya merupakan gabungan klip video antara momen satu dengan lainnya dan akan disatukan melalui proses editing. Tidak hanya menggabungkan video saja, tapi rekan juga harus mengatur pencahayaan supaya video terlihat menarik. Dan jika bisa rekan muda harus mengusahakan agar durasi video yang akan diupload tidak terlalu lama agar penonton juga tidak bosan.

Dan untuk proses editing bagi rekan muda yang memang tidak punya laptop bisa hanya dengan modal hp saja, saya akan bahas detailnya di artikel selanjutnya.

Keenam, Konsisten


Seiring popularitas konten dan channel YouTube rekan muda yang semakin berkembang, akan ada banyak orang yang menunggu video baru dari rekan muda. Coba konsisten dalam mengunggah video, misalnya seminggu sekali. Durasi video rekan muda juga sebisa mungkin harus konsisten.

Ketujuh, Pikirkan SEO


Untuk menjadi seorang YouTuber yang sukses tidak hanya tentang mengunggah video yang menarik saja. Rekan muda harus pastikan bahwa orang banyak tahu keberadaan video rekan muda, mengingat ada jutaan video yang diunggah di YouTube di setiap harinya.

Gunakan judul video yang deskriptif serta pastikan rekan muda menggunakan tag dan kata kunci yang relevan di deskripsi video sesuai search engine optimization.

Delapan, Share ke Media Sosial


Video yang sudah diunggah sudah pasti tidak langsung disaksikan oleh sejuta penonton, karena rekan muda masih berstatus sebagai YouTuber pemula. Untuk mendatangkan para penonton, bagikan video yang sudah diupload ke jejaring media sosial rekan muda, seperti Facebook, Twitter, ataupun Instagram dan lainnya. Beritahu teman yang ada di media sosial bahwa rekan muda punya akun YouTube pribadi supaya mereka langsung menonton video tersebut.



Meskipun niatnya untuk menaikkan trafik pengunjung rekan muda, tapi jangan sekali-kali melakukan spam. Karena, jejaring media sosial memiliki aturan tersendiri bagi seluruh penggunanya. Kalau kedapatan melakukan spam di akun medsos, salah satu akun Anda pun akan diblok, yang secara langsung akan merugikanmu sebagai seorang YouTuber.

Kesembilan, Jalin Hubungan dengan Subscriber


Cara menjadi seorang YouTuber sukses lainnya adalah jangan lupa berinteraksi dengan penonton dan subscriber rekan muda. Mereka biasanya akan memberikan feedback, baik positif maupun negatif, lewat kolom komentar dan sebisa mungkin respon komentar yang mereka sudah mereka berikan.

Sepuluh, Berani Mencoba


Yups, yang terakhir namun sangat penting ialah rekan muda harus berani mencoba. Selain menekuni bidang pekerjaan lain diluar sana, rekan muda memang juga bisa menekuni industri YouTube, kalau memang suka merekam video dan berkomunikasi dengan orang lain. Kegagalan terbesar itu bukan saat saluran YouTube rekan muda tidak berkembang, tapi karena ketakutan saat mencoba.

Oleh sebab itu, jangan takut untuk mencoba, karena dengan mencobalah maka rekan bisa tahu bagaimana respons dunia luar terhadap akun YouTube milik rekan muda.

Oh ya, jika artikel ini bermanfaat rekan muda bisa share untuk sahabat dan orang terdekat yang ingin terjun atau baru terjun ke dunia Youtube.