-->

3 Cara Mencari Jati Diri Pemuda




3 Cara Mencari Jati Diri Pemuda

Bagi seorang pemuda mencari jati diri adalah sesuatu yang cukup lumrah dilakukan, maka tak heran jika banyak pemuda sangat ekspresif pada masa-masa pencariaan tersebut. Masalahnya, banyak pemuda tidak tau cara yang tepat untuk digunakan sehingga cara negatif pun bisa saja dilakukan.

Sebelum itu mari kita lihat dulu definisi pemuda. Menurut draft dari RUU Indonesia tentang kepemudaan, pemuda adalah mereka yang usianya diantara 18-35 tahun. Melirik dari sisi usianya itu maka pemuda bisadisebut sebagai masa-masa perkembangan secara biologis dan psikologis.

Pemuda juga dapat diartikan sebagai individu yang memiliki karakter yang dinamis, yang juga bergejolak serta optimis. Tetapi belum memiliki pengendalian emosi yang stabil. Pemuda juga menghadapi masa perubahan sosial dan kultural.

Oleh sebab itu banyak pemuda akan mencari jati diri untuk mengetahui apa yang dia inginkan, apa yang dia bagikan, dan apakah dia bisa berguna bagi lingkungan. Dari pada bingung, berikut ada 3 cara mencari jati diri buat rekan muda sekalian.

#1 Kenali Karakter


KBBI menyebutkan bahwa karakter adalah sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorng dengan yang lain. Karakter juga sering disebut sebagai sebuah watak, yakni sifat batin yang akan mempengaruhi segenap pikiran, perilaku, dan tabiat yang dimiliki seorang pemuda.

Karena perbedaan itulah, seorang pemuda harus mengetahui karakter apa yang dimilikinya. Contohnya, apakah rekan muda seorang yang ramah, pendiam, pemalu, atau pemarah. Semua karakter tersebut punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

#1 Kenali Karakter - Kilas Pemuda

Sebenarnya cukup mudah untuk mengetahui karakter rekan muda, cukup dengan intropeksi dan melihat bagimana perilaku rekan muda selama ini. Jika masih ragu dengan penilaian sendiri, rekan muda bisa bertanya pada orang terdekat apa karakter yaang rekan muda miliki. Dan saya sarankan untuk bertanya pada ibu rekan muda sendiri, karena seorang ibu sudah mengetahui karakter rekan muda sedari kecil.

Perlu diingat! Karakter tidak untuk diubah, dan memang susah untuk mengubahnya. Seperti yang saya katakan di atas bahwa karakter punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi rekan muda tidak perlu mengubahnya, tapi cukup dengan mempraktekannya dengan baik.

Misalnya, rekan muda seorang pemarah maka tampilah sebagai orang yang tegas dalam bertindak dan mengambil keputusan. Begitu juga dengan karakter-karakter yang lain, intinya cukup praktekan dengan cara yang baik. Maka apapun karakter rekan muda tetap terlihat baik dan berdampak baik.

#2 Kenali Hobi


Di sini rekan muda harus sedikit lebih teliti, pasalnya hobi atau kesukaan seseorang secara umum itu cenderung banyak dan juga bisa berubah tergantung keadaan alias tidak konsisten. Jika rekan muda salah satu dari pemuda-pemuda yang sering berubah-ubah hobinya, cobalah untuk melihat mundur sedikit, apa yang benar-benar rekan muda sukai dari dulu hingga sekarang. Tidak perlu banyak cukup satu saja hobi yang benar-benar rekan muda sukai.

#2 Kenali Hobi - Kilas Pemuda

Mengapa harus mengenali hobi untuk mencari jati diri? Pasalnya, rekan muda tidak bisa menemukan siapa sesungguhnya rekan muda jika masih menyangkal sesuatu hal yang rekan muda suka. Apalagi hobi merupakan sesuatu yang sering kita lakukan berulang-ulang dalam kehidupan, yang mana ini masuk dalam penjelasan karakter di atas.

Bahkan bisa dibilang orang yang kenal betul dan benar-benar suka terhadap hobinya, maka disitu akan terbentuk karakter melalui hobi, bahkan orang akan menilai karakter rekan muda melalui hobi apa yang rekan muda lakukan.

#3 Kenali Bakat


Setelah mengenal hobi, maka langkah terakhir dan yang paling sulit namun bisa dibilang mudah yaitu mengenali bakat rekan muda. Bagi seseorang bakat bisa terlihat laangsung dari kecil (bakat bawaan), namun sebagian orang harus mencari dulu bakat apa yang sebenarnya dimiliki.

Pada zaman modern saat ini, bakat bisa dibilang sebelas duabelas dengan hobi. Mengapa demikian? Rekan muda bisa lihat banyak orang mengakui bakatnya karena hobi yang mereka ulang-ulang setiap harinya. Sebagai contoh rekan muda hobi bernyanyi, maka rekan muda akan dikategorikan punya bakat bernyanyi.

#3 Kenali Bakat - Kilas Pemuda

Maka jangan heran jika rekan muda melihat orang bisa menghasilkan uang karena hobi, karena pada dasarnya mereka sudah menganggap hobi itu sebagai bakat. Dan bagi rekan muda yang sulit untuk mengetahui bakat apa yang dimiliki, maka caranya kenali dulu hobi dan dalami, secara perlahan rekan muda akan mengenali bakat apa yang rekan muda miliki sebenarnya.

Dan perlu diingat! Setiap orang punya bakat masing-masing, ada yang memang langsung terlihat hebat, namun ada juga yang memang harus diasah terlebih dahulu agar bakatnya terlihat bersinar. Dan setiap bakat berbeda punya keunggulan masing-masing.

Itulah tiga cara mencari jati diri, jika rekan muda melakukannya dengan tahapan yang benar dan dengan sabar. InsyaAllah, rekan muda akan menemukan jati diri yang sesungguhnya dengan segera. Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa share ya, terima kasih!