-->

Kerja Online Pemuda: Jadi Jutawan Modal Internetan

Kerja Online Pemuda: Jadi Jutawan Modal Internetan

Kerja online bukan lagi menjadi hal tabu bagi pemuda Indonesia, pesatnya perkembangan teknologi yang semuanya serba modern dan kehidupan pun semakin maju dan dinamis. Banyak pemuda mulai terjun mencari jajan di dunia internet, ada yang memang menjual skill namun ada pula yang hanya menjual sensualitas semata.

SelebGram, SelebTwit, dan YouTuber menjadi incaran kerja online banyak pemuda, selain mudah dalam melakukannya, uang yang didapat dari hasil iklan pun cukup menggiurkan. Bahkan Whatsapp, Telegram, dan Facebook yang notabennya dulu digunakan untuk chatingan dan bersosial juga sudah menjadi ladang penghasilan kerja online.

Perlu rekan muda ketahui bahwa kasus di atas adalah contoh kecil dari kerja online. Saat ini banyak sekali pekerjaan yang bisa dilakukan hanya dari rumah saja. Contohnya, menjadi penulis (cerpen, novel, komik, dll), menjadi editor, illustrator, dan juga beberapa pekerjaan lainnya. Kerja online hanya bermodalkan internet dan perangkat elektronik seperti laptop atau hp yang ada ditangan rekan muda.

Penghasilan dari kerja online juga tidak bisa dianggap ‘remeh temeh’ , kalau mau ditelusuri lebih jauh, ada beberapa cara mendapatkan uang di internet yang untungnya bahkan bisa menyamai UMR. Maka jaganlah heran banyak orang akhirnya ‘mendadak’ jadi jutawan gegara menekuni kerja online.

Apalagi, kerja online mengutamakan kebebasan waktu dan tempat, hal ini menjadi salah satu penyebab banyak pemuda sangat ingin melakukan kerja online. Sifat pemuda yang aktif, kreatif, dan cendrung tidak suka diatur sangat cocok untuk menggeluti kerja online, baik sebagai pekerjaan utama atau hanya sebagai pekerjaan sampingan.

Daripada rekan muda berlama-lama menghayal tentang kerja online apa yang ingin dilakukan, berikut Kilas Pemuda membagikan beberapa pekerjaan kerja online yang bisa rekan muda coba:

1. Kerja Online Shop


Kerja Online Shop Kilas Pemuda

Menjual barang melalui internet sudah menjadi hal lumrah saat ini. Banyak sekali online shop yang menawarkan baik dari barang yang umum, seperti baju, sepatu sampai yang tidak biasa seperti nomor judi, dan bahkan praktik prostitusi. Semua bisa ditawarkan melalui kerja online satu ini. Oleh sebab itu, rekan muda juga memiliki peluang sama besar. Penting rekan muda bisa menawarkan produk update dan berbeda serta murah.

2. Kerja Online Buat Website


Kerja Onine Buat Website Kilas Pemuda

Saat ini banyak tersedia website gratis, apalagi juga terdapat beberapa situs yang memiliki pilihan website berbayar, dengan biaya yang cukup murah. Walau begitu, bukan berarti tidak ada orang yang tidak ingin memilih jasa pembuatan website. Jika rakan muda paham bahasa pemograman website, maka rekan muda dapat menawarkan jasa ini. Sekarang pun orang lebih suka hal praktis, sehingga banyak kemungkinan orang lebih memilih jasa pembuatan website untuk membuatkan website khas.

3. Kerja Online Driver Ojek


Kerja online satu ini sedikit berbeda walau tetap masuk dengan kriteria kerja online. Saat ini memang semua sudah online, bahkan transportasi pun kini sudah main online. Contohnya saja ada ojek online yang kini populer karena bisa dipesan oleh pelanggan secara online. Dari sini ada peluang yang bisa dimanfaatkan oleh para pemuda. Ketika rekan muda senggang, rekan muda bisa menjadi driver ojek online hanya dengan modal ponsel dan juga motor.

4. Kerja Online Jual Jasa


Kerja Online Jual Jasa Kilas Pemuda

Rekan muda bisa melakukan segala hal apapun tanpa batas di dunia maya. Bukan hanya kerja online dengan menjual barang melainkan rekan muda juga bisa kerja online dengan menjual jasa yang tak terbatas. Bila rekan muda memiliki kemampuan dalam dunia desain, grafis, arsitek dan lainnya juga bisa mempromosikan diri di dunia online untuk bisa mendapatkan uang tambahan. Sekarang sudah banyak orang menawarkan jasa seperti ini karena memang pasaran di dunia maya sangatlah luas sehingga banyak juga peluang yang bisa dimanfaatkan.

5. Kerja Online Survey


Situs online kini sering menawarkan fee untuk setiap pengissian survey yang mereka lakukan. Ada dalam bentuk kupon belanja, ada juga dalam bentuk uang dolar. Tinggal situs seperti apa yang rekan muda pilih untuk kerja online. Biasanya, pengisian survey berkaitan dengan lifestyle dan produk-produk terbaru saat ini, serta penilaian rekan muda terhadap produk tertentu. Walaupun bayarannya bisa dibilang kecil, namun jika dilakukan secara rutin hal itu dapat menambah penghasilan tambahan.

6. Kerja Online Sosial Media Evaluator


Kerja Online sosial Media Evaluator Kilas Pemuda

Hampir mirip dengan survei online, namun kerja online sosial media evaluator akan sedikit berbeda pengalamannya. Saat melakukan kerja online sebagai media evaluator, rekan muda diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang kaitannya dengan iklan-iklan atau ads yang tayang di sejumlah media social ternama.

Untuk bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, rekan muda diminta kesediaan waktunya selama 4 jam sehari. Pasalnya sebagai sosial media evaluator, rekan muda akan dikirimi 20 iklan setiap harinya. Setiap iklannya ada pertanyaan dan harus selesai rekan muda jawab dalam satu hari.

Bila berhasil menyelesaikan tugas tersebut, rekan muda akan mendapatkan uang US$5 jika dirupiahkan kira-kira menjadi Rp65 ribu. Itu berarti dalam sebulan rekan muda bisa mendapatkan uang Rp1.950.000 dengan kerja online sebagai sosial media evaluator.

7. Kerja Online Jual Video dan Foto


Kerja Online Jual Video dan Foto  Kilas Pemuda

Punya keahlian dalam dunia fotografi dan bisa menghasilkan gambar-gambar indah, atau punya skill untuk mengambil video-video klip, ternyata rekan muda bisa mendapatkan uang dengan kerja online satu ini. Sebab orang akan bersedia membayar untuk foto ataupun video yang rekan muda jual di internet.

Bila rekan muda ingin kerja online dengan memajang foto atau video untuk dijual, beberapa situs penyedia foto atau video berikut bisa rekan muda gunakan jasanya. Mulai dari Shutterstock.com, Stockfresh.com, Alamy.com, Fotolia.com, Dreamstime.com, Istockphoto.com, FreeDigitalPhotos.net, Bigstockphoto.com, dan lainnya.

Uang yang rekan muda dapat dari kerja online ini nanti dihitung dari persentase komisi yang ditetapkan platform penyedia tersebut berdasarkan setiap foto atau video yang di download. Komisi setiap platform juga sangat bervariasi, berkisar dari 15-70%.

8. Kerja Online Mikro On


Bila rekan muda ingin bekerja dari rumah rekan muda bisa melakukan kerja online mikro on. Seperti namanya, jenis pekerjaan ini sangat kecil sehingga hanya memerlukan waktu pendek juga. Situs besar seperti Amazon, Turk, hingga MicroWorkers sering menawarkan jenis kerja online satu ini.

Bayaran yang akan rekan muda dapatkan pun akan beragam, sesuai dengan jangka waktu proyek dan adanya kesepakatan dengan pihak yang terkait. Pekerjaan yang harus rekan muda lakukan pun cukup mudah dan juga beragam. Mulai dari memberi komentar ulasan produk, hingga membuat artikel untuk website mereka.

9. Kerja Online Freelencer


Kerja Online Freelencer Kilas Pemuda

Jenis kerja online yang paling banyak disukai dan digunakan oleh pemuda adalah menjadi freelancer. Jenis pekerjaan ini memiliki banyak cabang pekerjaan dan bisa rekan muda pilih sesuai dengan kemampuan yang ada.

Freelance sendiri merupakan kerja online dengan jangka waktunya tidak tetap. Di mana hubungan kerja antara pemilik usaha dengan pekerjanya tidak memiliki “kontrak” resmi seperti pekerja kantoran atau instansi pada umumnya. Oleh sebab itu, beberapa perusahaan membutuhkan tenaga freelance sebab tidak selalu ada proyek misalnya.

Sebenarnya di atas hanya garis besar dari contoh kerja online, ada banyak sekali kerja online lainnya yang bisa rekan muda coba, rekan muda bisa memulainya dengan searching sekarang juga. Selamat mencoba!