Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siswa Kroasia dan Politik Eropa

Siswa Kroasia dan Politik Eropa
Seberapa akrab siswa sekolah menengah Kroasia dengan lembaga-lembaga Eropa dan Kepresidenan Kroasia Dewan Uni Eropa?

Ketika Kroasia mengambil alih kepresidenan Dewan Uni Eropa pada Januari 2020, siswa di Prva gimnazija Varaždin melakukan survei di kalangan siswa sekolah menengah di Kabupaten Varaždin untuk mengetahui seberapa dekat generasi muda yang akrab dengan Uni Eropa dan lembaga-lembaganya. Survei ini terdiri dari 7 pertanyaan yang berkaitan dengan Presidensi Kroasia Dewan Uni Eropa. Survei ini diselesaikan oleh 225 siswa, berusia 15 hingga 19 tahun, dari 11 sekolah menengah di Kabupaten Varaždin. Jumlah responden terbesar adalah siswa yang bersekolah di tata bahasa, khususnya siswa kelas empat.

Presidensi Kroasia 2020


Tujuan dari survei ini adalah untuk mendapatkan wawasan khusus tentang seberapa banyak siswa sekolah menengah di Kabupaten Varaždin tahu tentang kepresidenan Kroasia Dewan Uni Eropa. Jawaban atas pertanyaan pertama dalam survei menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memahami fakta bahwa Kroasia saat ini memimpin Dewan Uni Eropa. Ini bukan kejutan, karena banyak berita Kroasia telah melaporkan hal ini.

Peran Dewan Uni Eropa


Pindah ke pertanyaan kedua tentang apa peran Dewan Uni Eropa miliki di Uni Eropa, siswa telah memberikan banyak jawaban berbeda yang dapat diurutkan menjadi 2 kelompok besar. Menurut jawaban dalam kelompok 1, yang terdiri dari hampir setengah dari responden kami, Dewan Uni Eropa bertugas membuat undang-undang atau membuat keputusan penting tentang negara-negara anggota. Kelompok kedua terdiri dari 17 persen responden yang mengatakan bahwa mereka tidak tahu tentang peran Dewan Uni Eropa. Karena Dewan Uni Eropa adalah suara pemerintah anggota Uni Eropa dan mengadopsi undang-undang Uni Eropa dan mengoordinasikan kebijakan Uni Eropa, dapat disimpulkan bahwa separuh dari para siswa mendapat informasi tentang bagaimana fungsi Dewan Uni Eropa.

Makna Kepresidenan untuk Kroasia


Jawaban untuk pertanyaan ketiga, apa artinya kepresidenan Dewan untuk Kroasia, menunjukkan bahwa sebagian besar siswa percaya bahwa Kroasia dapat mengambil manfaat dari perannya saat ini secara ekonomi dan politik. Menurut jawaban yang diberikan, siswa menyadari fakta bahwa meskipun Kroasia adalah negara kecil, kepresidenan dapat membawanya dalam sorotan dan lebih banyak orang di seluruh Eropa dapat mempelajarinya yang dapat baik untuk investasi, pariwisata, pengembangan ekonomi, lebih baik kerjasama dengan negara-negara Eropa lainnya.

Durasi Kepresidenan


Mengenai pertanyaan keempat tentang berapa lama kepresidenan dipegang oleh satu negara, lebih dari separuh siswa yang ditanyai mengetahui fakta bahwa kepresidenan diadakan selama 6 bulan. Dalam hal Kroasia adalah dari Januari hingga Juli 2020. Informasi ini juga dipublikasikan dalam berita sehingga jawaban yang benar menunjukkan bahwa siswa diberi informasi tentang peristiwa politik.

Trio Presidensi Saat Ini: Rumania, Finlandia dan Kroasia


Namun, pertanyaan kelima, "Apa trio kepresidenan saat ini", sebagian besar salah menjawab. Jawaban yang benar, Kroasia, Finlandia dan Rumania, sebenarnya memiliki persentase terendah. Hampir setengah dari siswa memilih Prancis, Jerman dan Kroasia sebagai tanggapan mereka. Mereka mungkin berpikir bahwa untuk menjadi anggota trio kepresidenan, negara anggota harus menjadi salah satu negara terkuat di UE. Informasi ini juga kurang hadir di media.

Moto dan Program Kroasia

Eropa yang kuat di dunia yang menantang"
Pertanyaan keenam, tentang moto resmi Kepresidenan, memiliki perselisihan besar dalam persentase. Jawaban yang tepat, "Eropa yang kuat di dunia yang menantang" berada di atas dengan hanya dua suara lebih dari jawaban yang datang di tempat kedua. Jawaban kedua yang paling sering dipilih adalah: "Eropa yang berkelanjutan - masa depan yang berkelanjutan". Siswa mungkin memilihnya karena kesederhanaan dan daya tarik slogannya.

Eropa yang berkembang, Eropa yang menghubungkan, Eropa yang melindungi, Eropa yang berpengaruh"

Pindah ke pertanyaan terakhir tentang pilar program kepresidenan Kroasia, Sekitar dua per lima dari responden survei menjawabnya dengan benar: "Eropa yang berkembang, Eropa yang menghubungkan, Eropa yang melindungi dan berpengaruh Eropa". Sekitar sepertiga siswa memilih jawaban serupa yang juga mencakup empat elemen, yang menunjukkan bahwa sebagian besar siswa menyadari empat pilar tetapi beberapa tidak yakin tentang apa yang sebenarnya ditekankan dalam program.

Sebagai kesimpulan, tampaknya siswa memiliki pengetahuan yang cukup baik tentang Dewan Uni Eropa. Hal-hal yang mereka baca di koran atau dengar di berita pasti tetap ada di kepala mereka. Kemudian lagi mereka tidak tahu semua jawaban, terutama yang membutuhkan informasi yang tidak banyak dipromosikan di media. Namun, kita dapat menyimpulkan bahwa siswa cukup mengetahui tentang Dewan Uni Eropa dan bahkan lebih penting lagi, mereka menunjukkan sikap yang cukup positif dan beberapa optimisme tentang peran Kroasia di UE.

Artikel asli Petar Potočnik

Posting Komentar untuk "Siswa Kroasia dan Politik Eropa"