-->

Cara Pemuda Bicara di Depan Umum

Cara Pemuda Bicara di Depan Umum

Cara berbicara di depan umum untuk pemuda bertujuan untuk mengurangi kecemasan yang dapat mengganggu dalam memberikan presentasi atau berinteraksi di depan umum. Cara ini juga dapat bermanfaat bagi pemuda yang mengalami gangguan kecemasan sosial yang mengalami kesulitan berbicara di depan kelompok atau bercerita di antara teman-teman.

Orang pendiam bukan berarti tidak pandai berbicara dan orang yang banyak bicara juga belum tentu lihai berbicara di depan umum. Jadi, bagi rekan muda yang ingin bisa bicara depan umum dengan baik, langsung baca deh tips di bawah ini.

Cara Berbicara di Depan Umum untuk Pemuda:


  • Bicara apa yang diketahui. Jika memungkinkan, pilih topik untuk bicara atau presentasi yang sangat rekan muda ketahui dan sukai. Semangat saat bicara tentang topik tersebut akan dirasakan oleh audiens, dan rekan muda akan merasa senang untuk terus berbicara karena merasa sudah mengetahui banyak pengalaman dan sangat siap jika ada pertanyaan yang akan diberikan audiens.
  • Tampilkan kepercayaan diri. Tampilah dengan terlihat percaya diri saat bicara depan umum, rileks. Jika seorang atlet meregangkan otot untuk tampil maksimal, maka pemuda yang ingin bicara depan umum meregangkan mental dan pikiran. Dan kuncinya berawal dari pikiran, jika pikiran membayangkan hal-hal buruk tentang pendengar di depan rekan muda, maka jangan harap bisa bicara dengan tenang. Bayangkanlah hal-hal baik tentang audiens rekan muda saat sedang bicara depan umum, maka saat itu juga rekan muda akan terlihat percaya diri saat sedang bicara. Untuk mendapat kepercayaan diri dengan mudah rekan muda bisa lihat artikel 5 Langkah Meningkatkan Level Kepercayaan Diri berikut ini.
  • Fokus bicara pada isi pesan. Saat rekan muda fokus pada sebuah tugas besar yang ada, kecemasan cenderung tidak terkendali. Baiknya fokus bicara pada pesan utama pidato atau presentasi dan jadikan tujuan rekan muda untuk menyampaikan pesan itu kepada pemuda lain di depan rekan muda. Bicara yang melebar akan mengakibatkan pembicaraan yang terbelit-belit, dan hal ini tidak bagus bagi rekan muda yang ingin telihat bagus saat bicara depan umum. 
  • Amati pembicara lain. Luangkan waktu untuk menonton pembicara lain yang lihai bicara di depan umum, hal ini juga dapat membantu rekan muda untuk meniru gaya dan kepercayaan diri yang ada pada mereka. Kita juga sering mendengar kalimat “jadilah pendengar yang baik bukan hanya jadi pembicara yang baik”. Dengan melihat dan mendengar pemuda lain bicara dengan baik di depan umum, maka secara perlahan rekan muda juga sedang mengarah untuk bisa bicara dengan baik di depan umum.
  • Atur tempo dan nada pembicaraan. Setiap bicara dalam pidato atau presentasi harus memiliki pengantar, tubuh, dan kesimpulan dalam isi bicara tersebut. Aturlah tempo dan nada bicara rekan muda sehingga pemuda lain juga tahu inti dari pembicaraan rekan muda. Hal ini tidak mudah dilakukan jika tidak sering bicara secara langsung, butuh sebuah konsistensi untuk bisa mengatur pola bicara yang baik seperti ini. Bila sudah bisa bicara dengan pengaturan tempo dan nada yang pas, berarti rekan muda sudah berada dalam tahap bicara yang bagus di depaan umum.
  • Cari perhatian audiens. Sebagian besar pendengar saat rekan muda bicara akan memperhatikan setidaknya selama 20 detik pertama; menarik perhatian audiens pada saat-saat awal sangat diperlukan. Mulailah dengan bicara fakta menarik atau cerita yang berhubungan dengan topik rekan muda. Bicara cerita bisa menarik perhatian audiens dan bisa menyampaikan pesan dengan cara yang lebih bermakna daripada bicara data-data yang membosankan. Nah, berikut ada 5 Cara Cepat Menarik Perhatian Audiens yang bisa rekan muda baca.
  • Ciptakan gaya sendiri. Selain melihat dan meniru cara bicara yang baik, berusahalah mengembangkan gaya pribadi rekan muda sendiri sebagai pembicara publik. Padukan kepribadian sendiri ke dalam gaya bicara yang membuat rekan muda merasa lebih nyaman saat bicara depan umum. Menceritakan kisah nayata pribadi yang terkait dengan tema bicara adalah cara yang bagus untuk membuat audiens mengenal rekan muda lebih baik.
  • Jauhi kata-kata kosong. Kata-kata seperti "pada dasarnya", "baik", "um" dan kata-kata lain yang tidak berisi alias tidak menambahkan apa pun pada ucapan rekan muda. Berlatihlah untuk diam seketika saat rekan muda merasakan dorongan untuk menggunakan salah satu dari kata-kata ini saat sedang bicara depan umum.
  • Buat audiens tertawa. Tertawa merupakan cara yang bagus untuk membuat rekan muda dan pendengar merasa rileks, dengan menceritakan lelucon bisa menjadi pembuka bicara yang baik di awal pidato. Latih waktu dan coba kirim lelucon rekan muda kepada kawan dan mintalah pendapat mereka. Pastikan bahwa lelucon itu bisa dipakai saat bicara depan umum.
  • Tampilkan wajah yang ramah. Jika rekan muda masih merasa masih ragu, carilah salah satu teman atau seseorang yang tampak ramah dan bayangkan bahwa rekan muda sedang bicara kepada orang itu. Jika masih juga gagal, tersenyumlah. Para audiens setidaknya akan menilai rekan muda sebagai pembicara yang hangat dan mereka akan lebih menerima apa yang rekan muda katakan.
  • Praktek sekarang juga. Bahkan pembicara ulung sekalipun harus sering mempraktikkan cara bicara pembicara terdahulu. Berlatihlah dengan sungguh-sungguh, rekan muda bisa menggunakan alat perekam atau kamera video dan kemudian perhatikan diri rekan muda untuk melihat sejauh mana kemampuan bicara yang dimiliki saat ini. Jika merasa berani dalam bicara, cobalah berlatih di depan teman atau anggota keluarga dan minta mintalah penilaian mereka.

Bicara dengan gagah di depan umum butuh kebiasaan yang memang harus melakukannya secara langsung, dan terus memperbaiki kekurangan-kekurangan saat sedang bicara depan umum. Ingat! Bukan hanya keberanian yang dibutuhkan saat bicara depan umum, namun juga butuh pengetahuan dan skill yang terus diasah.

Jika masih bingung baimana agar bisa bicara dengan baik di depan umum, rekan muda bisa baca 10 Cara Menambah Karisma Agar Terlihat Berwibawa. Tips tersebut sangat cocok dikombinasikan dengan tips cara bicara depan umum yang ini.