-->

9 Cara Hebat untuk Mengakhiri Tahun 2020


Akhir tahun akan menghampiri rekan muda kembali, dan kini waktu yang tepat untuk merenungkan semua yang terjadi dalam hidup rekan muda di tahun 2020. Apakah rekan muda sudah mencapai tujuan pribadi, bagaimana dengan pekerjaan, atau bagaimana dengan pendidikan? Baik rekan muda mencobanya atau tidak, berikut adalah 9 hal yang dapat rekan muda lakukan untuk mengakhiri akhir tahun dengan sempurna.

1. Kenali Apa yang Rekan Muda Capai

Rekan muda mungkin mengalami banyak hal dalam hidup rekan muda di tahun 2020. Setelah tahun yang panjang, mudah untuk melupakan hal-hal positif yang telah rekan muda capai. Luangkan waktu untuk menuliskan semua yang rekan muda capai di tahun 2020, tidak peduli seberapa besar atau kecil pencapaian tersebut. Rekan muda mungkin akan terkejut menemukan bahwa daftarnya jauh lebih panjang dari yang rekan muda kira!

2. Cari Tahu Hal - Hal yang Tidak Rekan Muda Capai 

Setelah rekan muda tahu apa yang telah rekan muda capai, sekarang saatnya untuk mengidentifikasi hal-hal yang tidak berjalan sesuai rencana. Tuliskan hal-hal yang tidak rekan muda capai, dan pikirkan apa yang menghalangi capaian tersebut. Tanyakan pada diri sendiri apa yang dapat rekan muda lakukan untuk mencapai tujuan tersebut di tahun baru, sehingga rekan muda dapat menambahkannya ke daftar pencapaian rekan muda di tahun 2021.

3. Buatlah Beberapa Keputusan Besar Sekarang 


Rekan muda mungkin terjebak dalam pekerjaan yang rekan muda benci , atau dalam hubungan yang tidak berhasil. Lebih baik mengambil tindakan sekarang daripada membawa hal-hal negatif ini ke tahun baru. Mengundurkan diri dari pekerjaan atau mengakhiri hubungan bisa jadi sulit, tetapi melepaskan beban dari pundak rekan muda akan memungkinkan rekan muda untuk lebih fokus pada tahun depan.

4. Berterima Kasih kepada Orang - Orang yang Telah Memberikan Dampak Positif 

Meskipun beberapa orang mungkin memberikan pengaruh negatif pada hidup rekan muda, pasti ada juga beberapa orang yang memberikan pengaruh positif pada rekan muda. Pikirkan tentang semua orang yang membantu rekan muda melewati masa-masa sulit, mendukung rekan muda dalam mencapai tujuan, atau sekadar membuat rekan muda lebih bahagia. Pastikan rekan muda memberi tahu orang-orang ini betapa rekan muda menghargai mereka, apakah itu melalui pesan teks, panggilan telepon, email, atau memberi tahu mereka secara langsung.

5. Lakukan Perbuatan Baik 

Musim perayaan seharusnya menjadi salah satu perayaan, tetapi bagi banyak orang, ini tidak terjadi. Pertimbangkan melakukan perbuatan baik untuk membuat akhir tahun lebih cerah bagi seseorang yang kurang beruntung dari rekan muda. Rekan muda dapat melihat-lihat di sekitar rumah untuk mencari pakaian, buku, atau mainan apa pun yang dapat rekan muda sumbangkan untuk tujuan mulia, atau ikut serta dalam acara amal apa pun yang berlangsung di daerah rekan muda.

6. Lakukan Persiapan untuk Tahun Baru 

Penting untuk memastikan bahwa semua rencana rekan muda sudah ada sebelum tahun baru dimulai, sehingga rekan muda dapat siap untuk menindaklanjutinya. Mendaftar untuk kursus perguruan tinggi yang ingin rekan muda pelajari; menandatangani sewa di flat baru yang ingin rekan muda masuki; atau mulai lebih awal pada beberapa Resolusi Tahun Baru rekan muda. Lakukan apa pun yang menurut rekan muda perlu agar rekan muda merasa siap menghadapi tahun 2021.

7. Cek Saldo Pemasukan dan Pengeluaran Selama Setahun Terakhir


Jangan pernah meremehkan tentang keuangan rekan muda. Finansial adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan karena akan menyangkut keberlangsungan kehidupan rekan muda di tahun depan. Dengan mengetahui pemasukan dan pengeluaran rekan muda pada tahun ini, makan hal itu akan memudahkan rekan muda dalam mengatur pengeluaran yang dibutuhkan di tahun baru nantinya. Saldo keuangan yang stabil akan membuat rekan muda lebih baik dan bahagia di tahun baru 2021. 

8. Liburan Sederhana

Kesibukan yang padat dari bulan ke bulan terkadang membuat rekan muda jenuh akan rutinitas dan keadaan yang rekan muda alami, jangan biarkan kejenuhan tersebut membuat rekan muda ‘mengeluh’ sendiri dan berujung kepada stres ringan untuk rekan muda. Oleh sebab itu, ada baiknya rekan muda untuk pergi bertamasya ke tempat yang selama ini ingin rekan muda datangi. Tidak perlu pergi wisata jauh-jauh dan mewah apalagi di saat pandemi seperti sekarang ini, rekan muda cukup pergi ke tempat-tempat yang membuat rekan muda merasa nyaman.

9. Santai dan Nikmatilah! 

Saatnya bersantai dan menghabiskan waktu berkualitas bersama teman dan keluarga. Singkirkan hal-hal negatif dari tahun lalu, dan berikan diri rekan muda istirahat yang memang layak! Sangat penting untuk merasa benar-benar segar dan segar saat rekan muda memulai tahun baru 2021. 


Selamat tahun baru buat rekan muda semua! Terima kasih sudah mampir dan setia membaca artikel-artikel di Kilas Pemuda. Happy New Year!