Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Cara Merekrut Anggota Organisasi

Cara Efektif Mendapatkan Anggota Baru

Apakah Kamu sedang terlibat dengan sebuah klub, grup amal, atau organisasi hebat yang benar-benar Kamu sukai? Apakah Kamu ingin merekrut anggota organisasi atau pendukung baru tambahan?

Ini mungkin terdengar mudah di bagi sebagian orang, tetapi ini bisa menjadi tantangan yang cukup besar.

Dekade terakhir telah terlihat penurunan yang stabil dan signifikan dalam berbagai jenis keanggotaan organisasi, dari remaja masjid hingga klub sipil sampai organisasi profesional.

Salah satu alasan yang lemahnya perekrutan anngota baru mungkin karena perubahan generasi dalam cara memilih untuk terhubung dengan orang baru, apalagi saat ini banyak pemuda lebih memilih koneksi online atau media sosial daripada kelompok keanggotaan formal dan tatap muka secara langsung.

Juga, bisa jadi dikarenakan dengan banyaknya tuntutan yang saling bertentangan dengan waktu pekerjaan, keluarga dan kegiatan rekreasi, sehingga waktu ekstra untuk kelompok atau klub sukarela seringkali sangat sulit, bahkan hampir tidak mungkin untuk bisa menyesuaikan diri.

Kilas Pemuda sudah sering membrikan tips dalam upaya perekrutan keanggotaan baru dalam organisasi. Setelah mencoba membagikan berbagai strategi selama bertahun-tahun, menarik untuk melihat apa yang berhasil dan apa yang tidak.

Berikut adalah 11 strategi rekrutmen efektif yang telah Kilas Pemuda gunakan yang dapat dipertimbangkan saat Kamu ingin mencoba mengumpulkan anggota organisasi atau pendukung baru untuk grup atau tujuan favorit Kamu.

1) Buat jaringan keanggotaan

 
11 Cara Merekrut Anggota Organisasi

Temukan beberapa pendukung Kamu yang paling bersemangat dan minta mereka untuk memimpin upaya perekrutan keanggotaan baru dalam organisasi. Kelompok inti ini akan mengembangkan dan mengawasi rencana perekrutan anggota baru organisasi. Kemudian temukan penghubung alami dalam grup Kamu tersebut, cari tahu anggota organisasi yang memiliki lingkaran pertemanan yang luas atau anggota organisasi yang tampaknya mengenal hampir semua orang. Tunjuk mereka sebagai "duta besar" untuk membantu menyebarkan berita tentang program dan tujuan hebat grup Kamu.

2) Pelajari audiens target Kamu

 
11 Cara Merekrut Anggota Organisasi

Lakukan yang terbaik untuk mencari tahu siapa anggota organisasi paling potensial dalam grup Kamu. Beberapa kelompok menargetkan calon anggota baru organisasi berdasarkan pekerjaan, lokasi geografis, minat khusus, atau karakteristik pribadi lainnya. Manfaatkan data yang tersedia seperti milis, direktori online, atau informasi publik lainnya untuk mengidentifikasi calon anggota baru organisasi.

3) Cari peluang mendapatkan kontak


11 Cara Merekrut Anggota Organisasi

Cobalah untuk menentukan bagaimana dan di mana dengan mudah menghubungi atau menjumpai calon anggota baru organisasi, baik secara online, melalui surat, atau secara langsung. Beberapa pilihan cara untuk tatap muka langsung dengan professional dapat dilakukan dengan melakukan sebuah acara oleh organisasi dan komunitas Kamu, bisa konferensi pendidikan, pameran dagang, atau festival lokal. Kemudian buat rencana khusus untuk penjangkauan dan rekrutmen, berikan informasi spesifik yang ingin dibagikan tentang organisasi Kamu.

4) Berhubungn langsung secara pribadi

 
11 Cara Merekrut Anggota Organisasi

Bila memungkinkan, coba hubungi calon anggota organisasi secara langsung, artinya baik melalui telepon atau bertemu secara langsung, sehingga Kamu memiliki kesempatan untuk berbicara dengan mereka tentang keanggotaan. Lanjutkan dengan memberikan undangan pribadi untuk bergabung dengan grup Kamu dan pastikan untuk tersenyum!

5) Jelaskan manfaat secara spesifik

 
11 Cara Merekrut Anggota Organisasi

Setelah mengundang mereka untuk bergabung, mulailah menjelaskan beberapa manfaat khusus yang menurut mereka menarik. Apakah mereka mengakuinya atau tidak, pasti sempat terlintas dalam pikiran mereka "Apa untungnya bagi saya untuk ikut begabung?" Bicara tentang keuntungan saat bergabung dengan grup adalah hal sering terjadi, apakah itu kepuasan pribadi untuk mendukung tujuan yang berharga, mendapatkan informasi berharga untuk memajukan karir seseorang, atau bertemu teman atau kolega baru.

6) Sesuaikan dengan individu anggota baru

 
11 Cara Merekrut Anggota Organisasi

Sebutkan satu atau dua manfaat yang bisa sangat berarti bagi calon anggota organisasi. Misalnya, jika seorang profesional muda, bicarakan tentang peluang jaringan dan cara untuk memperluas koneksi bisnis mereka. Jika orang tersebut memiliki beberapa bidang minat khusus, tekankan bagaimana kelompok tersebut menyediakan kegiatan terfokus di bidang tersebut. Berikan informasi kontak jika mereka ingin berbicara dengan seseorang yang mengetahui lebih banyak tentang program atau layanan tertentu dalam organisasi.

7) Ceritakan beberapa kesenangan dengan fakta

 
11 Cara Merekrut Anggota Organisasi

Beberapa orang membuat keputusan dari sudut pandang rasional, sementara yang lain lebih berdasarkan perasaan. Saat Kamu berbicara tentang manfaat grup, jangan lupa untuk menyebutkan beberapa aspek sosial dan pembangunan hubungan yang menyenangkan dari keanggotaan bersama dengan semua fakta dan angka yang mengesankan tentang program dan layanan anggota organisasi. Bicaralah dengan antusias tentang beberapa keuntungan pribadi yang Kamu peroleh dari menjadi anggota organisasi.

8) Memberikan fasilitas gratis

 
11 Cara Merekrut Anggota Organisasi

Sebagian besar organisasi hebat menawarkan banyak fasilitas khusus anggota secara gratis. Orang-orang menyukai ini, karena mereka merasa mendapatkan informasi orang dalam yang tidak tersedia untuk masyarakat umum. Pastikan untuk menyebutkan beberapa sumber spesifik, dan berikan anggota organisasi sumber contoh yang potensial untuk membangkitkan selera mereka.

9) Hilangkan hambatan

 
11 Cara Merekrut Anggota Organisasi

Permudah anggota baru organisasi untuk bergabung dengan grup. Arahkan mereka ke halaman online untuk mendaftar atau tawarkan agar seseorang dari grup menelepon mereka untuk membantu mereka mendaftar. Jika ada iuran, tawarkan berbagai metode pembayaran (kartu kredit, transfer bank otomatis) dan paket pembayaran (misalnya, cicilan bulanan yang terjangkau). Banyak grup juga akan menawarkan diskon anggota baru organisasi.

10) Lakukan tindak lanjut

 
11 Cara Merekrut Anggota Organisasi

Tentu tidak semua orang yang Kamu dekati akan mendaftar menjadi anggota organisasi saat pertama kali Kamu menghubungi mereka. Tunggu sebentar dan kemudian periksa untuk melihat apakah mereka memiliki pertanyaan tentang grup atau ingin informasi lebih lanjut. Pastikan mereka tahu bahwa mereka dapat menghubungi Kamu kapan saja jika ada pertanyaan.

11) Kirim ucapan terima kasih

 
11 Cara Merekrut Anggota Organisasi

Setelah mendekati dan berhubungan dengan calon anggota baru organisasi, ingatlah untuk berterima kasih atas waktunya. Jika mereka memutuskan untuk bergabung dengan grup Kamu, pastikan untuk menindaklanjutinya dengan ucapan terima kasih lainnya. Sekali lagi, lakukan ini secara langsung jika memungkinkan. Atau, seperti yang sering diingatkan oleh salah satu kolega saya, ucapan terima kasih tulisan tangan yang dikirim melalui pos pasti akan lebih berkesan.

Semoga tips ini akan membantu Kamu merekrut anggota organisasi dan pendukung baru ke grup atau tujuan favorit Kamu. Selamat mencoba, dan semoga berhasil!

Posting Komentar untuk "11 Cara Merekrut Anggota Organisasi"