Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyatu dengan Pekerjaan yang Bukan Passion


Seberapa senang rekan muda saat berada di tempat kerja?

Tidak peduli seberapa baik rekan muda melakukan pekerjaan, tetap saja ada kemungkinan pekerjaan yang sudah rekan muda lakukan tidak dihargai.

Rekan muda juga mengalami sejumlah tantangan di tempat kerja rekan muda seperti:
  • Gaji yang kecil
  • Jam kerja lama dan tenggat waktu yang ketat
  • Tuntutan kerja yang berlebihan
  • Komitmen kerja mengganggu keseimbangan kehidupan pribadi
  • Hubungan yang tegang antar kawan kerja
  • Kurang bisa berpendapat di tempat kerja
  • Internal perusahaan yang kaku
  • Penindasan di tempat kerja
  • Sedikit peluang promosi dan tidak ada jenjang karier yang jelas.
Jadi bagaimana rekan muda mengatasinya?

Tentu, rekan muda sangat ingin mendapat gaji yang sesuai dengan pekerjaan, mendapatkan kesenangan, mendapatkan pengakuan dan promosi atas upaya rekan muda dan dihargai atas pekerjaan yang sudah rekan muda lakukan.

Namun pada saat yang sama, rekan muda menginginkan kehidupan pribadi yang seimbang dengan memiliki banyak waktu untuk bersosial dan melakukan hal-hal yang menarik lainnya. Wajar saja, jika rekan muda ingin memiliki kejelasan tentang karier sekaligus juga ingin terus sehat, bugar, dan bebas stres.

Banyak pemuda diluar sana yang mengalami dilema tentang pekerjaan yang membuat dia tidak nyaman di tempat kerja karena merasa terganggu kehidupan pribadinya, untuk menyelesaikan masalah ini harus memperjelas dulu seberapa besar rekan muda mencintai pekerjaan yang rekan muda lakukan saat ini?

Apakah pekerjaan rekan muda membuat rekan muda harus “melompat” dari tempat tidur setiap paginya?

Atau apakah rekan muda lebih suka melakukan sesuatu yang lain?

Tidak peduli seberapa baik hal-hal di bagian lain dari hidup rekan muda seperti keluarga, kehidupan sosial, dan hubungan pertemanan, harus diingat pekerjaan adalah bagian utama dari hidup rekan muda, dan tidak boleh diabaikan.

Karena untuk saat ini, rekan muda telah memilih untuk berada dalam pekerjaan yang sekarang, ada baiknya rekan muda memanfaatkan apa yang sudah didapatkan. Tentu saja dalam jangka panjang, rekan muda dapat mengubah pekerjaan atau bahkan memulai karier baru.

Dengan asumsi bahwa dalam jangka pendek rekan muda tidak dapat berganti pekerjaan, ada beberapa hal yang dapat rekan muda lakukan untuk mulai lebih menikmati apa yang rekan muda kerjakan saat ini.

Tanyakan pada diri sendiri – bagaimana tentang pekerjaan rekan muda saat ini?

Dan apa yang dapat rekan muda lakukan untuk membuat pekerjaan saat ini lebih menyenangkan?

Berhentilah bertindak sebagai korban. REKAN MUDA bertanggung jawab atas hidup rekan muda dan jika tidak dapat segera mengganti pekerjaan, maka rekan muda harus memanfaatkan pekerjaan saat ini sebaik mungkin.

Berikut adalah 11 tips untuk lebih menikmati pekerjaan rekan muda saat ini.

1. Bangkitkan motivasi di pagi hari

 

Dalam perjalanan ke tempat kerja rekan muda, pikirkan bagaimana pekerjaan yang dimiliki akan membuat kehidupan di luarnya menjadi lebih baik, seperti kehidupan sosial yang hebat dan lain-lain. Sikap positif akan membuat hari menjadi lebih menyenangkan dan juga produktif.

2. Lakukan hal lebih dalam bekerja dengan sukarela


Hanya rekan muda yang dapat melakukan hal terbaik dalam setiap situasi yang rekan muda hadapi. Lampaui diri dan pekerjaan rekan muda, dan pertimbangkan untuk melakukan hal lebih dalam bekerja. Lakukan beberapa pekerjaan tambahan dengan sukarela agar mendapatkan pandangan baik yang lebih luas. Temukan cara untuk berkontribusi pada masyarakat secara umum.

3. Rekan muda lebih besar dari sebuah pekerjaan


Jangan sampai rekan muda terlalu terikat dengan pekerjaan yang dilakukan. Berhentilah berpikir bahwa kehidupan kerja rekan muda "harus" dengan cara tertentu. Pandangan seperti itu sama halnya dengan aturan yang ditetapkan oleh orang tua dan guru rekan muda, dan hal itu dapat membuat rekan muda tidak bisa menikmati apa yang rekan muda lakukan saat ini.

4. Rencanakan waktu rekan muda dan buat daftar tugas


Dalam daftar tugas, buatlah perencanaan jangka panjang serta hal-hal yang perlu dilakukan dalam waktu dekat.

Prioritaskan daftar tugas rekan muda – lakukan hal yang paling penting terlebih dahulu. Saat melakukan tugas apa pun, tanyakan pada diri rekan muda – apakah ini penggunaan waktu saya yang terbaik? Jadwalkan waktu yang sesuai dengan rekan muda.

5. Berkonsentrasi pada tugas yang ada


Jangan biarkan diri rekan muda terganggu dengan mengkhawatirkan hal-hal lain yang harus rekan muda lakukan atau kehilangan energi karena menghadapai situasi yang tidak rekan muda inginkan. Tetap fokus dengan yang dilakukan saat ini, bersikaplah tegas dan selesaikan pekerjaan.

6. Perjelas tentang apa yang rekan muda harapkan


Klarifikasi segera, saat rekan muda sudah tidak yakin atau sedang dihadapkan pada tuntutan yang saling bertentangan. Jelaskan dan terbukalah apa yang rekan muda rasakan dengan manajer atau orang lain yang bekerja dengan rekan muda, hal ini akan akan membuat pekerjaan rekan muda menjadi semakin baik dalam jangka panjang.

7. Istirahatlah secara teratur


Bangunlah dari tempat duduk kerja rekan muda meskipun hanya selama lima menit. Cobalah istirahat dari laptop, email, dan tinggalkan ponsel. Pastikan rekan muda memiliki istirahat makan siang – tidak hanya untuk makanan tetapi juga untuk udara segar dan istirahat mental.

Makanlah makanan siang yang sehat dan jika rekan muda ingin ngemil, pastikan itu juga sehat – pilihlah sebuah apel daripada sekantong keripik. Carilah cara untuk memberi energi pada diri rekan muda sendiri.

8. Belajarlah untuk bersantai


Tidak peduli seberapa menantang pekerjaan itu atau seberapa menuntut atasan rekan muda, pada akhirnya itu hanya pekerjaan dan diri rekan muda jauh lebih penting dari itu. Jika rekan muda sukses bekerja secara santai, pada masa yang akan datang rekan muda akan jarang mengalami keributan fisik maupun mental di tempat kerja.

9. Jadikan tempat kerja rekan muda lebih menyenangkan

 

Berkontribusilah untuk menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan. Jangan bergosip di kantor karena hanya menciptakan hal-hal negatif di sekitar rekan muda. Jangan mendengarkan gosip apapun juga. Minimalkan waktu dengan orang-orang yang tidak rekan muda sukai atau sukai.

Belajarlah untuk lebih bersenang-senang di tempat kerja. Lebih banyak tertawa dan santai. Tampil dengan pendekatan berorientasi yang lebih menyenangkan.

10. Nilai hari rekan muda sebelum pulang ke rumah


Lihatlah apa yang berhasil dengan baik hari ini, dan apa yang dapat ditingkatkan pada hari berikutnya. Jika rekan muda merasa puas dengan pekerjaan hari itu, mengapa tidak memberi hadiah pada diri sendiri. Rekan muda layak mendapatkannya.

11. Tinggalkan pikiran tentang pekerjaan


Rekan muda sudah bekerja sepertiga dari waktu hidup sehari, jadi jangan terus memikirkannya selama waktu luang rekan muda. Ucapkan selamat tinggal secara mental pada ruang kerja rekan muda saat hendak pulang ke rumah.

Anggap pekerjaan rekan muda sebagai permainan. Hidup dimaksudkan untuk senang-senang dan jika rekan muda akan menghabiskan sepertiganya untuk bekerja, rekan muda sebaiknya menikmati permainannya. Nikmati pekerjaan rekan muda – dan jika berhasil menikmatinya, rekan muda selalu dapat menemukan sesuatu yang lebih baik dalam jangka menengah hingga panjang nantinya.

Posting Komentar untuk "Cara Menyatu dengan Pekerjaan yang Bukan Passion"