Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Baru Lulus Kuliah? Lakukan 10 Hal Ini Sebelum Terjun ke Dunia Kerja


Banyak mahasiswa mengambil keuntungan dari beberapa waktu luang pasca kelulusan perkuliahan, banyak yang memilih untuk mengejar jalur lain daripada langsung terjun ke karir penuh waktu.

Jika rekan muda lulusan baru yang ragu untuk terjun ke dunia kerja "nyata", pertimbangkan untuk melakukan hal lain dengan waktu rekan muda, seperti magang, menjadi sukarelawan, atau bepergian. Namun, apa pun yang rekan muda pilih untuk dilakukan, pastikan berpikir terlebih dahulu tentang keputusan tersebut, yakini bahwa pilihan tersebut bisa menjadi pengalaman yang berkualitas untuk dicantumkan di biodata rekan muda ketika memilih untuk memulai pencarian kerja dan karier yang lebih permanen.

1. Menjadi Pemandu Petualangan


Apakah rekan muda tipe petualang? jika menyukai arung jeram, terjun payung, panjat tebing, abseiling, kayak, snorkeling, bungee jumping—ubahlah hobi tersebut menjadi pekerjaan paruh waktu atau bahkan pekerjaan penuh waktu. Banyak perusahaan petualangan mencari orang-orang muda untuk dipekerjakan.

Ada peluang baik di Indonesia maupun internasional, karena banyak perusahaan hiburan mencari untuk mempekerjakan pemandu yang bersemangat karena popularitas jenis kegiatan ini ada di kalangan pemuda.

2. Menjadi Pengasuh


Kesempatan yang sangat baik bagi orang-orang yang suka bekerja dengan anak-anak. Jika rekan muda memutuskan untuk menjadi pengasuh yang tinggal di rumah, maka rekan muda akan sering mendapatkan kamar dan makan gratis, yang merupakan cara terbaik untuk menghemat uang. Plus, pekerjaan pengasuh cenderung datang dengan fasilitas lain seperti kesempatan untuk bepergian dengan keluarga, gaji mingguan yang pasti, dan penggunaan mobil gratis.

Pengasuh jangka panjang, seperti bekerja dengan keluarga yang sama selama satu tahun, juga bisa menjadi cara terbaik untuk mengembangkan pengalaman pribadi yang kuat yang dapat rekan muda berikan kepada tempat kerja lain di masa depan.

3. Menjadi Asisten Peneliti


Jika rekan muda masih tinggal dekat dengan perguruan tinggi, cobalah menjadi asisten penelitian , karena universitas memiliki banyak sumber daya yang diinvestasikan dalam penelitian. Meskipun "penelitian" mungkin tampak eksklusif untuk sains, rekan muda akan terkejut betapa banyak penelitian yang masuk ke bidang lain juga—dari yang sudah jelas, seperti biologi, kimia, dan psikologi, hingga yang tak terduga, seperti jurnalisme, hubungan internasional, dan seni. sejarah.

Biasanya ada banyak peluang untuk mahasiswa pasca sarjana, dan jika rekan muda lulusan baru, rekan muda dapat memanfaatkan koneksi dengan profesor serta fakultas dan staf lain yang mungkin telah rekan muda kenal saat berada di sekolah.

4. Kerja Magang


Meskipun banyak magang menetapkan bahwa calon harus memiliki rekomendasi dari perguruan tinggi agar memenuhi syarat untuk bekerja, ada beberapa tempat magang yang tidak memerlukan hal itu. Bahkan banyak juga magang yang dibayar, menawarkan kompensasi dan lain-lain.

Jika rekan muda lulusan baru, ada kemungkinan besar dapat menemukan posisi yang cocok, terutama jika rekan muda bersedia magang secara penuh waktu. Magang tidak hanya menawarkan pengalaman kerja yang berharga, tetapi juga merupakan cara terbaik untuk menjalin hubungan dengan calon pemberi kerja. Magang juga akan memberi pengalaman yang keren untuk dicantumkan di cv rekan muda.

5. Upgrade Hobi Jadi Pekerjaan


Apakah rekan muda suka yoga atau pilates? Apakah rekan muda seorang ahli panjat tebing? Suka melukis? Jika rekan muda memiliki hobi yang dapat diubah menjadi pekerjaan paruh waktu, pertimbangkan untuk berinvestasi dalam kursus pelatihan dan mendapatkan sertifikasi, atau bahkan mengajarkannya sendiri secara langsung.

Misalnya, rekan muda dapat mengikuti kursus pelatihan guru yoga, menjadi instruktur ski atau panjat tebing bersertifikat, atau menjadi guru seni di pusat komunitas setempat.

Apa pun yang suka dilakukan, cari tahu bagaimana rekan muda bisa menghasilkan pekerjaan darinya. Rekan muda tidak hanya akan bersenang-senang di tempat kerja, tetapi akan mendapatkan pengalaman dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengubah hobi menjadi pekerjaan yang selalu dapat rekan muda andalkan.

6. Lakukan Pekerjaan Paruh Waktu yang Disukai


Jika rekan muda belum merasa siap untuk terjun ke karir, ambil cuti tahun ini dengan bekerja paruh waktu di bidang yang disukai, atau bekerja di tempat yang selalu rekan muda inginkan, seperti di toko bunga misalnya, tapi tidak pernah sempat mencobanya.

Ini tidak hanya memberi rekan muda kesempatan untuk mengisi rekening bank setelah kuliah, tetapi itu bisa berkembang menjadi peluang yang lebih menjanjikan di kemudian hari.

Misalnya, seorang lulusan perguruan tinggi baru-baru ini sangat tertarik pada yoga, kemudian dia bekerja sebagai resepsionis di sebuah studio yoga lokal yang kecil. Pekerjaan paruh waktu itu akhirnya mengarah pada karier permanennya sebagai manajer dan spesialis pemasaran untuk studio yang lebih besar.

7. Menjadi Relawan


Meskipun menjadi sukarelawan mungkin tidak menghasilkan pendapatan, ini adalah cara yang berharga untuk menggunakan waktu rekan muda, karena akan membuat perubahan positif sambil juga membangun jaringan sesama sukarelawan, rekan kerja, penyelia, dan organisasi yang mungkin penting bagi pekerjaan rekan muda di masa depan. .

Pengalaman relawan dapat dimasukkan dalam cv rekan muda. Jika rekan muda khawatir tentang masalah keuangan? Pertimbangkan untuk melakukan acara sampingan untuk meningkatkan penghasilan.

8. Melakukan Pekerjaan Musiman


Jika rekan muda menginginkan berbagai posisi yang penuh warna dan bervariasi untuk ditambahkan ke resume biodata, mengejar beberapa pekerjaan musiman selama setahun adalah cara yang menyenangkan untuk mendapatkan pengalaman kerja yang beragam sambil juga menikmati diri rekan muda sendiri. Banyak sekali jenis pekerjaan musiman—seperti pelayan di resor, pantai, dan juga kapal pesiar. Jika rekan muda merencanakan dengan bijak, rekan muda dapat menemukan pekerjaan selama setahun penuh dengan cara ini.

9. Pergi Rekreasi Sambil Berkarya


Waktu terbaik untuk bepergian adalah setelah selesai kuliah, saat rekan muda bebas dari kewajiban untuk pendidikan. Jika memiliki kesempatan untuk bepergian, rekan muda harus melakukannya ketika masih bisa, karena itu memperluas perspektif rekan muda dan merupakan pengalaman hidup yang penting.

Jika rekan muda memutuskan untuk bepergian, manfaatkan dan ambil foto, video, atau buat blog tentangnya. Rekan muda kemudian dapat membagikan apa pun yang dihasilkan sebagai contoh keterampilan multimedia, menulis, atau desain web rekan muda.

10. Bekerja di Kampus


Jika rekan muda memutuskan untuk terus tinggal di dekat kampus, pertimbangkan untuk mencari pekerjaan di sana, apakah itu di bidang administrasi atau pendidikan. Banyak sekali pekerjaan yang bisa didapatkan di kampus. Misalnya saja, rekan muda dapat bekerja di departemen yang dipilih; atau bisa bekerja sebagai asisten pengajar jika ada posisi yang relevan dengan gelar rekan muda.

Jenis pekerjaan ini bisa menjadi sangat nyaman jika rekan muda masih tinggal di kota perguruan tinggi, dan juga dapat mengarah pada peluang lebih lanjut, seperti mendapat beasiswa pasca sarjana, bahkan banyak universitas akan mengizinkan karyawannya mengambil kelas secara gratis.

Posting Komentar untuk "Baru Lulus Kuliah? Lakukan 10 Hal Ini Sebelum Terjun ke Dunia Kerja"