Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Kebiasaan Sederhana untuk Meningkatkan Disiplin Diri Anda

7 Kebiasaan Sederhana Untuk Meningkatkan Disiplin Diri Anda

Menjadi pemuda yang sangat disiplin pada diri sendiri itu sulit. Karena faktanya, masih banyak saja pemuda yang ingin mempelajari dan mengetahui tentang bagaimana cara bisa menjadi pemuda yang disiplin. Banyak alasan atau dalih yang membuat pemuda bosan untuk bersikap indisipliner (tidak disiplin), sehingga banyak dari pemuda ingin mereset ulang kehidupan dan menjalankan sesuai dengan aturan-aturan berdisiplin baru.

Disiplin diri adalah salah satu hal yang membutuhkan latihan dan dijaga terus-menerus. Namun jika sudah terbiasa menerapkan disiplin dalam hidup, maka karakter rekan muda akan terbentuk dengan sendirinya, dan mengantarkan rekan muda pada kesuksesan. Dan seperti segala sesuatu yang membutuhkan waktu untuk berkembang, rekan muda juga dapat meningkatkan disiplin diri dengan perlahan. Tapi pertama-tama, mari kita bahas apa itu disiplin diri.

Apa itu disiplin diri?


Disiplin diri pada dasarnya adalah kemampuan rekan muda yang konsisten untuk mengendalikan tindakan, perasaan, dan emosi. Ketika menyangkut masalah keuangan, contohnya adalah kemampuan rekan muda untuk tetap berpegang pada rencana finansial yang sudah ditentukaan dari awal. Ketika memiliki pegangan untuk harus disiplin, rekan muda akan lebih termotivasi dan lebih mudah untuk sukses dalam melakukan disiplin. Karena hal ini sangat terkait erat dengan kemauan yang merupakan kontrol dari impuls dan tindakan seseorang.

Kemauan menggambarkan kemampuan rekan muda untuk tetap fokus sementara pada diri agar menjadi disiplin dan bisa menjadi tekad untuk terus konsisten terhadap disiplin. Disiplin diri dan tekad yang kuat harus berjalan beriringan untuk menjadi diri sukses disiplin.

Manfaat disiplin diri

7 Kebiasaan Sederhana Untuk Meningkatkan Disiplin Diri Anda

Meningkatkan disiplin diri rekan muda memiliki banyak manfaat termasuk:

Mengurangi kecemasan

Ketika rekan muda bisa mengendalikan bagaimana cara bertindak, maka rekan muda cenderung tidak merasa cemas.

Meningkatkan kemampuan untuk mencapai tujuan jangka panjang

Saat melakukan sesuatu dengan disiplin maka akan sedikit mengurangi gangguan dari hal-hal tertentu, memiliki disiplin diri memungkinkan rekan muda untuk mencapai tujuan dengan baik. Hal ini akan membuat rekan muda lebih cepat mendapatkan keinginan daripada jika ada gangguan dikarenakan tidak disiplinya rekan muda.

Membuat lebih bahagia

Ketika rekan muda berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuan, rekan muda akan merasa lebih bahagia karena bisa membuat kemajuan. Disiplin diri adalah kontributor utama dalam hal ini.

Menjadi lebih tangguh

Saat disiplin diri rekan muda tumbuh, kemampuan untuk melawan sebuah godaan meningkat. Hal ini pada waktunya akan membuat rekan muda lebih tangguh saat menghadapi keadaan dan masalah yang berbeda.

7 cara sederhana untuk meningkatkan disiplin diri rekan muda

7 Kebiasaan Sederhana Untuk Meningkatkan Disiplin Diri Anda

Mempelajari cara membangun keterampilan disiplin diri dapat memungkinkan rekan muda menghentikan kebiasaan buruk, mencapai tujuan jangka panjang dan jangka pendek, dan mengubah hidup rekan muda sepenuhnya. Anggap saja sebagai investasi pada diri sendiri. Di sini, kami telah menguraikan tujuh langkah untuk membangun disiplin diri rekan muda agar bisa menuju kehidupan yang lebih baik yang layak rekan muda dapatkan.

1. Hitung mundur, lalu ambil tindakan

Ketika rekan muda merasa sangat tidak termotivasi, hitung mundur dari sepuluh, lalu paksa diri untuk melakukan apa pun yang sedang dilakukan. Hitung mundur cepat dapat membantu menggeser rekan muda ke ruang mental yang tepat untuk mendapatkan motivasi. Terkadang yang kita butuhkan hanyalah sedikit dorongan untuk mengambil langkah berikutnya—begitulah disiplin diri dimulai.

2. Letakkan tujuan di tempat yang dapat dilihat setiap hari

Menuliskan tujuan membuatnya semakin nyata. Gantung di suatu tempat yang sering rekan muda lihat dan yang bisa menginspirasi diri sendiri — di meja kerja misalnya, di kamar tidur, di mobil, atau tulis tujuan di agenda tahunan kemudian letakkan di kalender dapur rekan muda.

Rekan muda juga dapat mengatur pengingat kalender aktual di ponsel agar berbunyi seminggu sekali atau lebih. Tapi bersikap baiklah pada diri sendiri. Jangan menakut-nakuti atau mempermalukan diri sendiri; sebaliknya, berbahagialah, positif, dan memberi semangat untuk diri. Tingkatkan disiplin diri dengan menambahkan kutipan motivasi dari orang yang Arekan muda kagumi. Bila rekan muda tidak yakain memiliki tujuan yang tepat, cobalah meluangkan waktu membahas tujuan rekan muda untuk memastikannya sudah selaras dengan hal-hal yang rekan muda inginkan untuk diri sendiri.

3. Ingatkan diri mengapa rekan muda memulai

Ingatlah tujuan akhir tanpa membiarkan diri rekan muda lupa dari mana memulainya. Selalu ingatkan diri rekan muda — terutama ketika keadaan menjadi sulit — bagaimana dan mengapa rekan muda menetapkan tujuan ini dan apa yang akan rekan muda capai setelah selesai.

Visualisasikan diri seakan telah mengambil kendali penuh atas hidup rekan muda dan mencapai tujuan spesifik apa pun yang telah ditetapkan. Setel pengingat di ponsel untuk memberi tahu diri seberapa jauh rekan muda telah melangkah dan betapa bangganya rekan muda akan hal itu. Berfikir positif juga merupakan cara yang bagus untuk menjaga diri agar tetap fokus pada tujuan rekan muda.

4. Tetapkan tujuan kecil terlebih dahulu

Cobalah untuk tidak membebani diri dengan menetapkan standar terlalu tinggi. Bangun kepercayaan diri dengan menetapkan dan mencapai tujuan kecil sebelum mencapai yang besar. Misalnya, jika tujuan akhir adalah berlari sejauh lima mil tanpa berhenti, tetapkan tujuan awal untuk berlari sejauh seperempat mil tanpa berhenti. Bersabarlah dengan diri sendiri dan cobalah untuk tidak frustrasi dengan prosesnya. Mencapai tujuan-tujuan kecil terlebih dahulu dapat memberi motivasi yang rekan muda butuhkan untuk terus maju.

5. Berlatih memprioritaskan

Putuskan tugas mana yang paling layak rekan muda dedikasikan, lalu atur hari untuk benar-benar melaksanakannya. Jika menetapkan rencana belajar, rekan muda akan cenderung tidak menunda-nunda tugas yang kurang menyenangkan. Tempatkan hal-hal yang belum tentu disukai sebagai prioritas utama, dan rekan muda akan merasa lega karena hal itu sudah selesai daripada menundanya di hari lain.

6. Kenali kelemahan rekan muda

Cobala secara proaktif memerangi kelemahan rekan muda. Tentukan bagaimana peluang untuk tergelincir dan bagaimana cara agar dapat mencegah hal itu terjadi. Misalnya jika rekan muda ingin berolahraga Sabtu ini tetapi teman rekan muda mengadakan barbeque pada Jumat malam, maka lebih baik untuk melewatkan pesta barbeque tersebut.

Jika rekan muda tahu bahwa harus pergi bekerja satu jam lebih awal tetapi rekan muda ingin tidur sebentar lagi, cobalah memakai alat bantu yang membuat rekan muda bangkit dari tempat tidur. Saat rekan muda sudah memiliki alat untuk melawan malas tersebut, rekan muda tinggal memburunya saja.

7. Dapatkan teman untuk meminta pertanggungjawaban

Rekan muda cenderung tidak akan menipu tujuan sendiri jika seseorang yang dikagumi sedang memantau rekan muda. Mintalah seorang sahabat atau pasangan rekan muda untuk menetapkan tujuan bersama. Kalian bisa saling menyemangati . Dan ketika keadaan menjadi sulit, rekan muda bisa berada di sana untuk saling memberi dorongan ekstra.

Buku terbaik tentang disiplin diri yang cocok rekan muda baca: No Excuses!

7 Kebiasaan Sederhana Untuk Meningkatkan Disiplin Diri Anda

Berikut ada buku terbaik tentang disiplin diri yang dapat rekan muda koleksi yaitu, No Excuses!: The Power Of Self Discipline karya Brian Tracy. Buku ini menunjukkan kepada rekan muda bagaimana agar mencapai kesuksesan dalam hidup, termasuk tujuan pribadi dan masalah keuangan. Rekan muda akan belajar bagaimana menjadi lebih disiplin dan setiap bab memiliki latihan untuk membantu rekan muda menerapkan disiplin dalam hidup sendiri.

Sebagai penutup

Dalam hal disiplin diri, ini semua tentang membuat komitmen untuk meningkatkan dan bangkit kembali ketika rekan muda tergelincir. Dengan itu, tentukan satu area kehidupan yang ingin rekan muda tingkatkan. Selanjutnya susun rencana tindakan untuk membantu rekan muda meningkatkan disiplin diri. Dengan waktu, usaha, dan konsistensi, rekan muda akan membuat langkah besar agar menjadi diri yang penuh disiplin.

Posting Komentar untuk "7 Kebiasaan Sederhana untuk Meningkatkan Disiplin Diri Anda"