-->

8 Cara untuk Menghemat Uang Setiap Hari

8 Cara Untuk Menghemat Uang Setiap Hari
Pemuda senang menabung dan menghemat uang
Banyak orang mengeluh tentang ketidakmampuan mereka untuk menabung berapa pun gaji bulanan mereka, sehingga penting untuk membangun kebiasaan menabung dan menyimpan uang sebagai hal yang penting untuk mengelola urusan keuangan. Menabung adalah salah satu langkah terpenting yang diambil seseorang untuk membangun kekayaannya atau setidaknya melindungi dirinya dari hutang.

Rekan muda dapat mulai menabung dengan menerapkan beberapa perubahan sederhana dalam kebiasaan belanja harian Rekan muda yang secara total membuat perbedaan besar pada anggaran bulanan Rekan muda.

Berikut adalah 8 cara paling efektif untuk menghemat uang setiap hari

1. Bagi gaji

Bagilah gaji Rekan muda di awal setiap bulan, dan di antara divisi pengeluaran ada jumlah yang disisihkan untuk ditabung, uang yang disisihkan adalah uang yang lebih dari bagian-bagian pengeluaran harian rekan muda. Jika bertahan dan rutin melakukan hal tersebut, bahkan bila itu adalah bagian kecil dari uang yang disisihkan, Rekan muda secara bertahap akan dapat menghemat sebagian dari uang tersebut.

2. Berbelanja untuk hal-hal yang penting saja

Bijaksana dalam membelanjakan uang untuk hal-hal yang penting dan saat Rekan muda membutuhkannya, serta mengurangi pengeluaran untuk hal-hal yang tidak penting. Hal ini membuat lebih mudah untuk merencanakan dan memelihara anggaran. Jadikan pengeluaran untuk hal-hal penting sebagai prioritas.

3. Belanja dengan cerdas

Ada beberapa cara yang sangat efektif berkontribusi untuk mengurangi nilai tagihan belanja, seperti menyiapkan daftar pembelian untuk menghindari terburu-buru membeli produk yang tidak diinginkan, menggunakan kupon diskon untuk membeli produk yang diperlukan atau memanfaatkan penawaran yang bagus dan murah.

4. Menyiapkan makanan rumahan

Sangat banyak manfaat yang didapatkan dari menyiapkan makanan di rumah setiap hari, karena ini membantu Rekan muda menghemat banyak uang, selain menikmati makanan sehat.

5. Membuat kopi sendiri

Siapkan kopi Rekan muda di rumah sebelum berangkat kerja atau bawalah peralatan kopi sederhana untuk bekerja. Biaya rata-rata untuk membeli satu cangkir kopi sekitar 5-10 ribu rupiah, jadi jika Rekan muda minum dua cangkir kopi sehari, Rekan muda bisa menghabiskan sekitar 300 ribu rupiah untuk minum kopi per bulannya.

6. Berhenti merokok

Sejumlah pengujian dan penelitian telah mengkonfirmasi bahwa terjadi banyak kerusakan kesehatan dari merokok karena zat beracun yang dikandungnya. Itu sebabnya Indonesia sering berencana untuk menaikan harga tembakau dan adanya perubahan pada slogan iklan rokok yang menuliskan “merokok dapat membunuhmu”.

Rekan muda harus menghitung berapa bungkus rokok yang sudah Rekan muda hisap per hari, dan berapa banyak yang akan Rekan muda hemat selama sebulan saat Rekan muda berhenti merokok saat ini juga.

7. Mengurangi konsumsi minuman ringan

Minuman ringan terkadang dianggap sebagai bagian penting dari makanan sehari-hari bagi banyak orang, meskipun ada kerusakan kesehatan yang disebabkan oleh minuman ini. Dengan mengurangi atau menghentikan konsumsi minuman sejenis ini, Rekan muda akan menghemat antara 5 dan 10 ribu rupiah per hari.

8. Menghemat penggunaan listrik dan air

Mengapa tidak memikirkan rasionalisasi penggunaan listrik dan air, agar tagihan bulanan bisa ditekan?! Caranya dengan mematikan lampu saat keluar ruangan, menggunakan lampu hemat energi, melepas peralatan listrik saat tidak digunakan, menghemat penggunaan air secukupnya, dan menyetel AC pada 24 derajat untuk menghindari konsumsi listrik yang berlebihan.