Butuh jasa penulisan artikel dan digital marketing? Klik disini

8 Cara Istimewa untuk Memahami dan Mencintai Diri Sendiri

Kita dengan mudah mengucapkan 'terima kasih' kepada orang lain. Tapi pernahkah Rekan muda berpikir untuk berterima kasih pada diri sendiri?
Kita dengan mudah mengucapkan 'terima kasih' kepada orang lain. Tapi pernahkah Rekan muda berpikir untuk berterima kasih pada diri sendiri? Menghargai diri sendiri adalah salah satu hal terpenting untuk menjalani kehidupan yang sehat dan penuh cinta.

1. Memperbaiki Lingkungan

pemudi mencintai diri

Lingkungan di mana kita menghabiskan banyak waktu dalam sehari sangat mempengaruhi alam bawah sadar kita. Hanya dengan membawa hal-hal kecil yang membuat Rekan muda bahagia, berbagi pesan dengan pasangan, memandang foto orang yang Rekan muda cintai, mencium minyak aromatik yang membangkitkan semangat dan membaca buku-buku yang menginspirasi ke tempat-tempat di mana Rekan muda menghabiskan banyak waktu luang. Banyak hal yang bisa membuat hidup kita lebih menyenangkan.

2. Meditasi

pemudi menyayangi diri

Jika Rekan muda tidak memiliki cukup ruang di pikiran Rekan muda dan merasa menderita stres, cobalah meditasi untuk merilekskan tubuh dan pikiran. Rekan muda dapat menikmati efek meditasi hanya dengan memejamkan mata dan bernapas perlahan di tempat yang tenang dan nyaman. Jika Rekan muda mulai tertarik dengan energi meditasi yang sehat, coba tingkatkan waktu meditasi sedikit demi sedikit dengan menggunakan penaduan berbagai buku, video, dan aplikasi untuk berlatih meditasi yang lebih sistematis.

3. Bersikap Penuh Perhatian

pemudi perhatian diri sendiri

Tindakan mindful tidak memaksa tubuh kita untuk bergerak, itu berarti mendengarkan apa yang diinginkan tubuh kita dan mengikuti 'gerakan yang diinginkan tubuh kita'. Ini bisa berupa jalan-jalan dengan kucing Rekan muda, atau mengikuti kelas yoga atau mendaki gunung dan menikmati bunga dan pepohonan yang indah di sepanjang jalur pendakian. Yang paling penting adalah fokus pada kegiatan yang sehat dan nyaman yang membuat tubuh dan pikiran Rekan muda merasa yang terbaik.

4. Lihat ke Cermin

pemudi menyukai diri

Menggunakan cermin adalah cara terbaik untuk menyampaikan pesan kepada diri kita sendiri. Lihatlah diri Rekan muda di cermin dan katakan, 'Aku mencintaimu.' Rekan muda mungkin merasa bodoh pada awalnya, tetapi metode percakapan cermin adalah metode yang telah terbukti efektif dalam meningkatkan harga diri dan mengisi energi positif melalui penelitian psikologis. Bagaimana kalau menulis pesan cinta untuk diri sendiri mulai hari ini dan menempelkannya di cermin?

5. Bacaan yang Baik

pemudi perbaiki diri dengan membaca

Mencintai diri sendiri bisa jauh lebih sulit daripada mencintai orang lain. Buku juga bisa menjadi alat yang paling efektif untuk mengajari kita bagaimana merefleksikan dan mencintai diri sendiri. Mampirlah ke toko buku untuk menemukan buku-buku yang menginspirasi Rekan muda. Sebuah buku yang Rekan muda temukan secara kebetulan dapat mengubah hidup Rekan muda.

6. Hidup Perlahan

pemudi menyenangkan diri

Kita akan kehilangan ketenangan saat beradaptasi dengan lingkungan yang berubah dengan cepat. Memperlambat hidup Rekan muda akan membantu Rekan muda menikmati momen spesial dengan lebih sempurna dan bisa membuat diri Rekan muda lebih hati-hati. Makan perlahan, bernapas perlahan, dan banyak istirahat. Hidup lambat membantu menjaga tubuh dan pikiran kita untuk selalu mendapat energi yang baru.

7. Minta Bantuan

pemudi minta bantuan diri

Saat Rekan muda mengalami masa sulit, meminta orang lain untuk membantu melindungi diri Rekan muda merupakan salah satu cara mencintai diri sendiri. Rekan muda tidak harus selalu merasa baik-baik saja. Kesulitan bisa datang kapan saja, dan kita tidak harus menanggungnya sendirian. Periksa semua sumber daya di sekitar Rekan muda dan temukan cara untuk meminimalkan rasa sakit Rekan muda.

8. Bersyukurlah

pemudi mensykuri diri

Meluangkan waktu setiap pagi dan sore untuk fokus pada rasa syukur membuat kita mencintai diri sendiri lebih dalam. Jika Rekan muda menuliskan tiga hal yang Rekan muda syukuri setiap pagi dan malam, Rekan muda akan menyadari betapa berharganya hidup Rekan muda.

6 komentar

  1. Mantap berasa dapet perkinclongan yang menenangkan.
    Poin 6 paling seru apalagi sambil rebahan. maklum kaum rebahan.hehe
    Jangan lupa Bersyukur yang pasti setuju banget.
    1. hehe terkadang rebahan juga banyak efek baiknya.. di waktu tertentu tapi yaa :)
  2. Saya yang tak terlalu setuju dengan pernyataan, mencintai diri sendiri sebelum mencintai orang lain.

    Mencintai diri sendiri itu mudah, karena pada dasarnya manusia itu egois.

    Tapi mencintai orang lain seperti mencintai diri sendiri itu gak mudah. Apalagi mencintai orang yang tak mencintai diri kita. Jadi ketika mencintai butuh effort lebih adalah kewajaran karena butuh kemampuan lebih mengolah diri.

    Itu kenapa dunia kita ini hancur, karena terlalu banyak yang mencintai diri sendiri, dunia penuh dengan ego. Ketika orang fokys mencintai orang lain, dunia ini penuh cinta, walau orang yang kita cintai tak melakukan hal yang sama. Tapi percayalah, cinta bisa dipupuk jika dilakukan terus menerus. Bukan malah mempertajam ego dengan mencintai diri sendiri.
    1. sudut pandand yang cukup luar biasa, pesan penuh kedamaian. tapi begitulah inti mencintai diri sendiri, jika kita tidak bisa menyayangi diri sendiri bagaimana kita bisa sempurna memperdulikan orang lain. :)
  3. Saya setuju, dengan mencintai diri sendiri akan lebih bisa menerima kekurangan diri, selain itu juga bisa lebih bersyukur.
    1. betul banget, inilah inti dari artikel ini. bukan mencintai diri sendiri untuk menguatkan ego pribadi. tapi untuk menguatkan diri agar bertahan dengan penuh rasa syukur dalam kehidupan yang berat ini. :)
© Kilas Pemuda. All rights reserved. Developed by Jago Desain