-->

Kesuksesan Itu Dekat

kesuksesan ada di tangan kita, kebahagian ada di depan mata kita
Tidak ada yang membantah bahwa kesuksesan merupakan hal yang membahagiakan, namun mengapa banyak orang yang sudah bersusah payah mengejar kesuksesan malah gagal menikmati kebahagiaan dari kesuksesan tersebut? Itu karena banyak diantara kita melihat kesuksesan dengan pandangan yang sangat jauh, seperti bintang di langit, jauh di luar jangkauan.

Saya akui bahwa setiap orang memiliki definisi kesuksesan yang berbeda-beda, namun intinya hampir semuanya sama, yaitu kelebihan materi alias uang, semakin banyak uang maka semakin sukses menurut anggapan banyak orang, dan itu tidak salah, karena dari kecil sudah ditanamkan dalam pikiran bahwa kesuksesan adalah sejauh mana kita mendapatkan kekayaan.

Namun, tahukah Rekan muda bahwa kesuksesan dan kebahagian tidak hanya melulu tentang materi saja, tidak hanya tentang uang saja, dan tidak hanya tentang seberapa kaya saja. Bahkan banyak orang yang sudah sukses menurut pandangan kita, bagi dia uang bukanlah segalanya. Banyak orang yang sudah sukses, memiliki kekayaan yang melimpah ruah tapi juga tidak kunjung bahagia.

Mengapa? Karena orang yang kita pandang sukses tersebut, tidak bisa menikmati kesuksesannya. banyak harta tapi sakit-sakitan! Banyak harta dan sehat walafiat tapi rumah tangga tidak harmonis! Banyak harta dan kesehatan terjaga dan rumah tangga harmonis tapi tidak punya keturunan. Bagi orang tersebut kesuksesannya sudah berubah, kesuksesan bukan lagi dipandang dari materi dan kekayaan.

Maka dari itu, kesuksesan dan kebahagian sangat dekat dengan diri kita masing-masing, kesuksesan ada di tangan kita, kebahagian ada di depan mata kita, hanya saja kita tidak melihatnya dengan mata syukur kita, sehingga kita luput dari kesuksesan dan kebahagian tersebut. Cobalah untuk melihatnya dengan sudut pandang berbeda, maka kita akan sangat bahagia saat ini juga!

Contoh sederhana dari kesuksesan dan kebahagian ada di dekat kita adalah saat rekan muda berhasil melakukan seusatu yang disukai hari ini, apakah itu seperti mengahabiskan membaca cerita novel, apakah karena sukses mengedit video, atau karena bisa keluar dengan kawan-kawan lama sekedar untuk bagi-bagi informasi terkini. Semua itu adalah kesuksesan dan kebahagian bukan? :)